THE INFLUENCE OF USER SATISFACTION AND CONSUMER BEHAVIOR ON GENERATION Z DIGITAL PAYMENT SYSTEM USERS IN JAKARTA WITH LOYALTY AS MEDIATION

Talia Sarafina Azhar, Indah Saraswati, Robert Kristaung

Abstract


Terdapat banyak perusahaan digital payment yang popular di Indonesia seperti GoPay, M-Banking, OVO, DANA, ShopeePay, dan lain lain. Untuktuk dapat bertahan dalam ketat nya persaingan yang ada, perusahaan harus selalu melakukan inovasi yang focus terhadap konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepuasan pengguna dan perilaku konsumen dengan loyalitas sebagai mediasi terhadap penggunaan pembayaran digital yang dilakukan oleh Generasi Z di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang menggunakan digital payment dalam sistem pembayaran mereka. Tiga hipotesis  diformulasikan dan diuji menggunakan Uji SEM. Hasil pengujian SEM menunjukkan bahwa kepuasan pengguna, perilaku konsumen, dan loyalitas berpengaruh pada penggunaan pembayarn digital yang dilakukan oleh generasi Z di Jakarta.

Full Text:

PDF

References


Dewa, Chriswardana Bayu. 2019. “Pengaruh Kualitas Restoran Terhadap Kepuasan Pelanggan Cengkir Heritage Resto And Coffe.” Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya 10(1). doi: 10.31294/khi.v10i1.5639.

Farida, Mamik Nur, Yoyok Soesatyo, and Tony Seno Aji. 2021. “Influence of Financial Literacy and Use of Financial Technology on Financial Satisfaction through Financial Behavior.” International Journal of Education and Literacy Studies 9(1):86. doi: 10.7575/aiac.ijels.v.9n.1p.86.

Mauludin, M. Soleh, Adnan Dewa Saputra, Anggi Zulfika Sari, and Itatul Munawaroh. 2022. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di E-Commerce.” Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy 1(1):108–23.

Pradiatiningtyas, Diah, Chriswardana Bayu Dewa, Lina Ayu Safitri, and Sri Kiswati. 2020. “The Effect of Satisfaction and Loyalty towards Digital Payment System Users among Generation Z in Yogyakarta Special Region.” Journal of Physics: Conference Series 1641(1). doi: 10.1088/1742-6596/1641/1/012110.

Ramadan, Reem, and Jawdat Aita. 2018. “A Model of Mobile Payment Usage among Arab Consumers.” International Journal of Bank Marketing 36(7):1213–34. doi: 10.1108/IJBM-05-2017-0080.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i4.9695

Article Metrics

Abstract - 577 PDF - 728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International