PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Annisa Juliyanti, Heni Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh kecemasan matematis dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Madrasah Aliyah Al-Islah, tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling (sampel acak sederhana) yaitu cara pengambilan sampel secara acak (random) dengan benar-benar memberikan peluang yang sama. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data kuantitatif berupa kecemasan matematis, konsep diri dan hasil belajar matematika siswa. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data kuantitatif, yakni metode dokumentasi dan metode angket. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapat bahwa nilai signifikansi untuk kecemasan matematis sebesar 0,016 < 0,05, dan nilai signifikansi untuk konsep diri sebesar 0,230 > 0,05. Ini berarti bahwa secara parsial hanya faktor kecemasan matematis yang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan berdasarkan uji analisis regresi berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 3,758 dengan nilai signifikansinya 0,044 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematis dan konsep diri secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa. Diperoleh nilai R2 sebesar 0,308, artinya 30,8% perubahan pada hasil belajar matematika siswa secara simultan dengan kecemasan matematis dan konsep diri, sedangkan 69,2% sisanya dijelaskan oleh berbagai macam variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.


Keywords


Kecemasan matematis; Konsep diri; Hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Andinny, Y. (2015). Pengaruh konsep diri dan berpikir positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 3(2), 126–135.

Apriliani, L. R., & Suyitno, H. (2016). Kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kecemasan matematika pada pembelajaran creative problem solving berteknik scamper. Ujmer, 5(2), 131–140.

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Hubungan antara kecemasan matematika dan self-efficacy dengan hasil belajar matematika siswa sma x kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1, 556–568.

Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smpn 13 Banjarmasin 1. Math Didactic:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169.

Handayani, S. D. (2016). Pengaruh konsep diri dan kecemasan siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 23–34. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. De Fermat:Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6.

Leonard, & Supardi U.S. (2010). Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika, dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Cakrawala Pendidikan, 341–352. https://doi.org/10.1007/s002669900030

Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil ‎ belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 6 Bontomatene ‎ kepulauan Selayar. MaPan:Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3, 103–116.

Priyani, Y. (2013). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rehanja, M. (2017). Pengaruh konsep diri akademis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1–11.

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Prima:Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Setianingsih, D. N. (2017). Comparison of adolescent self-concept who have single parents men and women in sma 76 Jakarta. FamilyEdu, 1(2), 74–90.

Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Penerapan pendekatan concrete-pictorial-abstract (cpa) dalam menurunkan kecemasan matematis siswa sekolah. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi)., 228–238. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.428




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591

Article Metrics

Abstract - 12866 PDF - 14076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats