TECHNOLOGY-BASED DIFFERENTIATED LEARNING WITH THE ETHNOMATHEMATICAL CONTEXT OF BIMA WOVEN FABRIC TO ENHANCE STUDENTS’ MATHEMATICAL LITERACY AND CHARACTER EDUCATION
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N. N., & Budiarto, M. T. (2022). Literasi Matematis Berbasis Budaya Mojokerto Dalam Perspektif Etnomatematika. MATHEdunesa, 11(1), 198–209. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p198-209
Amalia, N., Sudirtha, I. G., & Angendari, M. diah. (2021). Perkembangan motif kain tenun bima di desa ntonggu, kecamatan palibelo, kabupaten bima. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 12(3), 97–106. https://doi.org/10.23887/jppkk.v12i3.37282
Anisa, N., & Ramdani, N. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Di Desa Mbawa Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNIPA SURABAYA, 183–198.
Arisandi, O. R. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 243–262. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1286
Auliani, A., & Suripah. (2024). Konsep Fundamental Matematika Pada Tenun Songket Siak. 7(5), 849–862. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.22010
Az-zahra, R., Azkiya, A., Ningtiyas, E., Haerani, S. M., & Farhan, M. (2024). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Tembe Nggoli Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Geometri, Deret Aritmatika Dan Deret Geometri. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 11–21.
Azhar, A., Nuraida, I., Sugilar, H., Risya, N., & Haryadi, S. (2023). Permasalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dalam Mengerjakan Soal PISA. 32, 45–51.
Elyasarikh, A. A., & Masriyah, M. (2024). Bagaimana Literasi Matematis Siswa pada Penyelesaian Soal PISA-Like Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Logis Matematis? MATHEdunesa, 13(2), 451–467. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p451-467
Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space And Shape Ditinjau Dari Level Kemampuan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 859–868. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.859-868
Ginting, P. V. B., Siregar, W., & Aisyah, S. (2024). Penerapan Teknologi Dengan Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Peningkatan Sosial Emosional Pada Pembelajaran Matematika. 2, 735–749.
Harahap, A., & Hasanah, R. U. (2023). The Analysis of The Problem-Solving Ability of The Ethnomatematcs Nuanced Plane Figure In The Sipirok Woven Fabrics Pattern To MTs Students. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(3), 1133–1148. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i3.495
Husnul Fauzan, & Khairul Anshari. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802
Irvan. (2023). Ethnomathematics Exploration In Geometric Transformation Learning In Batak Woven Cloth. IJRS: International Journal Reglement & Society, 4(3), 248–253.
Kehi, Y. J., & Naimnule, M. (2023). Development Of Teaching Materials With Eliciting Activities Models Based On Ethnomathematics To Improve Mathematical Literacy Ability. JURNAL EDUSCIENCE, 10(1), 51–61. https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.4013
Kore, A., & Tauran, S. F. (2022). Analisis Literasi Matematika Siswa Smp Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar. c.
Mailani, E., Alemina, M., Amir, K., Hasibuan, M., & Haliza, N. (2025). Panduan Belajar Bangun Datar : Bentuk , Sifat , dan Contohnya di Kehidupan. 2(1), 23–33.
Mboeik, V. (2023). Literasi matematika siswa sekolah dasar. 3, 781–788.
Merdja, J., & Restianim, V. (2022). Kajian Etnomatematika Pada Motif Tenun Ikat Ende Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 727. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4897
Nisa, K., Andriani, T., & Masfingatin, T. (2023). Literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial. 1, 95–103.
Paramita Resya, K. N., & Nurnoviyati, I. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Makan Khas Tegal Sebagai Sumber Literasi dan Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 310–317. https://doi.org/10.5281/zenodo.6579079
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Purnamasari, I., Juliawan, R., & Ramdani, N. (2024). ANALYSIS OF STUDENTS ’ PROBLEM-SOLVING ABILITIES BASED ON. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 542–554.
Putri, yunita widia, Kusumaningtyas, W., Nur, D. R., & Amanda, M. (2024). Peran etnomatematika dalam mendukung literasi matematika di era society 5.0. Jurnal Sains, Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama Lampung., 1(1), 24–32.
Qauliyah, D. S., Nizaruddin, N., & Shodiqin, A. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 459–466.
Ramdani, N., & Fauzi, A. (2025). Implementation Of Inquiry-Based Differentiated Learning In Improving Students ’ Critical Thinking Skills. 9(1), 196–209.
Ramdhani, L., Anisa, N., & Sani, T. (2023). Keefektivan Permainan Tradisional “Mpa’a Gopa” Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 15–25.
Rohendi, Setiawan, W., & Sugandi, A. I. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Jenis Pisa Kelas Ix Smp Negeri 1 Saguling. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 785–794. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.14215
Rosady, D., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Kain Tradisional. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(2), 1328–1332.
Safina, D., & Budiarto, M. T. (2022). Literasi Matematis Berbasis Budaya Sidoarjo Dalam Perspektif Etnomatematika. MATHEdunesa, 11(1), 12–25. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p12-25
Saleha, Z., Nur Aeni, A., Nurhanifah, N., Ismail, A., Sujana, A., & Maulana, M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Bentuk Soal Cerita Satuan Panjang Kelas III SD. Journal on Education, 6(2), 12494–12502. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4966
Sawita, K., & Ginting, S. S. B. (2022). Identifikasi Etnomatematika : Motif dalam Kain Songket Tenun Melayu Langkat Sumatera Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2064–2074.
Septiana, W., Hikmah, N., Wulandari, N. P., & Prayitno, S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Desa Sukarara dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1725–1736. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1569
Siregar, N. (2018). Meninjau Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Wawancara Berbasis Tugas Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.268
Siregar, S. W., Dakwah, F., Komunikasi, I., & Padangsidimpuan, I. (2019). Penggunaan Instrumen Sosiometri dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1–21. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alirsyad
Sisi, R., Di, D., Fauzi, A., Buchori, A., & Wulandari, D. (2021). Peningkatan Media Berbasis Android dengan Fitur Augemented Reality Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun. 3(6), 484–495.
Sukma, L. R. G., Prayitno, S., Baidowi, B., & Amrullah, A. (2022). Peningkatan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. Palapa, 10(2), 198–216. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1897
Sulikah, H, W. sri, & Rozak, A. (2021). Profil Karakter Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. September, 533–544.
Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh, XVI(01), 1–13.
Taufik, A., Prayitno, A. T., & Damayanti, A. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. 7, 1–15.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v9i3.14396
Article Metrics
Abstract - 56 PDF - 5Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.