KEPUTUSAN PEMBELIAN SATE TAICHAN 8 TANGERANG BERDASARKAN DIGITAL MARKETING DAN INFLUENCER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Digital Marketing dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan 8 Tangerang. Sampel penelitian ini adalah pelanggan Sate Taichan 8 Tangerang dari populasi yang tidak diketahui, dengan 97 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitaif. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Digital Marketing (X1) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan tstatistik > ttabel yakni 9,877 > 1,985, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Influencer (X2) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan tstatistik > ttabel yakni 19,569 > 1,985 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan secara simultan variabel Digital Marketing (X1) dan Influencer (X2) berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) yakni Fstatistik > Ftabel sebesar 223,962 > 3,09. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 2,383 + 0,214 X1 + 0,738 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 82,3% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.
Full Text:
PDFReferences
Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amalia, A. C., & Sagita, G. 2019. Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen mulyan Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, sura20(2), 51–59.
Astuti, Miguna dan Agni Rizkita Amanda. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Chaffey, Dave and Fiona Ellis-Chadwick. 2016. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Sixth Edition. United Kingdom: Pearson.
Darmanto dan Sri Wardaya. 2016. Manajemen Pemasaran (Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, Anang dan Mahardhika, Budi W. 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Penertbit Deepublish.
Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. 2018. Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15(1), 133–146.
Hovland, Carl I., Irving K. Janis, and Harold H., Kelley. 1953. Communication and Persuasion. New Haven: Yale University Press.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2018. Principle Of Marketing. 17e Global Edition. Pearson Education Limited, New York.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15e Global Edition. Pearson Education Limited, New York.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga. p125.
Manullang dan Hutabarat. 2016. Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 35–42.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1).
Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Group.
Nurhalimah, S. 2020. Covid-19 dan hak masyarakat atas kesehatan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 543–554.
Pakpahan, A. K. 2020. Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59–64.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tingkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gava Media.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia.
Rengganawati, H., & Taufik, Y. 2020. Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal: Jurnal Komunikasi Universal, 6(1), 28–50.
Ryan, Damian and Calvin Jones. 2009. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging The Digital Generation. United States: Kogan Page Limited.
Safitri, R. D., Heryunita, A., Rozikin, A., Sekolah, P. L., Pendidikan, F. I., Semarang, U. N., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., Semarang, U. N., Sejarah, P., Sosial, F. I., Semarang, U. N., Sosial, F. I., & Semarang, U. N. 2019. Edukasi Dalam Menghadapi Tatanan Normal Baru Melalui Media New Normal Starter Kit Desa.
Saputra, G. W., & Ardani, I. 2020. Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.
Sarinah dan Mardalena. 2017. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Silaen, Sofar. 2018. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.
Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. 2018. Pengaruh kredibilitas influencer terhadap sikap pada merek (studi pada mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi Volume VIII No, 2, 1–9.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sumarga, H. E., & Lestari, S. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Advan Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dynamic Management Journal, 3(2).
Sumarga, H. E., Febrianto, H. G., & Maulana, S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOPI DI DJADJAN KOFFIE. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 8(2), 84-97.
Supranto, J dan Nandan Limakrisna. 2013. Petunjuk Praktis Ilmiah untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Wibowo, Radna Andi. 2019. Manajemen Pemasaran.Semarang: Radna Andi Wibowo.
Wiliana, E., Purnaningsih, N., & Muksin, N. H. 2021. Pengaruh Influencer dan Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan Goreng di Serpong. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 2.
Yuliyzar, Ismayudin dan Usman Effendi. 2020. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edu Pustaka.
Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2022). THE IMPLEMENTATION OF A MANAGEMENT AUDITON HR RECRUITMENT TO ASSESS THE EFFECTIVENESS OF EMPLOYEE PERFORMANCE. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 14(2), 243-251.
Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2023). Determinant of company value: evidence manufacturing Company Indonesia. Calitatea, 24(192), 183-189.
Ariyana, A., Enawar, E., Ramdhani, I. S., & Sulaeman, A. (2020). The application of discovery learning models in learning to write descriptive texts. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 401-412.
