KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GAYA BELAJAR

Ni Ketut Erawati, Ni Kadek Rini Purwati

Abstract


Gender dan gaya belajar memiliki peran dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah perbedaan kemampuan pembuktian matematika berdasarkan gender dan gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan rancangan faktorial yang dilaksanakan di salah satu perguruan tinggi di Bali dengan subjek penelitian mahasiswa semester VII sebanyak dua kelas yang terdiri dari 33 mahasiswa. Pengumpulan data gender dan gaya belajar menggunakan angket, sedangkan data kemampuan pembuktian menggunakan tes pembuktian dalam mata kuliah analisis riil. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pembuktian di antara mahasiswa perempuan dan laki-laki serta perempuan memperoleh hasil yang lebih baik. Sedangkan berdasarkan gaya belajar, secara umum menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pembuktian di antara gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Uji lanjut menunjukkan perbedaan yang signifikan terjadi antara gaya belajar visual dan kinestetik. Hasil analisis juga menunjukkan tidak terjadi interaksi antara gender dan gaya belajar dalam mempengaruhi kemampuan pembuktian matematika mahasiswa.

Keywords


Pembuktian matematika; Gender; Gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Darmawan, P. (2017). Berpikir analitik mahasiswa dalam mengonstruksi bukti secara sintaksis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 154-165. Diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/196/238

Chusna, D. S. (2015). Proses berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah pembuktian ditinjau dari perbedaan gender. Universitas Sebelas Maret. Diakses dari https://eprints.uns.ac.id

Erawati, N.K. (2019). Mathematics learning outcomes based on gender in the inquiry learning model. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 394, 264-269. Atlantis Press. From https://www.atlantis-press.com/proceedings/icirad-19

Erawati, N.K & Putri, N.W.S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam penyelesaian masalah ditinjau dari gaya belajar. Prosiding Senama PGRI, 1, 50-59. Diakses dari https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/senama

Karim, A. (2014). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Formatif, 4(3), 188-195. Diakses dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/154/148

Kusumawati, R & Nayazik, A. (2017). Kecemasan matematika siswa sma berdasarkan gender. Journal of Medives, 1, 92-99. Diakses dari

http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article

Leder, G.C. (2019). Gender and mathematics education: an overview. In G. Kaiser, & N. Presmeg (Eds.), Compendium for Early Career Researchers in Mathematics Education (1st ed., pp. 289-308). (ICME-13 Monographs). From https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-15636-7_13

Lesseig, K. (2016). Investigating mathematical knowledge for teaching proof in professional development. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(2), 253-270. From https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1105101.pdf

Mujib, A. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis: Problem matematika diskrit. Jurnal Math Education Nusantara. 2(1), 51-57. Available online at https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN

MZ, Z.A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Gender, 12(1), 15-31. Diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/marwah/article/view/511

Papilaya, J.O. & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1). Diakses dari

https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/12992

Rahayuningsih, S. & Feriyanto. (2018). Analisis Proses Berpikir Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Grup Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan, 3, 1672-1681. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12568

Sari, A.K. (2014). Analisis karakteristik gaya belajar vak (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan informatika angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1-12. Diakses dari https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/395

Suryana, A. (2015). Analisis kemampuan membaca bukti matematis pada mata kuliah statistika matematika. Infinity Journal, 4(1), 84-95. Diakses dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/74

Widyawati, S. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika (IAIM NU) Metro. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 107-114. Diakses dari http://103.88.229.8/index.php/al-jabar/article/view/135/125




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i2.2617

Article Metrics

Abstract - 1797 PDF - 2108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats