PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA E-COMMERCE SOCIOLLA

Eka Hendra Priyatna, Fauziah Agisty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan e-word of mouth terhadap minat beli ulang pada e-commerce Sociolla. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 8.970 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Variabel e-word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Secara simultan variabel e-service quality dan e-word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Dengan nilai persamaan regresi linier berganda Y = 11,166 + 0,411X1 + 0,313X2 + e. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah e-service quality dan e-word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada e-commerce Sociolla.


Full Text:

PDF

References


Buttle, Francis. (2007). Custumer Relationship Management (Manajemen. Hubungan Pelanggan). Jakarta : Bayumedia

Ghozali, Imam. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

iPrice.co.id. (2022, 26 Maret). Diakses pada 26 Maret 2022, dari https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Jaya, U. A., & Putri, T. C. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Trust terhadap Repurchase Intention. Cakrawala –Repositori IMWI | Volume 4, Nomor 2, Oktober2021, 188-196.

Kusuma, H., & Trihudiyatmanto, M. (2021). Anteseden Minat Beli Online di Marketplace Sociolla. Journal of Economics and Banking Vol. 3 No. 1 April 2021, 1-11.

Luthfiana, N. A., & Hadi, S. P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee). Diponegoro Journal of Social and Politic Tahun 2019, Hal. 1-7, 1-7.

Magdalena, A., & Jaolis, F. (2018). Analisis antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty dalam Konteks E-Commerce Blibli. Jurnal Strategi Pemasaran 5 (2).

Muninggar, D. A., Rahmadini, A., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Business and Entrepreneurship Journal (BEJ) Vol. 3, No. 1, Februari 2022, 30-39.

Prathama, F., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Kemudahan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. AGORA Vol. 7, No. 1, (2019).

Rachbini, W., Anggraeni, D., & Wulanjani, H. (2021). The Influence of Electronic Service Quality and Electronic Word of Mouth (eWOM) toward Repurchase Intention (Study on E-Commerce in Indonesia). Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication Jilid 37(1) 2021: 42-58, 42-58.

Saragih, M. E., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh E-Service Quallity terhadap Minat Beli Ulang Konsumen LinkAja. e-Proceeding of Management: Vol.8, No.1 Februari 2021, 250-255.

Sociolla.com. (2022, 26 Maret). Diakses pada 26 Maret 2022, dari https://www.sociolla.com/

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wuisan, D. S., Candra, D., Tanaya, M. A., Natalia, V., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Website Design Quality dan E-Service Quality terhadap Repurchase Intention Sociolla E-Trust sebagai Variabel Mediasi. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 4/1 (2020), 55-67, 55-67.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7588

Article Metrics

Abstract - 2107 PDF - 1625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International