PROFILE OF MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS OF CLASS VIII MTS AL-KHAIRAAT TONDO STUDENTS ON RELATION AND FUNCTION MATERIAL IN TERMS OF SELF-CONFIDENCE

Risna Amelia, Alfisyahra Alfisyahra, Rita Lefrida, Pathuddin Pathuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif kualitatif dengan subjek peneltian Siswa kelas VIII MTs Al-Khairaat Tondo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII A pada materi relasi dan fungsi berdasarkan self-confidence. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan angket self-confidence. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa dari 17 siswa kelas VIII A MTs Al-khairaat Tondo, yang masing-masing memiliki self-confidence tinggi, sedang dan rendah. Data di kumpulkan dengan menggunakan metode angket, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek self-confidence tinggi memenuhi tiga indikator yaitu 1) menyatakan situasi, gambar, atau diagram kedalam bahasa, simbol, atau gagasan/ide matematis dengan tepat baik secara lisan maupun tulisan; 2) menggunakan respresentasi matematika (diagram, grafik) untuk menyatakan informasi matematis 3) mengkomunikasikan kesimpulan jawaban baik secara lisan maupun tulisan. Subjek self-confidence sedang memenuhi dua indikator yaitu 1) menyatakan situasi, gambar, atau diagram kedalam bahasa, simbol, atau gagasan/ide matematis dengan tepat baik secara lisan maupun tulisan; 2) menggunakan respresentasi matematika (diagram, grafik) untuk menyatakan informasi matematis. Subjek self-confidence rendah memenuhi satu indikator yaitu 1) menggunakan respresentasi matematika (diagram, grafik) untuk menyatakan informasi matematis).

Keywords


Mathematical communication skills; Relations & Functions; Self-confidence

Full Text:

PDF

References


Aini, A. N., & Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence. MATHEdunesa, 11(3), 812–825. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p812-825

Alhaddad, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing students’ communication skills through treffinger teaching model. Journal on Mathematics Education, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1856.31-39

Asari, T. R., Balkist, P. S., & Imswatama, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Prisma, 11(2), 447. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2440

Kusuma, R. A., & Manoy, J. T. (2022). Mathematical Communication of Students in Completing Spltv in Terms of Mathematical Ability. MATHEdunesa, 11(1), 243–254. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p243-254

Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self-Cofidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 479. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p479-486

Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Circle Problem Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130–145. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2785

Naimah, N. H., Prasetyowati, D., & Rahmawati, N. D. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extravert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 329–339.

National Council Teacher of Mathematic (2000) : Principles and Standards for School Mathematics

Rahmasuri, A. R., Dwijayanti, I., & Wulandari, D. (2022). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. Jurnal Silogisme. 7(1), 38–47. https://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/article/view/3267

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.

Safitri, R. A., Andari, T., & Apriandi, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Self Confidence. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Sugiyono (2021): Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan), Alfabeta, 1–908.

Sunaryo, Y., Waluya, S. B., Wardono, & Dewi, N. R. (2022). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 1182–1185.

Tong, D. H., Uyen, B. P., & Quoc, N. V. A. (2021). The improvement of 10th students’ mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon, 7(11), e08282. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08282

Ulya, H., Rahayu, R., Kartono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Matematis Siswa Dalam Penerapan Asesmen Kolaboratif. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 113–120. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/4125

Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.997

Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519–530. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1448




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v8i2.10714

Article Metrics

Abstract - 210 PDF - 146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats