ANALYSIS OF THE NEED FOR RENEWAL OF MATHEMATICS TEACHING MATERIALS IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL
Abstract
Teaching materials are an important in the implementation of education. Teaching materials have to the needs and attract students' interest in learning. Teaching materials must also be able to assist teachers in delivering subject matter. From the results of observations of teaching materials in vocational students, researchers found data that the delivery of materials in teaching materials was quite monotonous. The presentation of this monotonous material does not attract students' interest in using teaching materials. This research is a descriptive qualitative research. The place of this research is a vocational high school (SMK) State 3 Metro, Lampung Province. The research subjects used were 8 students and 3 mathematics teachers at SMKN 3 Metro. The research instrument used was a questionnaire sheet and an interview guide. The data analysis technique uses the Miles and Huberman stages, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on result and discussion show that materials teaching mathematics for vocational students are needed novelty of: 1) systematic preparation, 2) materials adapted to the characteristics of vocational students, 3) presentation of teaching materials adapted to technological developments, 4) use of technology to attract students' interest, 5) the form of teaching materials that are more practical and easy to use.
Abstrak
Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan Pendidikan. Bahan ajar yang baik harus bisa memenuhi kebutuhan dan menarik minat peserta didik dalam belajar. Bahan ajar juga harus dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Dari hasil observasi bahan ajar pada siswa SMK, peneliti menemukan data bahwa penyampaian materi pada bahan ajar cukup monoton. Penyajian materi yang monoton ini kurang menarik minat siswa dalam menggunakan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini adalah sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 3 Metro Provinsi Lampung. Subyek penelitian yang digunakan adalah 8 orang siswa dan 3 orang guru matematika SMKN 3 Metro. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan tahapan Miles dan Huberman yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa diperlukan pembaruan bahan ajar matematika siswa SMK berupa : 1) sistematika penyusunan berbeda, 2) materi yang disesuaikan dengan karakteristik siswa SMK, 3) penyajian bahan ajar yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi, 4) penggunaan teknologi untuk menarik minat siswa, 5) bentuk bahan ajar yang lebih praktis dan mudah digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nila-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71 - 90.
Hernandes, V. I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Komputer Pada Materi Kesebangunan di Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 4(3), 281 - 292. Fonte: e-mosharafa.org
I Wayan Sumandya, I. W. (2022). Reconstruction of Vocational-Based Mathematics Teaching Materials Using a Smartphone. Journal of Education Technology, 6(1), 133 - 139. doi:https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i1.4
Ina Magdalena, T. S. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311 - 326. Fonte: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Ismu Fatikhah, N. I. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran. EduMa, 4(2), 46 - 61.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika , 1(1).
Mardianto, d. (2021). Penyusunan Bahan Ajar Matematika Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 003 Bukit Bestari. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3, pp. 461 - 468. Bengkulu. Fonte: http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro
Oktaviani, D. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4, 8 - 12.
Rahma Yuliastuti, J. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2270 - 2284.
Saluky, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis WEB. EduMa, 5(1), 80 - 90.
Susanti, Y. (Oktober de 2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3), 435 - 448 . Fonte: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Yayuk, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD Semester 6 . Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 171-182.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v6i2.6180
Article Metrics
Abstract - 459 PDF - 456Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.