Semiotic Analysis of the Commodification of Islamic Teachings in Sharia Bank Advertisements in Indonesia

Lazuardi El Ghiffary, Gusti Oka Widana

Abstract


This research aims to analyze the semiotics of the commodification of Islamic teachings in Islamic bank advertising in Indonesia. The research focuses on using C. S. Pierce’s semiotics approach to analyzing and explaining three main aspects: the meaning of Islamic signs in bank advertisements, the commodification of Islamic teachings, and the pattern of commodification of Islamic teachings in advertisements of BCA Syariah, Bank Mega Syariah, BSI, and BTPN Syariah. The research method employed is qualitative research that involves three key informants and three main informants. The data collected is analyzed using triangulated data interpretation to get a deeper sense. His findings  from that research revealed several important points. First, it is clear that the meaning of Islamic signs in Islamic bank advertisements in Indonesia does not clearly depict any Islamic symbols. This raises questions about the authenticity of that commitment of the Islamic bank with Islamic principles in its advertisements. Second, the semiotic analysis shows that the message structure, format, content, and source of the Islamic bank advertisements in Indonesia are inconsistent incorporating signs or symbols that represent Islamic teachings. This suggests that this advertising focuses again on business and marketing aspects more precisely than conveying Islamic values to the public. Third, it identified a pattern of commodification in this study not directly related to Islamic teachings but rather connected to its enhanced dual role of employees in Islamic banking. This suggests that in the process of commodification, factors e.g., labor became again dominant rather than religious values it should be the main focus of the Islamic bank. This research provides a deeper understanding than that of the commodification of Islamic teachings in Islamic bank advertising in Indonesia. These findings could serve as a basis for critiquing the marketing practices of Islamic banks and reconsidering the application of Islamic values in their marketing strategies.

Keywords: C.S. Pierce semiotics, commodification of Islamic teachings, advertising for Islamic banks

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semiotika mengenai komodifikasi ajaran Islam pada iklan bank syariah di Indonesia. Fokus penelitian menggunakan pendekatan semiotika CS Pierce untuk menganalisis dan menjelaskan tiga aspek utama, yaitu makna tanda syariah pada iklan bank, komodifikasi ajaran Islam, dan pola komodifikasi ajaran Islam pada iklan BCA Syariah, Bank Mega Syariah, BSI, dan BTPN Syariah. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan melibatkan tiga informan kunci dan tiga informan utama. Data yang dikumpulkan dijelaskan menggunakan interpretasi data triangulasi untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama, pemaknaan tanda syariah pada iklan bank syariah di Indonesia terbukti tidak ada tanda syariah yang ditampilkan dengan jelas. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai keaslian komitmen bank-bank syariah terhadap prinsip-prinsip Islam dalam iklan mereka. Kedua, analisis semiotika menunjukkan bahwa struktur pesan, format pesan, isi pesan, dan sumber pesan pada iklan bank syariah di Indonesia tidak memuat tanda atau simbol yang secara konsisten menggambarkan ajaran Islam. Hal ini mengindikasikan bahwa iklan-iklan tersebut lebih fokus pada aspek bisnis dan pemasaran daripada menyampaikan nilai-nilai Islam pada masyarakat. Ketiga, pola komodifikasi yang ditemukan dalam penelitian ini bukan terkait dengan ajaran Islam, melainkan terkait dengan peningkatan peran ganda karyawan perbankan syariah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses komodifikasi, faktor-faktor seperti tenaga kerja menjadi lebih dominan daripada nilai-nilai agama yang seharusnya menjadi fokus utama bank syariah. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang komodifikasi ajaran Islam pada iklan bank syariah di Indonesia. Temuan-temuan ini dapat menjadi dasar untuk mengkritisi praktik pemasaran bank syariah dan mempertimbangkan ulang penerapan nilai-nilai Islam dalam strategi pemasaran mereka.

Kata Kunci: Semiotika C.S. Pierce, komodifikasi ajaran Islam, Iklan bank syariah

Full Text:

PDF

References


Alex, S. (2012). Analisis Teks Media/ : Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2015). Public Relations dalam Perspektif Teori dan Praktik.

Aslinda, C., & Maldo. (2021). Representasi Nilai Islam Pada Iklan Bni Syariah “Hasanah Titik!” (Studi Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau Volume 6 Nomor 1 ISSN: 2303-0194.

Asrofah. (2014). SEMIOTIK MITOS ROLAND BARTHES DALAM ANALISIS IKLAN DI MEDIA MASSA. Sasindo Jurnal Vol 2 No 1 Januari 2014.

Azra, A. (2008, November 11). Komodifikasi Islam. Https://Www.Uinjkt.Ac.Id/Komodifikasi-Islam/.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective.

Boltanski, L., & Chiapello, E. (2015). The new spirit of capitalism.

Byrne, J. (2016). Understanding Communication and Culture: The UK Experience.

Ekasaputra, & Widayatmoko. (2019). Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan TerhadapDaya Tarik Iklan “Udah Waktunya Pake GO-JEK –Vertibokek.

Euis, H. (2014). Repositioning Kultural Dalam Iklan Bank Muammalat Versi Bersama (Kajian Semiotik). Jurnal Komunikologi Volume 11 Nomor 2,September 2014.

Fadli, F. (2018). Pengaruh Pengetahuan Dan Iklan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan Angkatan 2014). Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 1(1), 1. https://doi.org/10.31958/imara.v1i1.986

Fill, C. (2018). Marketing communications: Contexts, strategies, and applications. Harlow, England:

Gustaf; Wijaya, Fakhri; Zakaria, & Rachmah; Ida. (2022). The Responses of Healthcare Professionals and the Media to the Emergency Mobile Restriction Policies on Social Media.

Hafil, M. (2020, June 23). Ajaran Islam Yang Universal Jadi Tantangan Bagi Umatnya. Https://Khazanah.Republika.Co.Id/Berita/Qcdtuj430/Ajaran-Islam-Yang-Universal-Jadi-Tantangan-Bagi-Umatnya.

Haryanto. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Industri Perbankan Syariah di Kota Semarang. Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Hermawan. (2012). Tujuan dan Fungsi Iklan.

Ibrahim, I. S. B. A. A. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi/ : Mengkaji Media dan Budaya dalam dinamika Globalisasi, Edisi Pertama. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jefkins, F. (2003). Public Relations Edisi kelima. Gelora Aksara Pratama.

Kamili, A. R. (2022). The impact of social media marketing on consumer buying behaviour with special reference to the real estate industry in India. Journal of Marketing Management and Consumer Behavior, 2(1), 1-12.

Kho, B. (2023, February 14). Pengertian Periklanan (Advertising) dan Jenis-jenisnya. Https://Ilmumanajemenindustri.Com/Pengertian-Periklanan-Advertising-Dan-Jenis-Jenisnya/.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Upper Saddle River.

Kuntowijoyo. (1998). Paradigma Islam/ : Interpretasi untuk aksi cet III. Mizan.

Madirova, M., & Zambroc, O. (2016). The impact of social media advertising on consumer buying behaviour. Journal of Competitiveness, 8(4), 95-110.

McKercher, B. (2012). Tourism and hospitality marketing: A global perspective.

Noth, W. (2006). Handbook of Semiotics.,. IN: Indiana University Press.

Noth, W. (2016). Handbook of Semiotics. Bloomington.

Noviani, R. (2022). Media Relations dalam Komunikasi Bisnis.

Onero. (2023, August 11). Struktur Iklan yang Tepat untuk Optimalkan Keuntungan. Https://Onero.Id/Insight/Detail/Struktur-Iklan-Yang-Tepat-Untuk-Optimalkan-Keuntungan/.

