PENGEMBANGAN BAHAN AJAR REALISTIK PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan realistik yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang meliputi studi pendahuluan, pengembangan draft, uji coba dan pengembangan produk akhir. Draft dikembangkan dengan cara desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Draft divalidasi oleh dua ahli ahli pendidikan dan ahli matematika. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 8 orang siswa kelas VII dan kelas VIII siswa SMPN 4 Pandeglang. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji coba skala kecil yaitu mendapat respon yang positif dari siswa dengan total persentase akhir angket sebesar 90%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba terbatas didapatkan hasil bahwa bahan ajar dengan pendekatan realistik layak digunakan untuk membantu kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Perbandingan, Pendekatan Realistik.
Abstract
This study aims to produce teaching materials with a realistic approach that can be used independently by students. This study used the Research and Development (R & D) method which included preliminary studies, draft development, trials and final product development. The draft was developed by means of product design, design validation, design revision, product testing and product revision. The draft was validated by two experts in education and mathematicians. Small-scale trials were carried out on 8 students of 7th and 8th grade of SMP 4 Pandeglang. The conclusion obtained from the results of those trials shows that the approach gets positive responses from students with a final total percentage of 90% from the questionnaires. Based on the results of expert validation and limited trials, it has been found that teaching materials with realistic approaches are feasible to be used to assist teaching and learning activities.
Keywords: Teaching Material, Comparison, Realistic Approach
Full Text:
PDFReferences
Anwari, R. (2017). Desain Didaktis Interaktif Problem Solving Matematis Pada Pokok Bahasan Kesebangunan, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika , Vol 10 (1), pp:69.
Arsaythamby dan Zubainur, C.M. (2014): How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary Schools?, Jurnal of Procedia – Social and Behavioral Sciences, Vol 159, pp:309-313.
Asih, I.V.Y., dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Terstruktur untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Merancang Media Hands On Activity Serta Lembar Kerja Eksploratif Pendamping, Jurnal Penelitian Matematika, Vol 11 (1). Tersedia pada : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2983/2314.
Riduwan. (2013). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Konstektual dan ICT. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ.Muhamadiyah Metro, Vol 5 (2). Tersedia pada : http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/674V.
Wahyu, R. P., dan Setiwati, N. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika,Vol.11(1). Tersedia pada : pada : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2992.
Wayan, I. A., dkk.(2018). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masa Matematika antara PMR dan PBM Materi Geometri SMP Kelas VII, Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol 1 (4), pp: 47-60.
Zakaria, E., dan Syamaun, M. (2017): The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement and Attitudes Toward Mathematics, Jurnal of Mathematics Education Trends and Research, Vol, pp:32-40.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i1.1105
Article Metrics
Abstract - 766 PDF - 711Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.