PERSEPSI GENERASI MILENIAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI MARKETPLACE - SHOPEE
Abstract
Generasi milenial sebagai konsumen sekaligus pengguna aplikasi marketplace pada saat ini mengalami dinamika. Penelitian ini menggunakan metode asosiasif dengan pendekatan kuantitatif, dimana teknik analisis data deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran atas tanggapan jawaban responden dan sebaran data, sedangkan analisis statistik inferensial untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan uji korelasi Perilaku Konsumen, dan Konsep Layanan Elektronik dengan Keputusan penggunaan aplikasi marketplace memiliki hubungan kuat sekali. Sedangkan kontribusi Perilaku Konsumen, dan Konsep Layanan Elektronik terhadap Keputusan penggunaan aplikasi marketplace sebesar 81,40%, sisanya 18,6% dipengaruhi oleh epsilon, namun mempengaruhi Keputusan penggunaan aplikasi marketplace yaitu diduga oleh variabel Kualitas Informasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan sebagainya. Jika diproyeksikan berdasarkan uji regresi berganda menunjukan bahwa semakin tinggi nilai Perilaku Konsumen dan Konsep Layanan Elektronik secara bersamaan, maka meningkatkan nilai Keputusan penggunaan aplikasi marketplace.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Layanan Elektronik, Keputusan Penggunaan
ABSTRACT:The Milenial generations as customer and user of marketplace application have been disrupt. This study uses an associative method with a quantitative approach where descriptive data analysis techniques are used to describe the responses of respondents' answers,while inferential statistical analysis is for hypothesis testing. Based on the Consumer Behavior correlation test,and Electronic Sales Services with Decision To Use The Marketplace Application have a very strong relationship. While the contribution of Consumer Behavior and Electronic Sales Service Concept to Decision To Use The Marketplace Application is 81.40%, the remaining 18.6% is influenced by epsilon, but affect to Decision To Use The Marketplace Application which is presumed by variables of information quality, product quality,service quality,etc. If this study is projected based on multiple regression tests it shows that, the higher value of Consumer Behavior and Electronic Sales Service Concept simultaneously at a certain value, then it will increase the value of Decision To Use The Marketplace Application at a certain value as well.
Keywords: Consumer Behavior, Electronic Sales Service , Decision to use.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Aneka Cipta
Astini, Rina., dan Yuyus Yustian K. 2020 Pengaruh Product Price, Individual Personality Differences, Environmental Friendliness Pada Keputusan Pembelian MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen. Volume 10, No. 1, Februari 2020 E-ISSN: 2460-5328
Astuti, Dewi., dan Febi Nur Salisah. 2016. Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 2, No. 1, Februari 2016 e-ISSN 2502-8995 p-ISSN 2460-8181
Buchari, R.Ahmad. 2016. Implementasi E-Service Pada Organisasi Publik Di Bidang Pelayanan Publik Di Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Sosiohumaniora. Volume 18 No. 3 Nopember 2016 : 235 – 239
Endi.T, Suharti.E. 2021. Bisnis Digital-Edisi Khusus Smart Strategy, Tangerang, FEB-UMT.
Firdausya, Cantika Puspa., dan Dede Oktini. 2019 Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Manajemen. Volume 5, No. 1, Tahun 2019 ISSN: 2460-6545
Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang, dan Sjendry Loindong. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA. Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 2221 – 2229 ISSN 2303-1174
Ghozali, I. 2016.Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Putra, Tegar Maulidi., Asep M. Ramdan dan Faizal Mulia. 2019. Analisis E-Service Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Website. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting. Volume 1, Nomor 1, Desember 2019 e-ISSN: 2715-2480 p-ISSN: 2715-1913
Rizkiawan. 2020. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kalangan Masyarakat Sangatta. Jurnal Eksis Volume 16 No 1 April 2020 ISSN : 0216-6437
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suharti.E, Endi.T 2020. Fintech, Suatu Keniscayaan Bagi BPR Dalam Menjaga Kestabilan Kinerja Dan Re-PositioningBisnis Di Era Revolusi Industri 4.0 . Tangerang: FEB-UMT
Suharti.E, Ardiasnyah.TE 2020. Dampak Fintech Terhadap Kinerja Keuangan ( Studi Pada BPR Di Propinsi Banten). Jurnal Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) Volume 2 1 Maret 2021 e-ISSN 2714-5603
Yuliyzar, Ismayudin., dan Usman Effendi. 2020. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edu Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v6i2.6711
Article Metrics
Abstract - 872 PDF - 774Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini telah terindeks dalam:
Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Wa: 08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com
Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International