Pratama, C. D., & Gischa, S. (2020, November 16). Bank Syariah: Definisi, Prinsip, dan Fungsinya Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bank Syariah: Definisi, Prinsip, dan Fungsinya”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/16/121350769/bank-syariah-definisi-prinsip-dan-fungsinya. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6. Https://Www.Kompas.Com/Skola/Read/2020/11/16/121350769/Bank-Syariah-Definisi-Prinsip-Dan-Fungsinya.

Putri, V. K. M., & Gischa, S. (2020, November 16). Pengertian Komodifikasi dan Contohnya Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengertian Komodifikasi dan Contohnya”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/28/120000569/pengertian-komodifikasi-dan-contohnya. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6. Https://Www.Kompas.Com/Skola/Read/2020/11/16/121350769/Bank-Syariah-Definisi-Prinsip-Dan-Fungsinya.

Rachmawati, A., & Oka Widana, G. (2019). PENGARUH CONSUMER KNOWLEDGE, BRAND IMAGE, RELIGIUSITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH. In Jurnal Liquidity (Vol. 8, Issue 2).

Said, H. S., Khotimah, C., Ardiansyah, D., Khadrinur, H., & Putri, M. I. (2022). Teori agensi/ : Teori agensi dalam perspektif akuntansi syariah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(5). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Saudi, Y. (2018). Media dan Komodifikasi Dakwah. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 37. https://doi.org/10.31764/jail.v2i1.537

Seni, L. (2019). Konsep Ajaran Agama Islam.

Setiawan, H., & Suryawati, C. (2021). The influence of emotional factors on employee loyalty in the banking industry: Evidence from Indonesia. Journal of Management Development, 40(1), 1-13.

Sobur, A. (2004). Alex Sobur, Analisis Teks Media, (Bandu ng: PT Remaja Rosdakarya, 2004), hal. 95-96. 14. 14–39.

Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing.

Suyanto. (2014). Jenis Iklan.

Syariah, K. (2021). Analisis semiotika mengenai komodifikasi ajaran islam pada iklan bank syariah di indonesia.

Triandjojo, I. (2008). Semiotika Iklan Mobil Di Media Cetak Indonesia. 43–45.

Walisyah. (2019a). Pengaruh Bauran Pemasaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal pada Konsumen Muslim di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 73-80.

Walisyah, T. (2019b). PESAN ISLAM DALAM IKLAN.

Waninger, S. (2015). How to Create Strong Brand Positioning in Your Market. Branding Strategy Insider. Retrieved from [Https://Www.Brandingstrategyinsider.Com/2015/01/Strong-Brand-Positioning-in-Your-Market.Html#.YOlzJulKhPY —!](Https://Www.Brandingstrategyinsider.Com/2015/01/Strong-Brand-Positioning-in-Your-Market.Html#.YOlzJulKhPY.

Widana, G. O., Wiryono, S. K., Purwanegara, M. S., & Toha, M. (2020). Measuring Islamic Business Ethics Within Indonesia Islamic Banks. www.gjat.my

Wulandari, S. F., & Rakhmawati, Y. (2019). Komodifikasi Halal Pada Iklan (Semiotik Charles Sanders Pierce Terhadap Iklan “Freshcare” Minyak Angin Aromatherapy). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, Vol.12(No. 1, p-ISSN: 1978-7413, e-ISSN: 2479-8146), 73–85. https://journal.ubm.ac.id/index.php/semiotika/article/view/1544

Yunus, F. M. (2014). KONFLIK AGAMA DI INDONESIA PROBLEM DAN SOLUSI PEMECAHANNYA. Substantia, Volume 16 Nomor 2, Okotber 2014.

Yuswohady. (2014). Teori dan Praktik Public Relations.

Zaimar. (2018). Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Fanta di Kota Kendari).. Jurnal. Universitas Haluoleo.

Zaimar, O. K. (2014). Semiotika dalam Analisis Karya Sastra. Komodo Books.

Zoest, A. R. van. (2013). The effects of advertising message involvement on brand attitude accessibility. Journal of Consumer Research, 20(2), 225-236.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v7i2.9014

Article Metrics

Abstract - 196 PDF - 112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats