ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SAYUR HIDROPONIK PADA GREENHOUSE KENDANGSARI KOTA SURABAYA

Rieska Maharani, Zainal Rusdi, Lynda Yunyver

Abstract


ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SAYUR HIDROPONIK PADA GREENHOUSE KENDANGSARI KOTA SURABAYA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus membuktikan keberadaan Greenhouse melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) berdampak bagi masyarakat dengan mengukur tingkat efisiensi biaya produksi budidaya sayur dengan metode hidroponik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif guna mendeskripsikan besaran biaya yang dikeluarkan, produksi yang dapat dihasilkan, pendapatan yang diperoleh dan besaran tingkat efisiensi dalam satu kali masa tanam. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketua dari kelompok binaan greenhouse. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan analisis efisiensi biaya produksi budidaya yang menjelaskan tentang perbandingan ratio antara total pendapatan dengan total biaya yang dikeluarkan selama satu kali masa tanam dengan menggunakan rumus R/C ratio. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa usaha budidaya sayur sudah efisien, hal tersebut dikarenakan pelaku budidaya dapat menekan biaya dan mengelolanya dengan baik sehingga pendapatan yang dihasilkan lebih besar nilainya dibanding dengan total biaya yang dikeluarkan. Total biaya produksi yang dikeluarkan untuk Kangkung sebesar Rp. 370.629, Sawi sebesar Rp. 559.149 dan Pakcoy sebesar Rp. 670.239. Total pendapatan yang diperoleh untuk kangkung sebesar Rp. 658.800, Sawi sebesar Rp. 699.300 dan Pakcoy sebesar Rp. 1.014.300. Maka dari hasil biaya dan pendapatan tersebut di peroleh hasil tingkat efisiensi untuk Kangkung sebesar sebesar 1,77, Sawi sebesar 1,25 dan Pakcoy sebesar 1,51.


Keywords


Pendapatan, Hidroponik, Perkotaan

Full Text:

PDF

References


Anika, N., Putra, E. P. D. (Desember 2020). Analisi Pendapatan Usahatani Sayuran Hidroponik Dengan Sistem Deep Flow Technique (DFT). Jurnal Teknik Pertanian Lampung, Vol. 9 No. 4, h. 396.

Dewi, P., Fariyani, A. (Desember 2018). Pendapatan Usahatani Bayam di Desa Ciareteun Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Agribisnis, Vol.5 No. 2.

Irfan, M., Raja, V. N., Juartini, T. (Juli 2017). Analisis Pendapatan Usahatani Hidroponik Matuari di Kelurahan Paniki Bawah Kota Manado, Vol. 13 No 2, h. 3.

Ismail, M. R., Manginsela, E. P., Kapantow, G. H. (Juli 2020). Analisis Pendapatan Usahatani Hidroponik Matuari di Kelurahan Paniki Bawah Kota Manado. Jurnal Agrirud, Vol 1 No. 2, h. 155

Margi, T., Balkis, S. (Februari 2016). Analisis Pendapatan dan Efisiensi Usahatani Padi Sawah di Desa Kota Bangun Kecamatan Kota Bangun. Vol. 41, No. 1, h. 74.

Nugraha, M. Y. (2019). Analisis Perbandingan Pendapatan Petani Cabai Rawit dalam Penggunaan Pupuk Organik dan Kimia di Desa Alewadeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo. Universitas Negeri Makassar.

Tawakkal, B., Basir, M., Hanafi, A. N. (Desember 2019). Analisis Penentuan Biaya Tetap dan Biaya Variabel Dalam Meningkatkan Laba Pada Outlet The Coffee Bean & Tea Leaf Grand Indonesia Kota Makassar. Jurnal Keuangan dan Pebankan. Vol. 1 No.2, h. 110.

Ula, M., Kusnadi, N. (Maret 2017). Analisis Usaha Budidaya Tambak Bandeng pada Teknologi Tradisional dan Semi Intensif di Kabupaten Karawang. Jurnal Agribisnis, Vol. 7 No. 1, h. 53.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. (2021). Pendataan Produksi Tanaman Sayuran tahun 2017-2019. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/site/pilihdata




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/bvaj.v5i2.5234

Article Metrics

Abstract - 385 PDF - 329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Balance Vocation Accounting Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View BVAJ Stats