Analisis Peningkatan Penjualan Ayam Geprek di UMKM Ma’e, Desa Cadasari, Pandeglang, Banten Dengan Menggunakan Metode SWOT

syamsudin syamsudin, Sindy Gefira Rifatunnisa, Siti Fadilah, Tasya Putri Nabila Harahap, Isma Aulia Farozah, Rifki Fauzan Adhiman

Abstract


This study aims to analyze sales improvement strategies for the Ma’e micro, small, and medium enterprise (MSME), which specializes in ayam geprek (smashed fried chicken) and is located in Cadasari Village, Pandeglang Regency, Banten. The approach used in this research is the SWOT method (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), which helps identify internal strengths and weaknesses as well as external opportunities and threats faced by Ma’e. Data were collected through direct observation, interviews with the business owner, and customer questionnaires. Based on the SWOT analysis, the X axis score = 3,75 and the Y value = 8,75 from the score results, the position of the MSME is in quadrant I, then the trading strategy is aggressive. The formulation of strategies that can be applied by MSME Ma'e optimizes potential and increases sales. This study is expected to be a reference in making strategic decisions for similar MSME managers in increasing competitiveness and sales.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Robiatul. (2017). Analisis Kondisi Existing Dan Pengembangan Model Bisnis Dalam Sektor Pariwisata (Studi Kasus Pariwisata Di Kota Wisata Batu).

Angdika, Angelina Natasya, and Bonnie Soeherman. (2019). “Pemodelan Bisnis Untuk Usaha Kecil Mikro Dan Menengah (UMKM) Di Bidang Kuliner Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Pp. 188–92 in Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Vol. 2.

Arini et al. (2018). Efektivitas Inkubator Bisnis Dalam Pelaksanaan Pembinaan Usaha Masyarakat Kecil Menegah.Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal8(1):1–17. doi: https://doi.org/10.31289/jap.v8i1.1575.

Badan Pusat Statistik. (2017). Hasil Pendaftaran (Listing) Usaha/Perusahaan Sensus Ekonomi 2016 Provinsi Jawa Barat. Bandung: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat.

Badan Pusat Statistik. (2019). Hasil Pendataan Usaha/Perusahaan Penyediaan Akomodasi Dan Penyediaan Makan Minum. Jawa Barat: Badan Pusat Statistik.

Cahyono, Puguh. (2016). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada PT. Prudential Cabang Lamongan.JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen)1(2):10-Halaman. doi: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpim.v1i2.28.

Cimahi Techno Park. (2018). Akselerasi; Ajang Menggali Potensi Creativepreneur Masyarakat Kota Cimahi.

David, Fred R. (2006). Manajemen Strategis: Konsep, Edisi 10 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Evelyn, Evelyn. (2018). Analisis Manajemen Strategi Bersaing Dengan Matriks Ie, Matriks SwotDan Matriks Qspm Pada Pt. Xyz.Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan2(4):99–105. doi: 10.24912/jmbk.v2i4.4869.

Herianto, Michael, and Janti Gunawan. (2020). Identifikasi Karakteristik PadaIndustri Restoran Di Surabaya.Jurnal Sains Dan Seni ITS8(2):D310–14. doi: 10.12962/j23373520.v8i2.48350.

Liyanto, Fandy, and Yohanes Dicka Pratama. (2020). Peningkatan Produktivitas Pemasaran Produk UMKM Pempek Acen Dengan Pendekatan Analisis SWOT Dan DMAIC.Jurnal Penelitian Dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI)XIV(2):136–45. doi: 10.22441/pasti.2020.v14i2.004.

Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi. (1987). Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, Dan Telekomunikasi.Jakarta.

Nugraha, et al. (2019). Strategi Pemasaran Seblak Kicimpring Berbasis Offline Dan Online(Studi Kasus Pada UKM Raja Rasa Di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya).Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh6(3):644–56.

Pasaribu, Hidayati Fauziah. (2018). “Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran PadaPT. Arma Anugerah Abadi Medan.

Prastiyo et al. (2018). Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Melalui Analisis SWOT Pada Perusahaan UD. Barokah Ungaran.Journal of Management4(4).

Prayudi, Dicki, and Resti Yulistria. (2020). Penggunaan Matriks SWOT Dan Metode QSPM Pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus Pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi.Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship9(2):224–40. doi: http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516.

Prijanto, Whinarko Juli, and Panji Kusuma Prasetyanto. (2020). Potensi Usaha Kecil Mikro (UKM) Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan)5(1):97–117. doi: 10.31002/rep.v5i1.3177.

Purwidiantoro, et al. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).EKA CIDA1(1).

Raharjo, et al. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran Dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Jakad Media Publishing.

Rangkuti, Freddy.(2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis.

mebis.upnjatim.ac.idISSN: 2599-283XJurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) -Vol. 6, No. 1, Juli 2021, pp. 88-99Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, Slamet. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Madiun.JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi).5(3):159–68. doi: https://doi.org/10.23960/jsp.v1i2.20.

Saputro et al. (2016). Perencanaan Strategi Pemasaran Paket Data Kampus Dalam Persaingan Di Bidang Paket Data Internet (Studi Kasus Pada PT. Telkomsel Cabang Malang).Jurnal Administrasi Bisnis36(1):163–69.

Sari, Santy Permata. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital.Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business3(3):291–300. doi: https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.224.

Sekti et al. (2020). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sentra Industri Gitar Dalam Menghadapi Covid-19.Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif1(1):49–70. doi: 10.22515/literasi.v1i1.3257.

Setyorini, Hany, and Imam Santoso. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT Dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang).Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri5(1):46–53.

Sisowoyo, Sriyono D., and Meutia Sistarani. (2020). Manajemen Teknik (Untuk Praktisi Dan Mahasiswa Teknik). Sleman: CV BUDI UTAMA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sundary et al. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Eksekutif Visualisasi Perencanaan Strategis Umkm Di Kota Cimahi.Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi2(3). doi: https://doi.org/10.28932/jutisi.v2i3.644.

Syamruddin, Syamruddin. (2020). Analisis Kelayakan Usaha Baby Buncis Kenya Kelompok Tani „Baby French Farmer Group‟Dari Aspek IFAS, EFAS, Dan IE.Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora3(1):118–31. doi: https://doi.org/10.33753/madani.v3i1.100.

Untari, Dewi, and Dewi Endah Fajariana. (2018). StrategiPemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik).Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen2(2):271–78. doi: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387.

Wastutiningsih, Sri Peni,and Titis Puspita Dewi. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Era Revolusi Industri 4.0.Journal of Extension and Development1(2):90–96. doi: https://doi.org/10.23960/jsp.v1i2.20.

Yanis et al. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Tempe Kelompok Usaha Kecil Menegah (UKM) Di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.Jurnal Agrica11(2):93–111. doi: https://doi.org/10.31289/agrica.v11i2.1830.

Yeni et al. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada PT. Federal Internasional Finance (FIF) Group Di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan1(1):38–54. doi: https://doi.org/10.31933/jimt.v1i1.34

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (Edisi Revisi). Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. (2008).

Pratama, Aditya, & Sari, Intan. (2022). Strategi Pemasaran dan Promosi untuk UMKM di Era Digital. Jurnal Pemasaran Indonesia, 13(1), 45-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jim.v10i1.14537

Article Metrics

Abstract - 13 PDF - 2

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jim.v10i1.14537.g6398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Abstracted/Indexed On :


Google-Scholar-logo-2015    garuda1   Scilit logo   base logo   dimensions  


Counter Stat: