STUDENT’S MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY GIVEN SELF CONCEPT IN LEARNING MATHEMATICS THROUGH DISCOVERY LEARNING

Yus Mochamad Cholily, Selvi Amalia, Alfiani Athma PR

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menggunakan paradigma Discovery Learning untuk mengkarakterisasi seberapa baik siswa dapat mengkomunikasikan ide matematika ditinjau dari konsep dirinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII SMP 1 Muhammadiyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket konsep diri, lembar observasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan temuan, 15% siswa masuk dalam kategori tinggi, 65% masuk dalam kategori sedang, dan 20% masuk dalam kategori buruk pada konsepsi diri. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis kuat, sedang, dan rendah dalam kurikulum kurikulum Discovery menunjukkan perbedaan yang mencolok ketika mengikuti tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil observasi guru dan siswa diketahui bahwa secara keseluruhan hasil observasi guru pada pertemuan 1 sebesar 97% masuk dalam kategori sangat baik. Untuk pertemuan kedua memperoleh 98% dengan kategori sangat baik. Pada kategori sangat baik diperoleh hasil pertemuan ketiga 100%. Mengenai hasil observasi siswa pada pertemuan pertama, 86% masuk dalam kategori baik. Untuk pertemuan kedua memperoleh 92% dengan kategori sangat baik. Hasil pertemuan ketiga sebesar 89% masuk dalam kategori baik.

Keywords


Mathematical Communication, Self Concept, Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2020). Learning & Learning (Theory and Implementation). In Samudra Biru (Anggota IKAPI) (Vol. 11, Issue 2).

Amaluddin, L. O., & Sentryo, I. (2022). The Effect of Organizational Innovation Through Self-Concept on the Performance of Senior High School Teachers in Kendari City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 7185–7196. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2584

Arcat, A., & Fitriani, P. (2018). Kemampuan Komunkasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning Kelas VIII MTs Bahrul Ulum Tahun 2018. Jurnal IImiah Edu Research, 7(1), 54–58.

Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 033–046. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/10031

Cholily, Yus Mochamad, Azmi Ats-Tsauri, M. S., Dian, R., & Kusgiarohmah, P. A. (2021). Modul Relasi dan Fungsi Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3569

Dalimunthe, S. A. S., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 735–747. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1229

Hanisah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Desa Bojong. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 131–140. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1588

Hasanah, N. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Self-Concept Siswa Dengan Pembelajaran Learning Cycle 7E Pada Materi Garis Kelas Vii Smp Negeri 1 Dau Malang. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 102. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2622

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Refika Aditama, 282.

Lutfiyah, Murtinasari, F., & Sulisawati, D. N. (2023). The Level of Dyscalculia in Children with Special Needs in Understanding Mathematical Concepts : Learning Difficulties Experienced. 9(2), 696–705.

Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51–57. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/3102

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mila Sab’ati, Gunawibowo, P., & Widyastuti. (2018). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 19, 99–110. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v19i2.pp99-110

Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPMat, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1239

Rosa, A., Ambarita, A., Sabdaningtyas, L., & Yulianti, D. (2021). Development of Discovery Learning-Based Science Supplementary Textbooks to Improve Students’ Creative Thinking. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2099–2105. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.897

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Concept. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Umasugi, S. M., Sugiman, S., Jana, P., & Kraiviset, P. (2022). Realistic Mathematics Education (RME)-Based Learning Trajectory for Arithmetic Social Using Culinary Context of Yogyakarta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 985. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6176

Vian Tri Hardiat Moko, Chamdani, M., & Salimi, M. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Yabo, R. S. (2020). Perkenalan Udvari-Solner besar bagi pendidikan siswa dan menjadikan asimilasi pengetahuan dan keterampilan. Southeast Asia Mathematics Education Journal, 10(1), 55–68.

Zubaidah Amir & Dr. Risnawati. (2015). Psikologi PEMBELAJARAN MATEMATIKA. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/prima.v8i1.9902

Article Metrics

Abstract - 98 PDF - 43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prima: Jurnal Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: primajpm@gmail.com


Prima: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2579-9827 e-ISSN: 2580-2216) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 View PrimaJPM Stats