PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF KELAS III SDN PONDOK MAKMUR KOTA TANGERANG

Eka Putri Haryani, Hamdah Siti Hamsanah Fitriani, Dilla Fadhillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca intensif pada siswa kelas 3 SDN Pondok Makmur Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk desain statis dua kelompok. Variabel terikat keterampilan membaca intensif dan variabel bebasnya adalah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Pondok Makmur Kota Tangerang. Objek penelitian ini adalah pengaruh strategi DRTA terhadap keterampilan membaca intensif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data. Hasil analisis menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol yaitu 60,63. Rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 61,39. Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelas, maka diperoleh rata-rata postest kelas eksperimen yaitu 75,30 dan kelas kontrol 72,30. Hasil perhitungan uji hipotesis pada data postest fhitung = 2,809 pada taraf signifikansi ɑ = 0,05 memperoleh ttabel = 1,997. thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan strategi DRTA berpengaruh terhadap keterampilan membaca intensif pada siswa kelas 3 SDN Pondok Makmur Kota Tangerang.

 

Kata kunci : strategi DRTA, keterampilan membaca intensif


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: windhana89@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.