Strategi Kehumasan Tim Kampanye Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Tangerang dalam Memenangkan Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilihan Presiden 2014

Lathifa Prima Ghanistyana

Abstract


Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi PR PDI Perjuangan Kota Tangerang dalam memenangkan Jokowi-JK dalam pemilihan presiden 2014 di Kota Tangerang? Tujuan utama penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui jenis strategi PR yang dilakukan oleh PDI Perjuangan Kota Tangerang dalam memenangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilu 2014; (2) mengetahui implementasi strategi PR yang dilakukan oleh PDI Perjuangan Kota Tangerang dalam memenangkan pasangan Joko WidodoJusuf Kalla pada Pemilu 2014; dan (3) untuk mengevaluasi pengimplementasian strategi PR yang dilakukan oleh PDI Perjuangan Kota Tangerang dalam memenangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilu 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, data-data diperoleh melalui observasi partisipatif dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PDI Perjuangan Kota Tangerang telah menerapkan strategi PR yang salah satunya dilakukan dengan membangun hubungan dengan media dan jurnalis sehingga sosialisasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Penerapan strategi tersebut berkontribusi bagi kemenangan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam perolehan suara di Kota Tangerang pada Pemilu 2014.

Kata kunci: Strategi Public Relations, pemilihan presiden, PDI Perjuangan, Joko Widodo-Jusuf Kalla 

 

Formulation of the problem in this study were ( 1 ) How PR strategy PDI Tangerang City in winning Jokowi -JK in the 2014 presidential election in the city of Tangerang ? The main objective to be achieved in this study were ( 1 ) To determine the type of PR strategy PDI Tangerang In Winning Couple Joko Widodo - Jusuf Kalla In the 2014 Presidential Election ; ( 2 ) To investigate the implementation of PR strategy PDI Tangerang In Winning Couple Joko Widodo - Jusuf Kalla In the 2014 Presidential Election ; ( 3 ) To know the results of the evaluation of the implementation of PR strategy PDI Tangerang In Winning Couple Joko Widodo - Jusuf Kalla In the 2014 Presidential Election. This research approach is qualitative and descriptive. In this study, they were the subject of research is informants ( key figure ). Subjects of this study were divided into two principal components, which consist of internal public and external public ie the Chairman of the PDI -P Tangerang City, Party cadres, observers and journalists. The object of this study is the behavior, activities and opinion of the Public Relations Team PDI struggle Tangerang. This study used data collection techniques with interviews, participant observation, and triangulation of data. The results of this study showed, PR PDI PerjuanganTangerang City has implemented a strategy, and the type of strategy and establish a good relationship with the media, journalists, so socialization goes well. As well as the evaluation associated with the party strategy. Victory Jokowi - JK in Tangerang as a result of the passage of communication and types of strategies appropriate to the characteristics of the city of Tangerang.

Keywords: Public Relations Strategy , Presidential Election, PDI Perjuangan, Joko Widodo-Jusuf Kalla


Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik : Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers

Creswell, J. W. 1994. Research Design Qualitative and Quantitative Approach. Thousand Oalls. CA. Sage

Cultip, Scoot. M dan Center, Allen H. dan Brown, Glen H. 1985. Effective Public Relations. USA: Prentice-Hall Inc.

Firmanzah, 2007. Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

________________. 2006. Effective Public Relations. Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Kencana Penada Media Grup.

Glueck, William F dan Jouch, Laurence R. 1989. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga

Greener, Toni. 2002. Public Relations Dan Pembentukan Citranya. Cetakan Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.

Guba, E.G. & Lincoln, Y. S. 1994. Competing Paradigms In Qualitative Research. In.N.K. Denzin & YS. Lincoln (Eds). Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks, CA: Sage

Hasan, Erlena. 2005. Komunikasi Pemerintahan. Bandung. Refika Aditama

Imawan, Riswanda. 1995. Membedah Politik Orde Baru. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Jefkins, Frank. 1992. Public Relations. Edisi Kesatu. Jakarta: Penerbit Erlangga

________________. 2003. Public Relations. Edisi Kelima. Direvisi Oleh Daniel Yadin. Jakarta: Penerbit Erlangga.

________________. 2004. Public Relations. Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kasali Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Cetakan I. Jakarta: Pusataka Utama Grafiti.

________________. 2000. Manajemen Public Relations. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Cetakan III. Jakarta: Pusataka Utama Grafitti.

________________. 2003. Manajemen Public Relations. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Cetakan IV. Jakarta: Penerbit Pusataka Utama Grafitti.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana Penada Media Grup.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya

________________. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya Nimmo, Dan. 1993. Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya

Oliver, Sandra. 2001. Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga

Perloff, Richard M. Political Coomunication: Politics, Pers. and Public in America, New Jersey : Laurence Erblaum Associates, Inc. 1998.

Rakhmat, Jalaluddin. 1993. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. 1998. Seri Manajemen Public Relations I. Jakarta: Ghalia Indonesia

________________. 1999. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

________________. 2000. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

________________. 2006. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang. 1986. Analisa Serta Perumusan Kebijaksanaan Dan Strategi Organisasi. Jakarta: Gunung Agung

Soemirat Soleh, Ardianto, Elvinaro. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan Ketiga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

________________. 2004. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan Keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 2006. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Penerbit LP3ES.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitattif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, HB. 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press.

Wasesa, Silih Agung. 2005. Strategi Public Relations: Bagaimana Strategi Public Relations Dari 36 Merek Global Dan Lokal Membangun Citra, Mengendalikan Krisis Dan Merebut Hati Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Venus, Antar. 2007. Manajemen Kampanye. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sumber Lainnya

Buku Saku Pelaksanaan Pemilihan Presiden, KPU RI, 2014

Sewindu DPD Republik Indonesia. Jakarta, Sekretariat Jenderal DPD RI, 2012.

Undang-Undang Pilpres No. 8 Tahun 2012

www.kpu.go.id

www.tempo.co




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i1.277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nyimak (Journal of Communication)



Nyimak: Journal of Communication a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Nyimak: Journal of Communication (p-ISSN 2580-3803, e-ISSN 2580-3832)