PENGARUH URGENSI KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANTARA DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS LAYANAN DI PT. IMAJI NOVA CARAKA PADA SITUASI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Booth Pameran di PT. Imaji Nova Caraka (Hanuman Expo) Tangerang pada situasi covid-19, secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dengan sample 50 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Digital Marketing berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian. dan untuk variabel Kualitas Layanan berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan variabel Digital Marketing dan Kualitas Layanan berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel Digital Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 0,924 atau 92,4% yang sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan nilai persamaan regresi berganda keputusan pembelian -5,274 + 0,606 Digital Marketing 0,028 Kualitas Layanan + e.
Full Text:
PDFReferences
Al, Yugi. (2019, Juli 24). Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran, Diakses pada 25 Juni 2021 melalui https://cerdika.com/pengertian-dan-tujuan-manajemen-pemasaran/#Tujuan_Manajemen_Pemasaran
Andhika. (2020, Juni 24). Pengertian dan Manfaat manajemen pemasaran bagi bisnis, Diakses pada 25 Juni 2021 melalui https://ajaib.co.id/pengertian-dan-manfaat-manajemen-pemasaran-bagi-bisnis/
Astina, I Nyoman Gede. 2018. Kualitas Layanan Berbasis Kearifan Lokal Bali. Yogyakarta: Penerbit Andi
Djaali. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Firmansyah, Anang. 2019. Manajemen. Jakarta: Penerbit Qiara Media
Firmansyah, Farid dan Rudie Haryanto. 2019. Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Tangerang: Penerbit Duta Media Publishing
Hermawan, Iwan. 2019. Metedologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Methode. Kuningan: Penerbit Hidayatul Qur’an Kuningan
Hery. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Gramedia Widia Sarana
HS. Didin, dkk. 2020. Digital Marketing Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Baik. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan dan Riset Nyata. Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia
Kholidah, Nur dan Mihammad Arifiyanto. 2020. Faktor – faktor pengambilan keputusan pembelian kosmetik berlabel halal. Pekalongan : NEM
Kiki, S. dan Yoga, S. (Editor). (2020, 3 Juni) Industri MICE Diprediksi Rugi Hingga Rp 7 Triliun Akibat Covid-19. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2020/06/03/095847926/industri-mice-diprediksi-rugi-hingga-rp-7-triliun-akibat-covid-19
Lindawati. Sri, dkk. 2020. Pemasaran Digital. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis
Maesyaroh, Ratu. 2019. Dampak Citra Destinasi, Kualitas Layanan dan Harapan Wisatawan Wisata Ziarah Banten Lama Terhadap Kepuasan Wisatawan). Jakarta: Penerbit Guepedia
Nainggolan, Nana Triapna. 2020. Perilaku Konsumen di Era Digital. Medan Yayasan Kita Menulis
Prasetio. Adhi, dkk. 2021. Konsep Dasar E-Commers. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis
Rauf, A., Kusdianto, K., & Gustiani, L. P. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAS MERK RELOAS VICTORY (STUDI PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI KOTA TANGERANG). Dynamic Management Journal, 5(1), 88-101.
Riadi, Muchlisin (2018, Desember 22) Aspek, Jenis, Tahapan dan Faktor yang mempengaruhi minat beli, Diakses pada 20 Juli 2021 melalui https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html
Rusli. 2017. Analisis pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan pembelian motor Yamaha di Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Selang, Kamaruddin. 2019. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya. Jakarta: Penerbit Qiara Media
Seo, Studi (2020, Juli 21). Jenis – Jenis Digital Marketing menurut para ahli, Diakses pada 17 Juli 2021 melalui https://www.studiseo.com/jenis-digital-marketing/
Sudaryo, Yoyo. 2020. Digital Marketing dan Fintech di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif da R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sulasno, dkk. 2020. Literatus Journal : Volume 2 No.1. Jakarta: Penerbit PT. Traindo Bangun Negeri
Sumarga, H. E., & Lestari, S. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Advan Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dynamic Management Journal, 3(2).
Sumarga, H. E., Febrianto, H. G., & Maulana, S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI DI DJADJAN KOFFIE. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(2), 84-97.
Ujang, Rusdianto (2016, April 11) Sustainable Marketing, Diakses pada 28 Agustus 2021 melalui http://ujangrusdianto.blogspot.com/2016/04/sustainable-marketing-pemasaran-bikin.html?m=1
Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2022). THE IMPLEMENTATION OF A MANAGEMENT AUDITON HR RECRUITMENT TO ASSESS THE EFFECTIVENESS OF EMPLOYEE PERFORMANCE. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 14(2), 243-251.
Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2023). Determinant of company value: evidence manufacturing Company Indonesia. Calitatea, 24(192), 183-189.
Ariyana, A., Enawar, E., Ramdhani, I. S., & Sulaeman, A. (2020). The application of discovery learning models in learning to write descriptive texts. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 401-412.
Astakoni, I. M. P., Sariani, N. L. P., Yulistiyono, A., Sutaguna, I. N. T., & Utami, N. M. S. (2022). Spiritual Leadership, Workplace Spirituality and Organizational Commitment; Individual Spirituality as Moderating Variable. ITALIENISCH, 12(2), 620-631.
Goestjahjanti, S. F., Novitasari, D., Hutagalung, D., Asbari, M., & Supono, J. (2020). Impact of talent management, authentic leadership and employee engagement on job satisfaction: Evidence from south east asian industries. Journal of Critical Reviews, 7(19), 67-88.
Gunawan, G. G., Wening, N., Supono, J., Rahayu, P., & Purwanto, A. (2021). Successful Managers and Successful Entrepreneurs as Head of Successful Families in Building a Harmonious Family. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 57(9), 4904-4913.
Hidayat, I., Ismail, T., Taqi, M., & Yulianto, A. S. (2022). Investigating In Disclosure Of Carbon Emissions: Influencing The Elements Using Panel Data. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 12(3), 721-732.
Immawati, S. A., & Rauf, A. (2020, March). Building satisfaction and loyalty of student users ojek online through the use of it and quality of service in tangerang city. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 7, p. 072004). IOP Publishing.
Joko Supono, Ngadino Surip, Ahmad Hidayat Sutawidjaya, Lenny Christina Nawangsari. (2020). Model of Commitment for Sustainability Indonesian SME’s Performance: A Literature Review. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 8772-8784. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18715
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.
Ong, F., Purwanto, A., Supono, J., Hasna, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Does Quality Management System ISO 9001: 2015 Influence Company Performance? Anwers from Indonesian Tourism Industries. Test Engineering & Management, 83, 24808-24817.
Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.
Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.
Purwanto, A. (2020). Effect of compensation and organization commitment on tournover intention with work satisfaction as intervening variable in indonesian industries. Sys Rev Pharm, 11(9), 287-298.
Purwanto, A. (2020). The Relationship of Transformational Leadership, Organizational Justice and Organizational Commitment: a Mediation Effect of Job Satisfaction. Journal of Critical Reviews.
Riyadi, S. (2021). Effect of E-Marketing and E-CRM on E-Loyalty: An Empirical Study on Indonesian Manufactures. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 5290-5297.
Setyaningrum, R. P., Kholid, M. N., & Susilo, P. (2023). Sustainable SMEs Performance and Green Competitive Advantage: The Role of Green Creativity, Business Independence and Green IT Empowerment. Sustainability, 15(15), 12096.
Subargus, A., Wening, N., Supono, J., & Purwanto, A. (2021). Coping Mechanism of Employee with Anxiety Levels in the COVID-19 Pandemic in Yogyakarta. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation.
Suharti, E., & Ardiansyah, T. E. (2020). Fintech Implementation On The Financial Performance Of Rural Credit Banks. Jurnal Akuntansi, 24(2), 234-249.
Sukirwan, S., Muhtadi, D., Saleh, H., & Warsito, W. (2020). PROFILE OF STUDENTS'JUSTIFICATIONS OF MATHEMATICAL ARGUMENTATION. Infinity Journal, 9(2), 197-212.
Surip, N., Sutawijaya, A. H., Nawangsari, L. C., & Supono, J. (2021). Effect of Organizational Commitmenton the Sustainability Firm Performance of Indonesian SMEs. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(2), 6978-6991.
Wamiliana, W., Usman, M., Warsito, W., Warsono, W., & Daoud, J. I. (2020). USING MODIFICATION OF PRIM’S ALGORITHM AND GNU OCTAVE AND TO SOLVE THE MULTIPERIODS INSTALLATION PROBLEM. IIUM Engineering Journal, 21(1), 100-112.
Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis of Social Media Marketing and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 11, 274-284.
Zatira, D., & Suharti, E. (2022). Determinant Of Corporate Social Responsibility And Its Implication Of Financial Performance. Jurnal Akuntansi, 26(2), 342-357.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/digibis.v2i1.7629
Article Metrics
Abstract - 1226 PDF - 572Refbacks
- There are currently no refbacks.
Office:
Redaksi Digital Business Journal (BISDIG), Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Wa: 08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: DigibisUMT@gmail.com
Digital Business Journal (DIGIBIS) is licensed under CC BY 4.0