ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA MATERI INTEGRAL

Lely Lailatus Syarifah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal dengan materi integral. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika tingkat 3 sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 51 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal matematika dengan materi integral dapat disimpulkan sebagai berikut : Terdapat 14 mahasiswa yang mendapat nilai di bawah 65, terdapat 30 mahasiswa yang mendapat nilai antara 65 dan 75, terdapat 7 mahasiswa yang mendapat nilai 75 ke atas.

 

Kata kunci: Komunikasi matematis; Integral

Full Text:

PDF

References


Alt, Mary. Genesisi D. Arizmendi. Carole R. Beal. (2014). The Relation between Mathematics Languange: “Academic Implications Children with Specific Languange Impairment and English Languane Learners.” Languange, Speech, And Hearing Service in School, Vol. 45: 220-233.

Baroody, Arthur. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publishing Company.

Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

National Council of Teacher Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston Virginia: NCTM.

Olteanu, Constanta. Lucian Olteanu. (2013). “Enhancing mathematics communication using critical aspects and dimensions of variation.” International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 2013. Vol. 44, No. 4.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran.Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santos dan Semana, (2015). “Developing Mathematics Written Communication Through Expository Writing Supported by Assessment Strategies.” Educational Studies in Mathematics, Vol. 88 Issue 1: 65-87.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sumarmo, Utari. (2011). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Vol.1, Tahun 2011. ISBN 978-602-19541-0-2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.254

Article Metrics

Abstract - 1251 PDF - 975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats