PENGEMBANGAN PERANGKAT PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI STATISTIKA SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model Project Based Learning yang valid, dan mengetahui hasil uji praktikalitas pada pengguna LKS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, namun karena rumusan serta batasan masalah maka dimodifikasi menjadi ADD yang terdiri dari tiga tahap yakni Analysis, Design, dan Development. Teknik analisis data pada uji valid dan uji praktikalitas menggunakan skala Likert. Adapun teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus valid dan praktis, kemudian memberikan kriteria valid serta praktis mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan. Hasil validasi ahli dari 4 orang validator menunjukkan bahwa secara keseluruhan RPP memperoleh rata-rata sebesar 89,6% dan LKS memperoleh rata-rata sebesar 83,4%. Sementara hasil praktikalitas pengguna LKS dari 9 orang siswa SMAN 8 Kota Cirebon dengan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi diperoleh rata-rata kepraktisan LKS sebesar 85,4%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat Project Based Learning yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dan praktis.
Kata Kunci: Perangkat, Project Based Learning, Statistika
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779
Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jppf.v1i1.603
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaran dan Bola. LEMMA, II(1), 35–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jl.2015.v2i1.524
Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/616
Hilvonen, J., & Ovaska, P. (2010). Student Motivation in Project-Based Learning, 2010. Retrieved from http://icep.ie/wp-content/uploads/2011/02/Student-Motivation-in-Project-Based-Learning.pdf
Maya, R., & Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities: Experiment With Undergraduate Student By Using Modified Moore Learning Approach. JME (Journal on Mathematics Education), 2(2), 231–250. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22342/jme.2.2.751.231-250
Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Jurnal Mosharafa, 8(3), 32–39. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mv5n2/article/view/mv5n2_14
Rohaeti, E., Widjajanti, E., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 1–11. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jip/article/view/479
Sudijono. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation, 1–45. https://doi.org/10.1007/s11528-009-0302-x
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progressif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.
Yunus, A. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i1.299
Article Metrics
Abstract - 2912 PDF - 7363Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.