
MATHEMATICAL CREATIVE THINKING PROCESS OF MTS ISLAMIC BOARDING SCHOOL DARUL IHSAN STUDENTS IN SOLVING SOCIAL ARITHMETIC PROBLEMS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, E., Surya, E., Syahputra, E., & Surya, E. (2017). The Effectiveness Of Using Problem-Based Learning (PBL) In Mathematic Education View Project The Effectiviness so. Ijariie, 3(2), 3402-3406. https://www.researchgate.net/publication/318982082
Ardianto, A., Mulyono, D., Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 1(1). https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396
Febriani, S., & Ratu, D. N. (2018). Profil Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Berdasarkan Teori Wallas. Mosharafa. 7(1). 39-50 http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
Ferdiani, R. D., Sujadi, I., Fitriana, L., & Susilo, D. A. (2022). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengajukan dan Memecahkan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 464. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4215
Fitriana, N., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Wallas dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa: Jurnal Ilmuah Pendidikan Matematika, 9(1), 1-8. file:///C:/Users/acer3/Downloads/admin,+15030174013_Nurul+Fitriana-1(1).pdf
Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 36-43. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4197
Luthfiyah nurlela, dkk.(2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Jakarta: PT Media Guru Digital.
Nurjannah. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Wallas dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) . JTMT: Jurnal Tadris Matematika. 1(1), 7-13. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm
Nurwahyuni, Sugianto, & Ahmad. (2020). Potensi Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Wallas di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(7), 1-12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41152
Rachmantika, P. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Rukiyati. (2019). Tujuan Pendidikan Nasional dalam Perspektif Pancasila. Humanika : Kajian Mata Kuliah Umum, 19(1), 56-69. file:///C:/Users/acer3/Downloads/30160-77716-1-SM-1.pdf
Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan, S. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.102
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sukmawati, S., Ali, A., S, C. Y., & Ristiani, R. (2024). Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah Kajian Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2064–2075. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3267
Zaiturrahmah, Z., Mirza, A., Siregar, N., Sugiatno, S., & Rustam, R. (2024). Proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi perbandingan berdasarkan teori Wallas. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(4), 599–610. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i4.20349
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v9i1.13109
Article Metrics
Abstract - 116 PDF - 99Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.