Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB : Studi Kasus di Kelurahan Gembor Tahun 2021 Kota Tangerang

Hustna Dara Sarra, Mikrad Mikrad

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di kelurahan Gembor tahun 2021. Agar penelitian ini tidak meluas penulis membatasi variabel yang mempengaruhi yaitu pengetahuan, penghasilan dan kesadaran wajib pajak. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel sebanyak 98 dengan tekhnik probability sampling. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil peneitian terlihat bahwa variabel pengetahuan, penghasilan dan kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di kelurahan Gembor tahun 2021. Hasil Penelitian menunjukkan hubungan antara pengetahuan pajak terhadap Kepatuhan wajib pajak mempunyai tingkat hubungan yang cukup kuat yaitu 0,242, hubungan antara penghasilan terhadap Kepatuhan wajib pajak mempunyai tingkat hubungan yang cukup kuat yaitu 0,224 sedangkan hubungan antara Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan wajib pajak mempunyai tingkat hubungan yang cukup kuat yaitu 0,281. Oleh karena itu semakin baik pengetahuan, penghasilan dan kesadaran warga Gembor maka akan semakin paham dan patuh untuk memenuhi kewajiban pajak yang melekat pada dirinya. Pajak bumi dan bangunan adalah salah satu komponen utama dari pendapatan daerah namun tidak sedikit masyarakat yang tidak melaksanakan kewajibanya untuk membayar pajak bumi dan bangunan. Kendala ini menjadi hambatan secara makro bagi pemerintah daerah untuk memaksimalkan proses pembangunan di berbagai sektor. Hal in terjadi karena masyarakat belum sepenuhnya memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya manfaat membayar pajak.


Keywords


Pengetahuan Wajib Pajak, Penghasilan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib pajak

Full Text:

PDF

References


Desty Febrian, Wenny, And Romadina Permatasari. 2019. “Pengaruh Pengetahuan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.” 2(9):181–91.

Dewi, Ni Kadek Eranita Sukma, I. Putu Gede Diatmika, And I. Nyoman Putra Yasa. 2017. “Pengaruh Penerimaan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (Sppt), Pendapatan Wajib Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) Di Kabupaten Buleleng.” 1(2).

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Universitas Diponegoro, 2016.

Khoiroh, Nadwatul. 2017. “Pengaruh Sanksi, Sosialisasi, Dan Pendapatan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Gandaria.” Skripsi 1–173.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Mumu, Ablessy, Sondakh Jullie, And Suwetja I. Gede. 2020. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan; Sanksi Pajak; Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa.” 15(2):175–84.

Nafiah, Zumrotun, And Warno. 2018. “Pengaruh Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan.” 10(1):86–105.

Nasirin. 2018. “Pengaruh Penghasilan, Kesadaran, Dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) (Studi Kasus Di Dusun Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun Tahun 2015).” 1(4):186–97.

Nurkholik, Muflikhatuz Zahroh. 2020. “Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Pidodowetan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal.” 7(1):18–31.

Nugroho, A, dkk. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Penghasilan (studi kasus pada KPP Semarang Candi), Journal Of Accounting, Volume 2 No.2.

Oktaviani, Hana. 2017. Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Podungge, Sitti Nur’ain. 2020. “Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Bunuo Kabupaten Bone Bolango.” 1:66–78.

Prasetyo.Endra.2019.Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk.

Purwono, Herry. 2010. Dasar-dasar perpajakan dan akuntansi. Semarang: Erlangga.

Resmi, Siti. 2018. Perpajakan Teori dan Kasus 4. Salemba Empat. Jakarta.

Salmah, Siti. 2018. “Pengaruh Pengetahuan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan ( Pbb ).” 1(2):151–86.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharyono. 2019. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kabupaten Bengkalis.” 7:42–47.

Sumarsan, Thomas. 2017. Perpajakan Indonesia: Pedoman Perpajakan Lengkap Berdasarkan Undang-Undang Terbaru (Edisi 5). 5th Ed. Jakarta: Indeks.

Suandy, Erly. 2018. Perencanaan Pajak Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat

Sudarmanto, R. Gunawan. Statistik Terapan Berbasis Komputer Dengan Program IBM SPSS Statistic 26. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019.

Sairi, Muhammad, dkk. 2014. Jurnal Akuntansi: Fakultas Ekonomi, Universitas Jember (UNEJ). Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Sebagai Pajak Daerah Di Kabupaten Probolinggo.

Tuwo, V. 2016. Pengaruh Sikap Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan Di Kelurahan Tara-Tara Kota Tomohon. Universitas Sam Ratulangi, Jurnal EMBA Vol.4 No.1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan TataCaraPerpajakan.2013.Ban dung:Fokusindo Mandiri.

Utomo, B.A, Wahyu. (2011). Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wardani.Asis.2017."Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan WajibPajak PBB".

Yulsiati, Henny. 2015. Analisis Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Di Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Jurnal Akuntanika, No. 1 , Vol. 2, Politeknik Negeri Sriwijaya.

https://pospbb.tangerangkota.go.id/.Ref:2021

http://pbb.tangerangkota.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/bvaj.v6i2.7397

Article Metrics

Abstract - 661 PDF - 572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Balance Vocation Accounting Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View BVAJ Stats