MATHEMATICAL LITERACY SKILLS BY USING REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION-BASED WORKSHEETS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggrieni, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA 2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 472–481.
Anisa Asnawati, Sutrisno, S., & Imaningtyas, I. (2021). Pengembangan E-Student Worksheets (E-SW) Berbasis Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Muatan Gaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Efektor, 8(2), 98–109. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16207
Astuti, P. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Universiitas Negeri Semarang, 1(1), 5–24.
Ayunis, A., & Belia, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Perkembagan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5363–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508
Budiono, C. S., & Wardono. (2014). Pbm Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Ujme, 3(3), 210–219. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Chasanah, I. M. (2021). Proses Matematisasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 10(1), 69–78. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p69-78
Hapipi. (2011). Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Sebagai Basis Pembelajaran Matematika. 62, 1–13.
Hasanah, U., Sari, N., Sukmaningthias, N., & Nuraeni, Z. (2022). Mathematical Literacy Skills of Junior High School Students Through Blended Learning Based on Indonesian Realistic Mathematics Education Approach. Proceedings of the 2nd National Conference on Mathematics Education 2021 (NaCoME 2021), 656(NaCoME 2021), 222–230. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220403.032
Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395–412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Mirnawati, L. B., Agatha, R., & Fabriya, V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 22–38.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Naufal, H., & Amalia, S. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Di Era Merdeka Belajar Melalui Model Blended Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1, 333–340.
Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 18–32.
Nurhayati, E., Nurfauziah, P., & Fitriani, N. (2021). Memahami Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1609–1620. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1609-1620
OECD. (2019). 3 . PISA 2018 Mathematics Framework. 73–96.
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383
Pratiwi, I., Solihin, L., Atamadiredja, G., & Utama, B. (2020). Risalah kebijakan. Pusat Penelitian Kebijakan, 3(April), 1–8.
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.
Rahmawati, S., -, H., & -, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Spldv Menggunakan Indikator Soemarmo. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 58–68. https://doi.org/10.36706/jls.v3i2.13924
Setiawati, N. P., Somakim, S., & Araiku, J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Materi Bentuk Aljabar Di SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.10044
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1–10.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Sutisna, A. P., Budi, A. S., & Noornia, A. (2018). The Influence of the Realistic Mathematics Education Approach and Early Mathematical Ability to Mathematical Literacy. International Journal of Multidisciplinary and Current Research, 6(04), 798–801. https://doi.org/10.14741/ijmcr/v.6.4.18
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v8i1.7210
Article Metrics
Abstract - 394 PDF - 388Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.