ANALISIS PENGARUH PERFORMA TERHADAP VORTEX CYCLONE PADA SEPEDA MOTOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa yang dihasilkan jika motor 110 cc menggunakan vortex cyclone. Untuk mengetahui perbandingan bahan bakar pada motor 110 performance untuk mengetahui daya dan torsi pada motor Honda matic 110 cc. Bahan yang digunakan vortex cyclone. Alat yang digunakan untuk uji performa yaitu computer, dynamometer, blower, dan exhaust. Dari hasil pengaruh performa motor 110cc menggunakan vortex cyclone yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Setelah dilakukan pengujian performa daya pada motor automatic fuel injection 110cc jika menggunakan Vortex cyclone di Dynotest dapat diketahui perubahan daya dan torsi pada motor 110cc. Dan dari hasil pengujian yang dilakukan oleh penulis terhadap penggunaan bahan bakar dengan menggunakan Vortex cyclone dan tidak menggunakan Vortex Cyclone, terjadi perubahan yang signifikan pada saat motor automatic fuel injection 110cc jika menggunakan Vortex cyclone terjadi keiritan penggunaan bahan bakar. cc jika menggunakan vortex cyclone. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian experiment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arismunandar Wiranto (1988), “Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung penerbit ITB
Astra Honda Motor. (1995).”Modul buku panduan
PGM-FI. (Programmed Fuel Injection)”
Jakarta PT. Astra Honda Motor
Bambang Setyonno, Desmas Arifianto, Efrita Arfah Zuliari, Satria Mahdum Purbo Waseso. “Desain Dan Analisis Performasi Sistem Penggerak Purwarupa Kendaraan Hibrid Bertenaga Udara Dan Listrik ”Bed 18” Menggunakan “Scotch Yoke Mechanism” Jurnal Iptek vol.23 No. 1 Mei 2019.
Fx. Sukidjo. Performa Mesin Pada Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium Dan Pertamax. Forum Tenik vol.34 No.1 , januari 2011.
Farid Majedi, Indah Puspitasari. “Optimasi Daya Dan Torsi Pada Motor 4 Tak Dengan Modifikasi Crankshaft Dan Porting Pada Cylinder Head”. Jurnal Teknologi Terpadu vol.5 No. 1 April 2017.
Heywood Jhon B (1998), Internal Combustion Engine Fundamentals”, McGraw Hill Book Company, New York
I Nyoman Sutantra Bambang Sampurno (2010),
“Teknologi Otomotif”. Penerbit Guna Widya,
Surabaya
James D. Halderman, Jim Linder (2009).
“Automotive Fuel And Emissions Control
System” (second edition) : Prentice Hall Upper
Saddle, New Jersey Columbus, Ohio
Khovakh (1976). “Motor Vehicles Engine”.
Moscow. Mr.Publiser
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5720
Article Metrics
Abstract - 609 PDF - 336DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5720.g2952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Amir Amir, Efrizal Efrizal
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License