Implementation of The Total Physical Response Method to Increase Activeness in Learning Arabic for Class IX Students at SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ekperimen dengan pengumpulan datanya menggunakan observasi sebanyak tiga kali pertemuan. Partisipan berjumlah sebanyak 25 siswa di kelas IX SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Total Physical Respon efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa arab siswa kelas IX SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode total physical response efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa arab siswa dengan data berupa aktifitas tertinggi dengan presentase 100% adalah tabel nomor 1 dan 2. Kemudian aktifitas kedua terbaik dengan presentase 83% adalah tabel nomor 3, 5, dan 8, serta aktifitas terendah dengan presentase 66% adalah tabel nomor 4, 6, 7, 9, dan 10. Dapat dilihat juga pada tabel, terlihat peningkatan yang signifikan pada pertemuan pertama dengan skor 60% lalu meningkat pada pertemuan kedua menjadi 75% kemudian pada pertemuan ketiga meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukkan bahwa metode total physical response efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar Bahasa arab siswa kelas IX SMP IT Daarul Rahman Tempuling Indragiri Hilir Riau.
Kata Kunci: Implementasi, Total Physical Respon, Keaktifan Belajar Bahasa Arab.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariska, A. R. (2020). Efektivitas Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab Pada Maharah Qira’Ah Untuk Siswa Madrasah Ibtida’Iyah. International Conference of Students on Arabic Language, 38.
Asrori, Imam & Ahsanuddin, Moh 2015. Media Pembelajaran Bahasa Arab Dari Kartu Sederhana Sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: CV. Bintang Sejahtera.
Asrori, Imam. 2012. Strategi Belajar Bahasa Arab Teori Dan Praktik. Malang: MISYKAT.
Aulia, N., Isnaini, R. L., & Setiyawan, d. A. (2023). The Influence of Total Physical Response (TPR) Method in Mastering Arabic Vocabulary: Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Nimas Aulia, Rohmatun Lukluk Isnaini dan Agung Setiyawan. "The Influence of Total Physical Response (TPR) Method in Mastering Arabic Vocabulary: PengaruhEdulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 8.2.
Dewi, S. A. (2022). Application of the TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) Method to Increase Maharoh Al Kalam of Grade 10 Students at Madrasah Aliyah. Indonesian Journal of Education Methods Development, 2.
E.Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fachrurrozi, Aziz dkk. 2016. Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo.
Hermawan, A. ( 2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Isiami, A. N. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Tebak Kata Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MI Masyarikul Anwar Depok. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan.
Mulyanah, Euis Yanah., Ishak, dan Moh. Iqbal Firdaus. 2018. Penerapan Metode Total
Physical Response dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 4(2) 175-189
Pratama, Fidya Arie., Dwi Mutiara Sarie, dan Rifni Asmilasti. 2019. Total Physical Response pada Pembelajaran Listening. Action Research Journal Indonesia. Vol. 1(2) 13-22
Quartina, Z. (2021). Penerapan Metode Total Physical Response (Tpr) Untuk Meningkatkan Motivas Belajar Peserta Didik Di Kelas XI. Ziah Quartina, "Penerapan Metode Total Physical Response (TLanguage: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra 1.2 , 192.
Rahmawati, I. A. (2019). Penerapan Metode Total Physical Response Dalam Mengajarkan Bahasa Inggris Materi Kosakata di MTsN Sorong. Lisan: Jurnal Bahasa dan Linguistik, 17.
Sariyati, Ice. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 11(1) 38-49
Sudjana, N. (2007). Penilaian Hasi Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v3i2.10964
Article Metrics
Abstract - 68 PDF - 59DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v3i2.10964.g5445
Refbacks
- There are currently no refbacks.