THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND EMOTIONAL DESIRE ON PURCHASE DECISIONS IN TOKOPEDIA APPLICATION USERS IN THE TANGERANG REGION

Eka Hendra Priyatna, Rabitha Fazira, Bambang Dwi Chandra, Vicky Ferdian Adi Wibowo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Brand Image (X1) dan Emotional Desire(X2) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Wilayah Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sample yang diambil dalam penelitian ini adalah 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Pengelolaan data primer menggunakan MS.Exel dan Statistical Package For Social Science (SPSS.27) sebagai evaluasinya, sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis t, dan uji hipotesis F. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil uji F, nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dan Fhitung lebih besar dari Ftabel (168,792>3,094). Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Brand Image (X1) dan Emotional Desire (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y).


Full Text:

PDF

References


Adiwidjaja & Tarigan dalam Annisa (2022) Pengaruh Emotional Marketing Strategy dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Banana Prince Lumajang

Armstrong, Gary, and Philip Kotler. "Marketing: An Introduction." Pearson, 2019.

Atikah, Atik dan Humairoh. 2020. Buku Ajar Metode Statistika untuk penelitian skripsi. Tangerang: FEB Universitas Muhammadiyah Tangerang

Buchari Alma, 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung.

E-BOOK DIGITAL MARKETING Dr. Musnaini, SE., M.M

Firmansyah dan Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Diambil dari: www.google.com/amp/s/serupa.id/manajemen-pengertian-unsur-pokok-tujuan-fungsi/ (28 April 2022)

Goto.company

Hasniaty dan Hendrayani, Eka, et, al. 2023. Manajemen pemasaran (perspektif internet of things). Bandung: Media Sains Indonesia

http://eprints.kwikkiangie.ac.id/3046/3/bab%202.pdf

http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/pengguna-internet-di-dunia-capai-495-miliar-orang-per-januari-2022

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/23/ini-media-sosial-dengan-pengguna-terbanyak-pada-oktober-2022

https://id.wikipedia.org/wiki/Indosat_Ooredoo_Hutchison#:~:text=Indosat%20didirikan%20pada%20tahun%201967,asal%20Amerika%20Serikat%20hingga%201980.

https://majoo.id/solusi/detail/ecommerce-adalah

https://www.coursehero.com/file/69170684/DIGITAL-MARKETINGpdf/

https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Manajemen/8zUzEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

https://www.gotocompany.com/products/tokopedia

https://www.xendit.co/id/blog/inilah-sejarah-perkembangan-e-commerce-di-indonesia/

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (undiknas.ac.id)

Keller, Kevin Lane, and Philip Kotler. "Marketing Management." Pearson, 2016.

Kusnadi, H. Iwan Henri, and S. Sos. "Tingkatan Manajemen Dan Fungsi- Fungsinya." Pengantar Manajemen (Konsep dan Tinjauan Teoretis) 267 (2022)

Menurut nguyen dan Leblanc dalam Rahmadani et, Al (2022:25)

Rahmadani, Suci et, al 2022. Citra Merek (Brand Image) dan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/digibis.v3i1.12345

Article Metrics

Abstract - 450 PDF - 346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Redaksi Digital Business Journal (BISDIG), Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: DigibisUMT@gmail.com

Digital Business Journal (DIGIBIS) is licensed under CC BY 4.0