PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE(CSRD), NILAI PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS

Wendy Salim Saputra, Temy Setiawan

Abstract


ABSTRACT
Latar belakang. Salah satu tujuan perusahaan adalah memenuhi kepentingan pemegang saham berupa peningkatan nilai perusahaan. Namun dalam upaya manajemen tersebut, tentunya penting sekali memperhatikan kepentingan sosial dan lingkungan agar tidak bersinggungan. Informasi atas CSRD memberikan signal pada nilai perusahaan.
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris pengaruh CSRD terhadap nilai perusahaan secara langsung dan efek moderasi profitabilitas.
Model penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan dalam industri maufaktur di dalam periode pengamatan 2014-2016. Teknik purposive sampling digunakan untuk menarik sampel. Data yang dianalisis sebanyak 100 data yang bersumber dari laporan tahunan perusahaan. Analisis menggunakan SPSS.
Hasil. Penelitian ini memberikan pembuktian empiris bahwa terdapat pengaruh negative CSRD terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas memberikan pengaruh moderasi.
Kontribusi. Penelitian ini memberikan informasi bahwa CSRD di Indonesia untuk industri manufaktur belum memberikan signal positif bagi nilai perusahaan. Oleh karena itu perlu mengungkapkan CSRD pada laporan tersendiri sehingga informasi yang diungkapkan akan lebih luas yang diharapkan akan meningkatkan nilai perusahaan.
Kata kunci :CSRD, nilai perusahaan, profitabilitas,GRI 4, laporan tahunan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/bvaj.v2i1.963

Article Metrics

Abstract - 1228 PDF - 997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Balance Vocation Accounting Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View BVAJ Stats