PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP TRANSFORMASI GEOMETRI
Abstract
Peserta didik matrikulasi di STKIP Surya Tangerang mengalami kesulitan dalam mempelajari transformasi geometri. Masalah pemahaman konsep transformasi geometri yang dialami peserta didik STKIP Surya perlu diatasi karena sebagai calon guru, peserta didik di STKIP Surya dituntut untuk memahami konsep matematika dengan baik agar kelak dapat mengajarkan materi dengan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori instruksional lokal guna membangun pemahaman konsep peserta didik pada materi transformasi geometri dengan menggunakan pendekatan PMRI berbantuan GeoGebra. Penelitian ini terdiri dari 8 pertemuan dengan subjek penelitian 6 peserta didik yang memiliki kemampuan awal berbeda berdasarkan materi prasyarat. Metodologi yang diterapkan adalah design research yang meliputi tahap preparation and design, teaching experiment, dan retrospektif analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu pensil dan kertas, wawancara, serta perekaman video. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah hipotesis lintasan belajar, lembar aktivitas, lembar kerja, lembar observasi, lembar wawancara dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa penerapan PMRI berbantuan GeoGebra dengan menggunakan konteks peraturan baris-berbaris dapat menumbuhkan dan meningkatkan pemahaman konsep transformasi geometri peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung,1(2). Accessed on November 4, 2017 from http:// e-journal.stkipsiliwangi.ac.id /index.php/infinity/article/view/19/18.
Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo. (2014). Kemajuan Belajar Siswa Pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Cakrawala Pendidikan, 33(3). Accessed on January 20, 2015 from http: https://media.neliti.com/media/publications /87094-ID-kemajuan-belajar-siswa-pada-geometri-tra.pdf.
Alfled, P. (2004). Peter Alfled's Home Page-Understanding Mathematics. Accessed on January 21, 2015 from http://www.math.utah.edu/~pa/math.html.
Bakker, Arthur, & Eerde, Dolly van. (2013). An Introduction to Design-Based Research With an Example from Statistics Educations. Acessed on June 17, 2017 https://www.researchgate.net/publication/256618979_An_Introduction_to_Design-Based_Research_with_an_Example_From_Statistics_Education.
Gravemeijer, K., & Eerde, D. v. (2009). Design Research as a Means for Building a Knowledge Base for Teachers and Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal, 109(5). Acessed on December 2, 2017 from http://www.fi.uu.nl/publicaties/literatuur/7287.pdf.
Guven, B. (2012). Using Dynamic Geometry Software to Improve Eight Grade Student's Understanding of Transformation Geomatry. Australasian Journal of Educational Technology, 2(28). Acessed on January 20, 2015 from https://pdfs.semanticscholar.org/5c8f/5b633b257689be852f192c 834a5fc4de8d1b.pdf
Hollebrands, K. F. (2004). High School Student's Intuitive Understandings of Geometric Transformations. Mathematics Teacher, 97(3). Acessed on March 8, 2017 from http://www.nctm.org.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Acessed on July 1, 2017 from http://eprints.uny.ac.id/6928/.
Larijani, M. M., Karimi, S., Mal Khalifeh, M. R., & Ahmad, S. (2012). Study the Efficiency of GeoGebra Software in Better Understanding of Mathematical Concept. International Journal of Emerging trends in Engineering and Development, 4. Acessed on April 17, 2014 from https://rspublication.com/ijeted/may-12/98.pdf.
Minnesota STEM Teacher Center. (2014). Acessed on March 12, 2016 from http://www.scimathmn.org/stemtc/frameworks/433-geometric-transformations.
Novrika, Dina, Putri, R. I. I., & Hartono, Yusuf. (2016). Desain Pembelajaran Materi Refleksi Menggunakan Motif Kain Batik Untuk Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 607-626.
Nugraheni, Esti Ambar & Sugiman. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Özerem, A. (2012). Misconceptions In Geometry And Suggested Solutions For Seventh Grade Students." International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 1(4). Acessed on February 28, 2014 from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812040190.
Plomp, Tjeerd.(2013). Educational Design Research: An Introduction. Enschede: Netherlands for Curiculum Development (SLO).
Saha, R. A., Mohd. Ayub, A. F., & Tarmizi, R. A. (2010). The Effects of GeoGebra on Mathematics Achievement: Enlightening Coordinate Geometry Learning. International Conference on Mathematics Education Research (ICMER), 686-693. Acessed on Juni 23, 2014 from https://core.ac.uk/download/pdf/82664417.pdf.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v3i2.932
Article Metrics
Abstract - 2723 PDF - 2401Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: primajpm@gmail.com
Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 | e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.