PENGEMBANGAN PERANGKAT PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI STATISTIKA SMA

Durohman Durohman, Muchamad Subali Noto, Wahyu Hartono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model Project Based Learning yang valid, dan mengetahui hasil uji praktikalitas pada pengguna LKS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, namun karena rumusan serta batasan masalah maka dimodifikasi menjadi ADD yang terdiri dari tiga tahap yakni Analysis, Design, dan Development. Teknik analisis data pada uji valid dan uji praktikalitas menggunakan skala Likert. Adapun teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus valid dan praktis, kemudian memberikan kriteria valid serta praktis mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan. Hasil validasi ahli dari 4 orang validator menunjukkan bahwa secara keseluruhan RPP memperoleh rata-rata sebesar 89,6% dan LKS memperoleh rata-rata sebesar 83,4%. Sementara hasil praktikalitas pengguna LKS dari 9 orang siswa SMAN 8 Kota Cirebon dengan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi diperoleh rata-rata kepraktisan LKS sebesar 85,4%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat Project Based Learning yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dan praktis.

Kata Kunci: Perangkat, Project Based Learning, Statistika


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779

Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jppf.v1i1.603

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaran dan Bola. LEMMA, II(1), 35–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jl.2015.v2i1.524

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/616

Hilvonen, J., & Ovaska, P. (2010). Student Motivation in Project-Based Learning, 2010. Retrieved from http://icep.ie/wp-content/uploads/2011/02/Student-Motivation-in-Project-Based-Learning.pdf

Maya, R., & Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities: Experiment With Undergraduate Student By Using Modified Moore Learning Approach. JME (Journal on Mathematics Education), 2(2), 231–250. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22342/jme.2.2.751.231-250

Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Jurnal Mosharafa, 8(3), 32–39. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mv5n2/article/view/mv5n2_14

Rohaeti, E., Widjajanti, E., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 1–11. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jip/article/view/479

Sudijono. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation, 1–45. https://doi.org/10.1007/s11528-009-0302-x

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progressif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

Yunus, A. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i1.299

Article Metrics

Abstract - 2912 PDF - 7363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats