ANALYSIS OF MATHEMATICAL REASONING ABILITY AND CONCEPT UNDERSTANDING OF STUDENTS IN SOLVING PISA QUESTIONS ON CHANGE AND RELATIONSHIP CONTENT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA muatan perubahan dan hubungan serta untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA muatan perubahan dan hubungan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Siswa SMP kelas VIII menjadi subjek penelitian ini dengan sampel sebanyak 31 siswa kemudian dipilih 3 subjek dengan kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep tinggi mampu memenuhi seluruh indikator penalaran matematis dan indikator pemahaman konsep. Subjek dengan kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep sedang mampu memenuhi masing-masing 3 indikator dari 4 indikator penalaran matematis dan pemahaman konsep. Sedangkan subjek dengan kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep rendah banyak mengalami kesulitan dan tidak dapat memenuhi indikator penalaran matematis dan pemahaman konsep. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep sangat penting untuk mempengaruhi proses kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA muatan perubahan dan hubungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanti, C. A., & Noor, A. I. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematis terhadap materi persamaan garis lurus. Pros. Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. Sesiomadika, 2(2011), 560–566. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2821
Asdarina & Ridha. (2020). Jurnal Numeracy. Jurnal Numeracy, 7(1), 35–48.
Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 260–276. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2327
Batee, A. M. (2023). Influence of the Investigating-Pushing Learning Model on Students’ Ability To Understand Mathematical Concepts. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.57094/afore.v1i2.566
Buyung, B. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Himpunan. Journal of Educational Review and Research, 4(2), 135. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i2.3036
Cahya, I., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Sesiomadika, 12(1), 602–609. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2656
Destiani Putri Utami, D. M., Maolana, F. N., & F. M., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 75(17), 399–405.
Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship, 3(2), 127–131.
Hariyanti, & Khotimah, R. P. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 681–692. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.681-692
Herizal, Suhendra, & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh kemampuan memahami bukti matematis terhadap kemampuan mengonstruksi bukti matematis pada topik trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 17–24. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/8115
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di Smp Negeri 1Tukka. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2), 70.
Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622
Marbun, C. E., Elindra, R., & Harahap, S. D. (2022). Analisis Level Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Berdasarkan Gender di SMK Negeri 1 Sosorgadong. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 37–42. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3714
Nurafni, N., Miatun, A., & Khusna, H. (2018). Profil Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175–192. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp175-192
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.
Putri, R. C., Husna, A., & Amelia, F. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di kelas VIII SMP IT El Yasin Batam. Cahaya Pendidikan, 7(2), 115–122. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3795
Qadry, I. K., Dessa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(2), 78–92.
Rochma, N. A., Suwanti, V., & Pranyata, Y. I. P. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Berdasarkan Teori Pirie-Kieren. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 100–113. https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i2.3889
Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Sari, Y. M., & Valentino, E. (2017). An Analysis of Students Error In Solving PISA 2012 And Its Scaffolding. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 90–98. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380
Selvia, S., Rochmatin, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 261. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p261-270
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sunaisah Sunaisah, Iffatul Ulya Rosyadi, Farida Maulida, & Diana Ermawati. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 187–201. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3961
Suyanti, D., & Waluyo, M. (2024). Analysis of Students’ Mathematical Reasoning in Solving Pythagorean Theorem Problems. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v8i1.2897
Tetiwar, J., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Peer Tutoring untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perkalian Bersusun Pada Siswa Kelas III SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 302–308. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p302-308
Usnul, U., Johar, R., & Sofyan, H. (2019). Potential Effect of PISA Equivalent Questions Using the Context of Aceh Traditional Houses. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(2), 89–100. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i2.8362
Wahyuni, I., & Kharimah, N. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 228. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.608
Yulianto, D., Junaedi, Y., & Juniawan, E. A. (2023). Optimasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menjawab Soal Setara PISA Konten Change And Relationship Melalui Pendekatan Scientifik Terintegrasi pada Model Problem Solving. Geomath, 4(1), 31–47.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v9i2.13905
Article Metrics
Abstract - 36 PDF - 16Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.