ANALISIS KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR MIKRO HASIL HEAT TREATMENT MATERIAL RODA GIGI TRANSIMI MOBIL PRODUKSI DAIHATSU ASTRA 1000 CC MT TYPE ENGINE 1.0 L 1KR-FE 13
Abstract
Mobil produksi Daihatsu Astra 1000 cc MT type Engine 1.0 L 1KR-FE 13 merupakan kendaraan dengan konsep low cost green car yang menggunakan sistem perpindahan daya berupa mekanisme roda gigi transmisi. Sistem roda gigi transmisi dibutuhkan untuk memperoleh karakteristik mesin yang mampu menghasilkan torsi yang besar. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pada roda gigi transmisi melalui proses heat treatment untuk mendapatkan kualitas yang sesuai dengan standar dan ketangguhan yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini diawali dengan pengambilan sempel roda gigi transmisi mobil produksi Daihatsu Astra 1000 cc MT Type Engine 1.0 L 1KR-FE 13 untuk pengujian komposisi kimia, kekerasan dan struktur mikro. Proses heat treatment terdiri dari proses hardening kemudian proses quenching dengan media pedingin Oli SAE 40 dan proses tempering. Maka melalui penelitian ini, roda gigi transmisi setelah proses heat treatment diharapkan memiliki karakteristik dan stuktur mikro yang meningkat sehingga kekuatan material yang dicapai maksimum dan mempunyai umur pakai yang lama. Setelah proses heat treatment dan pengujian hasil yang diperoleh berupa kekerasan dengan rata-rata 209,1 HV sebelum heat treatment menjadi 559,4 HV. Kandungan karbon dari 0,230 % sebelum heat treatment menjadi 0,260 % dengan menunjukkan adanya struktur martensit temper yang terdiri dari partikel-partikel sementit dalam matrik ferit dan sesuai dengan standar AISI 1023 dan mempunyai kekerasan dua kali lebih tinggi. Dengan hal ini menjadikan roda gigi tidak mudah rusak karena gesekan yang menyebabkan aus maupun patah akibat beban yang tinggi sehingga masa pakai menjadi lebih lama dan menghemat biaya akibat kerusakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim, 2000, Workshop Manual ISUZU Motors Limitied, Jakarta : PT. Isuzu Astra Motor Indonesia.
Anonim, 1999, Daihatsu Training Center, Jakarta: PT. Daihatsu Astra Motor.
Eriyanto, Aditya, 2005, Analisis Sistem Transmisi Manual Pada Mitsubishi L 300 (Tugas Akhir DIII), Progam Studi Teknik Mesin FT Universitas Negeri Semarang.
Hafiz Fatir Hidayat. 2016. “Perawatan dan Perbaikan Transaxle Manual Toyota Limo”. Laporan Tugas Akhir. Diploma III Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang.
Nandar Saro Wibowo, Nurato. 2018. Analisis Pengaruh KetidakstabilanTemperatur Terhadap Hasil Kekerasan Meterial dari Proses Heat Treatment Piston.
Nofriza, S.pd.10 Januari 2012. Modul Memperbaiki Sistem Transmisi. Jurnal Pendidikan Teknik Kendaraan Ringan.
Novie Susanto, Ratna Purwaningsih, Iqbal Adnan Baharullah. 2017. Analisis pengaruh transmisi mobil manual dan otomatis terhadap tingkat kesulitan yang dihadapi peemudi pemula.
Prof. Dr. Tjokorda Gede Tirta Nindya, ST., MT. 2017. DIKTAT Pemilihan Bahan Dan Proses.
Sularso, Suga Kiyokatsu. 2004. Dasar Perancangan Dan Pemilihan Elemen Mesin.
Sulistyo Indra. 2015. “Overhaul transmisi manual pada toyota kijang innova tipe G”. Laporan Tugas Akhir. Diploma III Teknik Mesin Universitas Negeri semarang.
Toyota Motor Sales,U.S.A., INC. Manual Overhaul Transaxle.4&5 Speed.
Widhiatmoko, Fajar, 2012, Transmisi Isuzu Panther tipe HI – GRADE (Tugas Akhir DIII), Progam Studi Teknik Mesin FT Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5848
Article Metrics
Abstract - 504 PDF - 546DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5848.g3034
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rofiroh Rofiroh, Ahmad Iskandar, Rifan Alamsyah
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License