THE EFFECTIVENESS OF LOCAL WISDOM-BASED TEACHING MODULES ASSISTED BY HEYZINE FLIPBOOK TO IMPROVE STUDENTS' NUMERACY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, N., & Rahayu, D. V. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Website Dalam. 8(1), 64–73.
Ayuningtiyas, N. (2022). Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi untuk Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Retrieved from https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/storage/users/305/Pembelajaran/Modul%20Pelatihan%20Numerasi%20untuk%20Guru/4_Berkembang_Praktik%20Pembelajaran%20Profesional%20Aspek%20Perencanaan.pdf
Eprilia, W., Damayanti, D., & Hasmalena, H. (2023). Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan kelas 3 SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1388–1401. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71–80. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245
Fauziah, Y. U., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis liveworksheet Berorientasi Soal Akm untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(2), 85-96. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss2year2023page85-96
Fazira, E. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Budaya Aceh Pada Materi Barisan Aritmatika Kelas X. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 73-82. https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5798
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Humairah, E. (2022). Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook Guna Mendukung Pembelajaran Daring Di Era Digital. Prosiding Amal Insani Foundation, 1, 66-71. Retrieved from https://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas
Ismah, Z., Astuti, E. P., & Yuzianah, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 2407–8840.
Junaedi, Y., Yulianto, D., & Hayunah. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 602–610.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Pedoman Penilaian Dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2024). Raport Pendidikan. Retrieved from https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ Accessed Saturday, September 28, 2024
Musyafak, A., & Agoestanto, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Bermuatan Soal Literasi Numerasi Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada PBL. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 273–284. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.273-284
Musyarifah, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbantuan Game Edukasi WordWall Pada Materi Limas Untuk Mengeksplor Kemampuan Representatif Peserta Didik. Universitas Siliwangi, 2(1), 55–62. http://repositori.unsil.ac.id/10510/12/11_BAB 1.pdf
Nuraini, L., & Setyowati, F. (2023). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.35878/guru.v3i2.886
Rahayu, D. R., Nasution, A. R., & Yulizah, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 02 Kepahiang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup). https://doi.org/10.38048/jcmp.v1i1.2194
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 5–9. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16
Rismala, A. I., Hadiana, O., Zaenal, R. M., Casnan, C., & Heriyana, T. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Digital “Numerasi Matematika (Numet)” Materi Bilangan Bulat Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pserta Didik Di SB Ampang Malaysia. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(2), 97-110. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7832
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development, CV. Alfabeta. Bandung
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Sukesi, K. B., & Jusra, H. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MELALUI DEVELOPMENT OF INTERACTIVE TEACHING MATERIALS THROUGH HEYZIN IN IMPROVING STUDENTS ’. 11(2), 149–160.
Sunanti, T., & Apriyanti, I. (2024). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 348–358. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7735
Yunanda, M., Karma, I. N., & Zain, M. I. (2023). Pengembagangan Media Kartu Gambar Berbantuan Teknik Scrambel dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas III SDN 5 Danger Tahun Ajaran 2022/2023. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 1–9. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/332%0Ahttps://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/download/332/215
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v9i2.13457
Article Metrics
Abstract - 4 PDF - 2Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.