ANALISIS ALIRAN UDARA FAN BLADE PADA MESIN CFM56-7B BOEING 737-800NG DENGAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)

Yafid Effendi, Jamaludin Jamaludin

Abstract


Pesawat terbang merupakan transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat, karena kenyamanan dan waktu penerbangan yang sangat singkat. Pada saat ini penguasaan teknologi rancang bangun di bidang kedirgantaraan sangatlah pesat contohnya saja bermunculan berbagai jenis pesawat terbang seperti Boeing series, Airbus Series, Bombardir Series, ATR Series, bahkan dalam negeri juga mempunyai pesawat tersendiri buatan PT Dirgantara Indonesia seperti CN (235,295,2235-200), NC212, Helikopter H21 Super Puma, N219, dan lain-lain. Aliran udara melewati fan blade pada pesawat terbang jenis BOEING 737-800NG dengan mesin CFM56-7B yang dianalisa menggunakan software CFD. Pada penelitian ini memfokuskan pengaruh ketinggian terhadap kecepatan, gaya dorong, dan gaya hambat pada aliran udara melewati fan blade dengan menggunakan software CFD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, pengumpulan data langsung pada objek yang di analisis pada software CFD. Berdasarkan simulasi pada CFD dapat disimpulkan bahwa Velocity x dan pressure setelah melewati fan blade pada ketinggian 10.000 feet, masing-masing menghasilkan  m/s dan 64801.10 pa. Sedangkan berdasarkan ketinggian 20.000 feet, masing-masing menghasilkan  dan 30619,11 Pa. Pola aliran udara yang dibelakang   fan blade menghasilkan pola aliran udara laminar dan gaya dorong (thrust) dan gaya tahanan (drag) yang di hasilkan pada ketinggian 10.000 feet berturut-turut adalah 115120,442 N dan 12244,13N, dan pada ketinggian 20.000 feet adalah 134418,55 N dan 15965,3.

Keywords


Turbofan; CFD; Kecepatan; Tekanan; Gaya Dorong

Full Text:

PDF

References


Anderson, Jhon D, Jr. 1995. Computational Fluida Dynamic (2nded). New York Mc Graw Hill.

Arismunandar, Wiranto. 2002, Pengantar Turbin Gas dan Motor Propulsi, Bandung: Penerbit ITB

Budiarso Harinaldi. 2015, Sistem Fluida, Jakarta: Penerbit Erlangga

CFMI Training Manual CFM 56 – 7B Basic Engine

Deny Bayu Saefudin, 2018. Kajian Kerupaan Parameter Kinerja Miniatur dan Prototipe Turbine Angin Sumbu Horizontal. Volume: 1

Heriyanto Rusmayardi, 2018. Model Perencanaan Performasi Aerodinamika Turbin AnginDarrieus Dengan Metode Multiple Streamtube. Volume: 9

https://id.wikipedia.org/wiki/Engine_CFM56, Di akses pada tanggal 10 agustus 2019 pukul 18.30 WIB

Suyitmadi, 2010. Analisis Peningkatan Efisensi Turbofan Dengan Pembakaran Tambahan Pada Ruang Antar Turbine. Volume: 12 Halaman

Waluyo, Moch. Slamet. 1996, Seri Teknik Penerbangan Aerodinamika, Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5711

Article Metrics

Abstract - 951 PDF - 1149

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5711.g2946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yafid Effendi, Jamaludin Jamaludin

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License