ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA MATERI INTEGRAL
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal dengan materi integral. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika tingkat 3 sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 51 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal matematika dengan materi integral dapat disimpulkan sebagai berikut : Terdapat 14 mahasiswa yang mendapat nilai di bawah 65, terdapat 30 mahasiswa yang mendapat nilai antara 65 dan 75, terdapat 7 mahasiswa yang mendapat nilai 75 ke atas.
Kata kunci: Komunikasi matematis; Integral
Full Text:
PDFReferences
Alt, Mary. Genesisi D. Arizmendi. Carole R. Beal. (2014). The Relation between Mathematics Languange: “Academic Implications Children with Specific Languange Impairment and English Languane Learners.” Languange, Speech, And Hearing Service in School, Vol. 45: 220-233.
Baroody, Arthur. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publishing Company.
Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
National Council of Teacher Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston Virginia: NCTM.
Olteanu, Constanta. Lucian Olteanu. (2013). “Enhancing mathematics communication using critical aspects and dimensions of variation.” International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 2013. Vol. 44, No. 4.
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran.Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santos dan Semana, (2015). “Developing Mathematics Written Communication Through Expository Writing Supported by Assessment Strategies.” Educational Studies in Mathematics, Vol. 88 Issue 1: 65-87.
Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Sumarmo, Utari. (2011). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Vol.1, Tahun 2011. ISBN 978-602-19541-0-2.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.254
Article Metrics
Abstract - 1251 PDF - 975Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.