DIGITAL MARKETING AND PRODUCT QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION

Eko Narto, Usnul Hotimah

Abstract


This research aims to analyze the influence of digital marketing (X1) and product quality (X2) on customer satisfaction (Y) in the study of Tuh coffee shop consumers. This research is quantitative research and survey research. The sample taken in this research was 96 respondents. Data was obtained from distributing questionnaires. Primary data processing uses MS.Excel and Statistical Package For Social Science (SPSS) version 26 as evaluation. Meanwhile, the data analysis used in this research includes: descriptive statistical analysis, validity test, classical assumption test, linear regression analysis, correlation analysis, coefficient of determination test and hypothesis test. The results of this research show that the variables Digital Marketing (X1) and Product Quality (X2) simultaneously have a positive and significant effect on Customer Satisfaction (Y) as indicated by the Fcount>Ftable value, which is 8,382 > 2.70 with a significant value of 0.000 <0.05 .


Full Text:

PDF

References


Achmad Fadjri, , Parlagutan Silitonga. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Digital Marketing terhadap Kepusan Pelanggan.

al, N. P. (Januari 2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasaan Konsumen Batrisya Herbal. : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi.

Andri at. al. (2017). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dadang . (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Dunkin Donuts, Erni et. al (2017). Pengantar Manajemen, edisi 1. Jakarta: Kencana.

Fandy Tjiptono et. al. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen.

Firmansyah, et. al (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Penertbit Deepublish.

Gary, K. P. (2012). Dasar-dasar pemasaran principles of . Jakarta: Prenhallindo.

Gasperz, V. (2005). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen.

George R. et. al. (2017). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Akasara.

goel et al. (2015). Digital Marketing dan Kualitas Produk dengan menggunakan sistem online.

Hasibuan, Malayu. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Inkiriwang, Melisa Virjinia, et. al (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Pinky Kitty Shop Tondano.

James Sambara, Hendra Novi Tawas dan Reitty Lily Samadi. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen.

Khotim Fadhli, et. al. (Juli 2021 ). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian.

Kotler & Keller. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Persepsi Harga dan Digital Marketing terhadap Kepuasaan Pelanggan.

Khasanah, Siti Fatimatul, at. al (Desember 2022). Analisis Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Jurnal Interprof, 2.

Langgeng Sri Handayani et. al (2022). Pengaruh kualitas Produk, Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty

Mu'tashim Mush'ab Ihsan et. al. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen.

Manullang et. al . (2018). Pengaruh kualitas Produk, Harga, dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Pangestika. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan.

Panggabean. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Minuman Kopi.

Sanjaya, at. al. (April 2021). Analisis Digital Marketing pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat terhadap Kepuasan Konsumen . Jurnal Visionary (VIS).

Sanusi. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif .

Selvy. (2020). Penagruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Digital Markting terhadap Kepausan Pelanggan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono dan Agus Susanto. (2017). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: Alfabeta.

Susi, Putriani. (2019). Pengaruh Kemudahan Berbelanja dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang di Situs Jual Beli Online Lazada Indonesia.

Vincent Gasperz . (2012). Analisi Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Minuman Kopi.

Yazer Nasdini . (April 2021). Analisis Digital Marketing pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary (VIS).

Yuniar. (2018).Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen .

Ardiansyah, T. E., Setiawan, I. R., & Rahmantika, E. (2020). Analisis Etika Bisnis Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Modern Multi Kemasindo-Tangerang. Dynamic Management Journal, 4(1).

Yuliyzar, I., Rofiq, I. S., & Deliagustianti, D. (2021). PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS APLIKASI SMARTPHONE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI AGEN PT. JALUR NUGRAHA EKAKURIR SILIWANGI PASAR KEMIS. Dynamic Management Journal, 5(2), 1-8.

Dara, N., & Purnaningsih, N. (2018). Pengaruh Kualitas produk dan Penetapan Harga Pakaian Batik terhadap Minat Beli Pelanggan Pasar Tanah Abang. Dynamic Management Journal, 2(1).

Kusdianto, K., & Priyatna, E. H. (2020). KONTRIBUSI KUALITAS PELAYANAN DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Pada Auto 2000, Pasar Kemis). Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 137-148.

Rauf, A., & Apriyanti, M. D. (2022). LOYALITAS PELANGGAN: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 106-115.

Yuliyzar, I., Rauf, A., & Widiyasari, W. (2020). KONTRIBUSI KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUPASAN PELANGGAN PT. MITRA BANGUN CEMERLANG. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 11-25.

Sumarga, H. E., Febrianto, H. G., & Maulana, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Di Djadjan Koffie. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 84-97.

Sumarga, H. E., Febrianto, H. G., & Fitriana, A. I. (2022, July). Keputusan pembelian produk umkm kuliner di kota Tangerang: digital marketing dan influencer. In Forum Ekonomi (Vol. 24, No. 3, pp. 537-546)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/digibis.v2i2.10586

Article Metrics

Abstract - 87 PDF - 58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Redaksi Digital Business Journal (BISDIG), Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: DigibisUMT@gmail.com

Digital Business Journal (DIGIBIS) is licensed under CC BY 4.0