ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 10 TANGERANG

Novitasari Novitasari, Hestu Wilujeng

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tangerang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data uji kemampuan pemecahan masalah matematika seperti tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil uji tulis dan wawancara, kemudian dilakukan teknik triangulasi untuk mendapatkan data penelitian yang valid. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan tinggi, baik laki-laki maupun perempuan mampu memahami masalahnya dengan baik, memiliki rencana pemecahan dan dapat menyelesaikan penyelesaian masalah sesuai dengan rencana dan dapat melakukan pengecekan ulang. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan menengah, baik laki-laki maupun perempuan hampir memiliki kemampuan yang sama dengan siswa yang memiliki kemampuan tinggi, bedanya hanya pada langkah-langkah untuk memecahkan masalah dan pengecekan ulang. Siswa yang memiliki kemampuan menengah kurang memahami perhitungan dalam jumlah operasi, jadi ada kesalahan dalam proses perhitungan yang hasilnya tidak benar dan dalam aspek pengecekan, siswa yang memiliki kemampuan menengah hanya memeriksa sebagian saja. Lain kasus siswa yang memiliki kemampuan rendah. Siswa yang memiliki kemampuan rendah, baik laki-laki maupun perempuan tidak bisa menyelesaikan masalah secara tuntas, karena belum mengetahui rencana penyelesaian yang belum matang, jadi tidak ada hasilnya. Sedangkan pada aspek pengecekan, siswa yang memiliki kemampuan rendah hanya melihat proses perhitungan, tidak mengecek hasilnya benar atau salah, karena siswa yang memiliki kemampuan rendah tidak ada hasilnya, sehingga mereka tidak mengecek hasil yang diperoleh.

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Afgani D, Jarnawi. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aisyah, Nyimas. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Amirulloh, A.F & Budiarto, M.T. (2012). Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Dilihat dari Perbedaan Jenis Kelamin. Volume 2 No. 1 Tahun 2013. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedenusa/article/view/1438/baca-artikel (diakses 7 Desember 2013)

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budhayanti, Clara Ika Sari. (2008). Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Nirmalitasari, Octa S. (2012). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Volume 1 No. 1 Tahun 2012. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/247/baca-artikel (diakses 23 Desember 2013)

Putra, Nusa. (2012). Penelitian Kualitatif : Proses dan Aplikasi. Jakarta : Indeks.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiman dan Yaya S. (2010). “Dampak Pendidikan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. http://jims-b.org/wpcontent/uploads/2013/11/Full-IndoMS-JME-11-Sugiman.pdf (diakses 28 Desember 2013)

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.461

Article Metrics

Abstract - 3480 PDF - 2787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats