SELF DISCLOSURE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Anggota Galeri Quote)

Asriyani Sagiyanto, Nina Ardiyanti

Abstract


Self Disclosure yang dilakukan oleh anggota Galeri Quote melalui media sosial Instagram merupakan pengungkapan diri dengan menuliskan isi hati, pikiran dan pengalaman yang dituangkan dalam bentuk quotes. Pernyataan-pernyataan dalam bentuk quotes yang terkadang tidak mampu dibagikan pada dunia nyata. Namun, dalam suatu kelompok tidak semua melakukan kegiatan self disclosure dengan cara yang sama karena setiap individu memiliki kadar wilayah yang sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya, hal ini yang sering menjadi suatu masalah dalam Galeri Quote.Tujuan Penelitian in untuk mengetahui bagaimana konsep Johari Window anggota Galeri Quote melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologis peneltian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan  studi pustaka. Hasil dari penelitian mengenai konsep Johari Window bahwa anggota Galeri Quote masuk ke wilayah terbuka (open area) dimana mereka memperbesar wilayah terbuka dibandingkan dengan wilayah lainnya yang otomatis akan mengecil dengan sendirinya, dengan kata lain mereka lebih nyaman dan terbuka pada saat menulis quotes melalui media sosial Instagram.

Kata Kunci: Self Disclosure, Media Sosial Instagram


Full Text:

PDF

References


Al-Kandari, Ali, Srinivas R. Melkote and Ahmad Sharif. (2016). “Needs and Motives Of Instagram Users that Predict Self-Disclosure Use: A Case Study of Young Adults in Kuwait”. Journal of Creative Communications, 11(2): 85-101.

Arifiani, Septina. (1 Agustus 2014). Duh, Curhat di Media Sosial Justru Bisa Bikin Anda Merasa Lebih Buruk. Diakses dari: http://www.jatengpos.com/2014/08/hasil-penelitian-duh-

curhat-di-media-sosial-justru-bisa-bikin-anda-merasa-lebih-buruk-523202

Arnus, Sri Hadijah. (2016). “Self Disclosure di Media Sosial pada Mahasiswa IAIN Kendari (Suatu Kajian Psikologi Komunikasi Pada Pengguna Media Sosial)”. Al-Izzah, 11(2): 1-18.

Atmoko, Dwi Bambang. 2012. Instagram Handbook: Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Ayub, Kanda, Novaria Maulina dan Muhammad Alif. (2017). “Self Disclosure Chef Agus Sasirangan di Media Sosial Instagram”. Meta Communication: Journal of Communication Studies, 1(2): 1-13.

Ayudhya, Fentira. (2017). “Instagram dan Presentasi Diri Mahasiswa (Studi Korelasional Penggunaan Instagram Terhadap Presentasi Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara)”. Flow, 3(5): 1-10.

Ayun, Primada Qurrota. (2015). “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas”. Channel (Jurnal Komunikasi), 3(2): 1-6.

Bazarova, Natalya N. and Yoon Hyung Choi. (2014). “Self-Disclosure in Social Media: Extending the Functional Approach to Disclosure Motivations and Characteristics on Social Network Sites”. Journal of Communication, 64(4): 635-657.

Cangara, Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Devito, Joseph. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Dominick, Joseph R. (1999). “Who Do You Think You Are? Personal Home Pages and Self- Presentation on the World Wide Web”. Journalism & Mass Communication Quarterly, 76(4): 646–658.

Feng, Jinjuan, Jonathan Lazar and Jenny Preece. (2007). “Empathy and Online Interpersonal Trust: A Fragile Relationship”. Behaviour & Information Technology, 23(2): 97-106.

Jongtae Yu, Paul Jen-Hwa & Tsang-Hsiang Cheng. (2015). “Role of Affect in Self-Disclosure on Social Network Websites: A Test of Two Competing Models”. Journal of Management Information Systems, 32(2): 239-277.

Kaplan, Andreas and Michael Haenlein. (2010). “Users of the World, Unite! The Chalanges and Opportunities of Social Media”, Business Horizons, 53(1): 59-68.

Kusyanti, Ari dan One Safitri. (2016). “How Do I Look: Self-Disclosure of Instagram Users in Indonesia”. Journal of Education and Social Sciences, 5(2): 242-247.

Lin, Han, William Tov and Lin Qiu. (2014). “Emotional Disclosure on Social Networking Sites: The Role of Network Structure and Psychological Needs”. Computers in Human Behavior, 41, 342-350.

Mahendra, Bimo. (2017). “Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi)”. Jurnal Visi Komunikasi, 16(1): 151-160.

Mailanto, Arsan. (14 Januari 2016). Pengguna Instagram di Indonesia Terbanyak, Mencapai 89%. Diakses dari: https://techno.okezone.com/read/2016/01/14/207/1288332/pengguna-

instagram-di-indonesia-terbanyak-mencapai-89

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Newstrom, John W. and Stephen A. Rubenfeld. (1983). “The Johari Window: A Reconceptualization”. Developments in Business Simulation & Experiential Exercises, 10, 117-120.

Pohan, Fionna Almira & Hairul Anwar Dalimunthe. (2017). “Hubungan Inmate Friendship dengan Self-Disclosure pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Media Sosial”. Jurnal Diversita, 3(2): 15-24.

Ridings, Catherine M., David Gefen and Bay Arinze. (2002). “Some Antecedents and Effects of Trust in Virtual Communities”. Journal of Strategic Information Systems, 11(3-4): 271-295.

Salamoon, Daniel Kurniawan. (2013). Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya Di Dunia Maya. Makalah Konferensi. Diakses dari: http://repository.petra.ac.id/16642/

Schau, Hope Jensen and Mary C. Gilly. (2003). “We Are What We Post? Self Presentation in Personal Web Space”. Journal of Consumer Research, 30(3): 385-404.

Sears, David O. (2001). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga. Spiekermann, Sarah [et al.]. (2012). “Online Social Networks: Why We Disclose”. Journal of Information Technology, 25(2): 109-125.

Stutzman, F. (2006) “An Evaluation of Identity-Sharing Behavior in Social Network Communities”. International Digital and Media Arts Journal, 3(1): 10-18.

Williamson, Patricia [et al.]. (2017). “Me, My ‘Selfie’ and I: A Survey of Self-disclosure Motivations on Social Media”. IAFOR Journal of Cultural Studies, 2(2): 71-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nyimak (Journal of Communication)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Nyimak (Journal of Communication) a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Nyimak (Journal of Communication) (p-ISSN 2580-3803, e-ISSN 2580-3832)