PENGARUH TINGKAT PEMENUHAN KEBUTUHAN FISIK DAN AKTUALISASI DIRI PADA KELOMPOK PENDAPATAN TERHADAP PERSEPSI HAND PHONE MEREK CHINA

Taryana Taryana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya berbagai macam kebutuhan manusia yang harus dipenuhi secara bertahap pada kelompok pendapatan tertentu sebagaimana teori yang disampaikan Maslow. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah pada kelompok pendapatan kurang dari lima juta rupiah apakah faktor tingkat terpenuhinya hierarki kebutuhan fisik dan kebutuhan aktualisasi diri berpengaruh terhadap persepsi hand phone merek china dan pada kelompok pendapatan lebih dari sama dengan lima juta rupiah apakah faktor tingkat terpenuhinya hierarki kebutuhan fisik dan kebutuhan aktualisasi diri berpengaruh terhadap persepsi hand phone merek china. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja dan berstatus mahasiswa dilingkungan Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. Dengan pendekatan kuantitatif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pemenuhan kebutuhan fisik dan tingkat pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri terhadap persepsi hand phone merek china pada dua kelompok pedapatan tersebut. Teknik analisis data dengan regresi linear yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa faktor tingkat terpenuhinya hierarki kebutuhan fisik dan tingkat terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri pada kedua kelompok pedapatan tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi hand phone merek china. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti tidak signifikan mempengaruhi variabel dependen. Angka Adjusted R square sebesar 0,023 atau 2,3% pada kelompok pendapatan kurang dari lima juta rupiah dan 0,004 atau 0,44% pada kelompok pendapatan lebih dari lima juta rupiah menunjukkan bahwa variasi persepsi hand phone merek china bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen tersebut.

Kata kunci: Kebutuhan fisik, Kebutuha aktualisasi diri dan Persepsi merek.


Full Text:

PDF

References


Badrudin. 2014. Dasar-Dasar Manajemen, Cetakan Kedua, Alfa Beta Bandung

Iman, Indra dan Siswandi. 2009. Aplikasi Manajemen Perusahaan, Analisis Kasus dan Pemecahanya. Edisi ke-2. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Kadarisman. 2013. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-2. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta

Miftah, Thoha. 2012. Perilaku Organisasi, Edisi 1,22, Rajawali Pers, Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-16. Alfabeta. Bandung.

------------- 2011. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan ke-19. Alfabeta. Bandung.

Suparno, Widodo, E. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Cetakan ke-1, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Peter, Paul dan Olson, Jerry, 2003. Consumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran

Xiao Tong, Jana Hawley,2009. Measuring Customer Based Brand Equity, Empirical Evidence from the Sportswear Market in China. Journal of Product & Brand Management, Vol. 18




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v2i2.1101

Article Metrics

Abstract - 438 PDF - 649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International