ANALISA TEMPERATUR YANG TIMBUL PADA SPROKET DAN RANTAI SEPEDA MOTOR SAAT SEDANG DIJALANKAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMULURAN RANTAI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM NISA HEAT
Abstract
Rantai dan sproket adalah sistem transmisi yang digunakan untuk mentransmisikan
daya dan putaran dari penggerak menuju poros yang digerakkan. Rantai
dan sproket sepeda motor pada umumnya mengalami kerusakan karena
kurangnya perawatan dan pemeliharaan secara baik dan benar. Kerusakan yang
terjadi pada umumnya disebabkan oleh gesekan yang terjadi antara gigi sproket
dan rantai yang saling bergerak dengan cepat, dari gesekan yang terjadi tersebut
menghasilkan panas pada bahan logam rantai dan sproket. Panas yang dihasilkan
tersebut sangat mempengaruhi kinerja material. Oleh karena itu perlu diketahui
analisa perpindahan panas yang terjadi pada pergesekan antara rantai dan sproket.
Penelitian dilaksanakan di berbagai tempat dan di luar ruangan atau di jalan raya,
saat sepeda motor melaju pada kecepatan normal dan kemudian berhenti untuk
melakukan pengukuran temperatur pada permukaan roda gigi dan sproket.
Kondisi cuaca pada saat pengukuran dilakukan pada saat cuaca sedang cerah atau
tidak sedang hujan, tujuannya untuk memudahkan pengukuran apabila dalam
kondisi kering atau tidak basah karena air dan dianalisa dengan menggunakan
software NISA-HEAT untuk melihat distribusi temperatur pada kecepatankecepatan
tertentu
dan
suhu
lingkungan
yang
tertentu,
oleh
karena
itu
percobaan
ini
dapat mewakili putaran roda sepeda motor pada kondisi saat sedang
dijalankan dan saat kecepatan sepeda motor yang berubah-ubah. Panas yang
didapat pada kondisi temperatur lingkungan yang paling panas yaitu 38
C didapat
besar temperatur pada sprocket sebesar 52.3
o
C pada kecepatan sepeda motor 70
km/jam dengan besar perpindahan panas yang terjadi sebesar 0.543 Watt. Dan
dengan bertambahnya kecepatan sepeda motor diatas 70 km/jam maka
temperatur sproket menjadi semakin bertambah dengan temperatur lingkungan
yang sama.
Kata Kunci: Rantai, Sproket, Panas, Temperatur, Konduksi.
o
daya dan putaran dari penggerak menuju poros yang digerakkan. Rantai
dan sproket sepeda motor pada umumnya mengalami kerusakan karena
kurangnya perawatan dan pemeliharaan secara baik dan benar. Kerusakan yang
terjadi pada umumnya disebabkan oleh gesekan yang terjadi antara gigi sproket
dan rantai yang saling bergerak dengan cepat, dari gesekan yang terjadi tersebut
menghasilkan panas pada bahan logam rantai dan sproket. Panas yang dihasilkan
tersebut sangat mempengaruhi kinerja material. Oleh karena itu perlu diketahui
analisa perpindahan panas yang terjadi pada pergesekan antara rantai dan sproket.
Penelitian dilaksanakan di berbagai tempat dan di luar ruangan atau di jalan raya,
saat sepeda motor melaju pada kecepatan normal dan kemudian berhenti untuk
melakukan pengukuran temperatur pada permukaan roda gigi dan sproket.
Kondisi cuaca pada saat pengukuran dilakukan pada saat cuaca sedang cerah atau
tidak sedang hujan, tujuannya untuk memudahkan pengukuran apabila dalam
kondisi kering atau tidak basah karena air dan dianalisa dengan menggunakan
software NISA-HEAT untuk melihat distribusi temperatur pada kecepatankecepatan
tertentu
dan
suhu
lingkungan
yang
tertentu,
oleh
karena
itu
percobaan
ini
dapat mewakili putaran roda sepeda motor pada kondisi saat sedang
dijalankan dan saat kecepatan sepeda motor yang berubah-ubah. Panas yang
didapat pada kondisi temperatur lingkungan yang paling panas yaitu 38
C didapat
besar temperatur pada sprocket sebesar 52.3
o
C pada kecepatan sepeda motor 70
km/jam dengan besar perpindahan panas yang terjadi sebesar 0.543 Watt. Dan
dengan bertambahnya kecepatan sepeda motor diatas 70 km/jam maka
temperatur sproket menjadi semakin bertambah dengan temperatur lingkungan
yang sama.
Kata Kunci: Rantai, Sproket, Panas, Temperatur, Konduksi.
o
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v2i1.1329
Article Metrics
Abstract - 712 PDF - 2591DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v2i1.1329.g835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License