Astakoni, I. M. P., Sariani, N. L. P., Yulistiyono, A., Sutaguna, I. N. T., & Utami, N. M. S. (2022). Spiritual Leadership, Workplace Spirituality and Organizational Commitment; Individual Spirituality as Moderating Variable. ITALIENISCH, 12(2), 620-631.
Goestjahjanti, S. F., Novitasari, D., Hutagalung, D., Asbari, M., & Supono, J. (2020). Impact of talent management, authentic leadership and employee engagement on job satisfaction: Evidence from south east asian industries. Journal of Critical Reviews, 7(19), 67-88.
Gunawan, G. G., Wening, N., Supono, J., Rahayu, P., & Purwanto, A. (2021). Successful Managers and Successful Entrepreneurs as Head of Successful Families in Building a Harmonious Family. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 57(9), 4904-4913.
Hidayat, I., Ismail, T., Taqi, M., & Yulianto, A. S. (2022). Investigating In Disclosure Of Carbon Emissions: Influencing The Elements Using Panel Data. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 12(3), 721-732.
Immawati, S. A., & Rauf, A. (2020, March). Building satisfaction and loyalty of student users ojek online through the use of it and quality of service in tangerang city. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 7, p. 072004). IOP Publishing.
Joko Supono, Ngadino Surip, Ahmad Hidayat Sutawidjaya, Lenny Christina Nawangsari. (2020). Model of Commitment for Sustainability Indonesian SME’s Performance: A Literature Review. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 8772-8784. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18715
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.
Ong, F., Purwanto, A., Supono, J., Hasna, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Does Quality Management System ISO 9001: 2015 Influence Company Performance? Anwers from Indonesian Tourism Industries. Test Engineering & Management, 83, 24808-24817.
Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.
Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.
Purwanto, A. (2020). Effect of compensation and organization commitment on tournover intention with work satisfaction as intervening variable in indonesian industries. Sys Rev Pharm, 11(9), 287-298.
Purwanto, A. (2020). The Relationship of Transformational Leadership, Organizational Justice and Organizational Commitment: a Mediation Effect of Job Satisfaction. Journal of Critical Reviews.
Riyadi, S. (2021). Effect of E-Marketing and E-CRM on E-Loyalty: An Empirical Study on Indonesian Manufactures. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 5290-5297.
Setyaningrum, R. P., Kholid, M. N., & Susilo, P. (2023). Sustainable SMEs Performance and Green Competitive Advantage: The Role of Green Creativity, Business Independence and Green IT Empowerment. Sustainability, 15(15), 12096.
Subargus, A., Wening, N., Supono, J., & Purwanto, A. (2021). Coping Mechanism of Employee with Anxiety Levels in the COVID-19 Pandemic in Yogyakarta. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation.
Suharti, E., & Ardiansyah, T. E. (2020). Fintech Implementation On The Financial Performance Of Rural Credit Banks. Jurnal Akuntansi, 24(2), 234-249.
Sukirwan, S., Muhtadi, D., Saleh, H., & Warsito, W. (2020). PROFILE OF STUDENTS'JUSTIFICATIONS OF MATHEMATICAL ARGUMENTATION. Infinity Journal, 9(2), 197-212.
Surip, N., Sutawijaya, A. H., Nawangsari, L. C., & Supono, J. (2021). Effect of Organizational Commitmenton the Sustainability Firm Performance of Indonesian SMEs. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(2), 6978-6991.
Wamiliana, W., Usman, M., Warsito, W., Warsono, W., & Daoud, J. I. (2020). USING MODIFICATION OF PRIM’S ALGORITHM AND GNU OCTAVE AND TO SOLVE THE MULTIPERIODS INSTALLATION PROBLEM. IIUM Engineering Journal, 21(1), 100-112.
Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis of Social Media Marketing and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 11, 274-284.
Zatira, D., & Suharti, E. (2022). Determinant Of Corporate Social Responsibility And Its Implication Of Financial Performance. Jurnal Akuntansi, 26(2), 342-357.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/digibis.v2i1.7631
Article Metrics
Abstract - 1233 PDF - 833Refbacks
- There are currently no refbacks.
Office:
Redaksi Digital Business Journal (BISDIG), Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Wa: 08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: DigibisUMT@gmail.com
Digital Business Journal (DIGIBIS) is licensed under CC BY 4.0