Penggunaan Blended Learning System dengan Model Flip Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus Di MTsS. Sepatan)

Silvi Amalia, Lukmanul Hakim, Ikhlas Ikhlas

Abstract


Blended learning merupakan kombinasi antara pembelajaran offline dan pembelajaran online dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan ketika melaksanakan metode  blended learning adalah model flip classroom, yaitu apa yang biasanya dilakukan di kelas kini dilakukan di rumah dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa, pencapaian hasil belajar serta respon siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab  menggunakan model flip classroom. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode blended learning pada pembelajaran Bahasa Arab. (2). Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode blended learning pembelajaran Bahasa arab pada siswa. Menggunakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus, dalam penelitian ini peneliti terlibat aktif serta turun langsung ke lapangan untuk memahami fenomena dan menjaga kealamian data. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu, analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran Bahasa arab pada siswa terdapat tiga tahapan yaitu tahap perencanaan yang meliputi pembagian siswa dalam dua sesi, menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. Selain itu juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran blended learning. Adapun faktor pendukung tersebut diantaranya adalah 1). kemudahan akses teknologi 2). sumber belajar yang luas 3). kompetensi guru, dan 4). dukungan dari lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (1). jaringan sinyal yang kurang stabil 2). motivasi belajar yang rendah 3). fasilitas belajar online yang terbatas 4). kurangnya dukungan orang tua.


Keywords


Blended Learning, Flipped Classroom, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdulhak,Ishak, dan dermawan Deni.Teknologi pendidikan.(Bandung:PT roda Karya, 2013), 15 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 7, Nomor 1, Juli 2018

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), h. 27

Andi Prastowo, Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: DIVA Press, 2010).

Apriliya Rizkiyah, Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Vol 1 Nomer 1/JKPTB/15, 2015

Bruce Joyce, dkk,. Model of Teaching. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Charles D. Dziuban, Joel L. Hartman, Patsy D. Moskal, 2004. “Blended learning”. Research Bulletin. Vol. 7, No. 1. March, 2004.

Curtis J. Bonk and Charles R. Graham, The Handbook of Blended Learning; Global perspectives, Local Designs, ( San Fransisco: John Wiley & Sons, 2006),h. 18.

Husamah. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Hasil Pustak, 2013), h. 36-37

Ina Magdalena, et al., Desain Instruksional SD Teori dan Praktik (Sukabumi: CV Jejak anggota IKAPI, 2021).

Isnawatul Bararah, Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Mudarrrisuna Vol.7 No.1 Januari-Juni 2017,h. 139

Izuddin syarif, “model blanded learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK.” Jurnal Pendidikan vokasi, Vol 2, Nomor 2, Juni 2012.

Jejen Musfah, Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta:Kencana (2012).

John Watson, Blended Learning: The Convergence of Online and Face to Face

education,http://www.inacol.org/recearsch/promisingpractices/NACOL_PP-BlendedLearning-lr.pdf (akses 23 Februari 2018).

Kaye Thorne, Blended Learning How to Integrate Online and Traditional Learning. United States: Kogan Page, 2003.

Marga Adevita dan Widodo. Peran Orang Tua pada Motivasi Belajar Anak dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol.5 No.1 (2021).

Muhammad Taufik Hidayat. “ Pengembangan Pembelajaran Blended Learning dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tradisi lisan Ace,” Jurnal mimbar Imlu, Vol.25 No. 3, 2020.

Nurlaila. Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru, Jurnal Ilmiah Sustainable.

Revania Putri Utami, “Pengaruh penggunaan e-learning dengan schoology materi gravitasi newton terhadap hasil belajart siswa,” Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 5 No 2 2017.

Rudi Susilana, (Koord.tim). Kurikiulum dan Pembelajaran. (Bandung: Jurusan

Kurtekpend FIP UPI.2006).

Rusman, Kurniawan D., & Riyana C.. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012).

Salamah, Pengembangan Model-model Pembelajaran Alternatif Bagi Pendidikan Islam (Suatu Alternatif Solusi Permasalahan Pembeljaaran Agama Islam) (FIKRAH, Vol 5, No. 1, Januari-Juni 2006).

Sentot Kusairi, “Seminar Nasional 2011_Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Universitas Negeri Malang,” http://www.scribd.com /doc/73445704/Implementasi-Blneded-Learning-Dalam-Pembelajaran.pdf (akses 23 Februari 2018)

Siti Istiningsih dan Hasbullah, “BLENDED LEARNING, TREND STRATEGI PEMBELAJARAN MASA DEPAN” Jurnal Elemen Vol. 1 No. 1, Januari 2015

Solehudin. Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran Siswa (http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/195701011980021- O._SOLEHUDIN/Media_Pembelajaran.pdf)

Subhan Adi Santoso dan M. Chotibuddin. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi.

Sugiyono,Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta,2008).

Susanti. Pembelajaran Berbasis Motivas. Digital Publishing. 2014, h.8-9

Monika & Adman (2017)

Sutopo, H. Ariesto. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.

(Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012).

Taofan Ali Achmadi, Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Permesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015), Senin, 15 Januari 2018.

Uduin Saripuddin W dan Sukamto, Teori-teori Belajar dan Model-model Pembelajaran PAU Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional. (Jakarta: Ditjen DIKTI. 1996).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i1.7845

Article Metrics

Abstract - 536 PDF - 354

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i1.7845.g3958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.