MINAT MENGGUNAKAN FINTECH DENGAN KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN

Syaefullah Syaefullah, Wawan Setiawan, Siska Maryatih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan Fintech Akulaku pada masyarakat kecamatan kresek. Penelitian ini menggunakan pendekan kuantitaif populasi dan penelitian ini adalah masyarakat kecamatan kresek yang menggunakan aplikasi akulaku yang jumlahnya tidak di ketahui dengan pasti. rumus yang di gunakan dalam menentukan jumlah responden menggunakan rumus lemeslow dan sebanyak 96 responden. untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi kemudahan minat menggunakan fintech Akulaku secara parsial maupun simultan. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa terdapat nilai parsial yang positif dan signifikan dari kepercayaan terhadap minat menngunakan dengan t hitung (4,179,>1,661) dengan siginifikansi (0,000 < 0,05) dan persepsi kemudahan memiliki nilai yang positif dan signifikan terhadap minat menggunakan dengan t hitung (6,221 > 1.661) dengan nilai signifikansi (0,000<0,05). Hasil dari t parsial kepercayaan dan Persepsi kemudahan menujukan berpengaruh positif. Hasil secara simultan menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan dengan hasil uji F sebesar 198,294. Hasil analisis ini menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi kemudahan secara bersama-sama berpengaruh positif dan sinifikan terhadap minat menggunakan fintech akulaku.  Dengan nilai persamaan regresi berganda yang di peroleh dengan nilai Y = 1,532 + 0,376 X1+0.574 X2.  Dengan ilai koefisien determinasi sebesar 80,6%


Full Text:

PDF

References


Anwar, N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen Terhadap Minat Menggunakan. jurnal manajemen Agustus , 46-57.

Effendi, Y. I. (2020). Mananjemen Pemasaran. jakarta timur: Edu Pustaka.

erna, n. s. (2020). dasar-dasar ilmu manajemen. yogyakarta.

jugianto, P. (2017). sistem informasi keperilakuan. yogyakarta: Andi.

nurlela anwar, a. a. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap. Jurnal Manajemen Agustus 2016,Vol.9, No.1, 46-57.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, daN R&D. Bandung: Cv.Alfabeta.

Rahadi, D. R. (2020). Persepsi Dan Pengambilan Keputusan Milenial Terhadap Instumen. Persepsi Dan Pengambilan Keputusan Milenial Terhadap Instumen, 164-17.

sari, f. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektifitas dan Resiko Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO Studi pada Mahasiswa Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa. Vol.7/No1, januari 2021, 36-43.

sudarwanto, N. D. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Menggunakan E- WALLET Pada Aplikasi DANA di Surabaya. volume 8 No 3 Tahun 2020, 1006-1012.

suharti, N. a. (2017). Analisi Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan,Persepsi resiko. Nuri Apriani & Suharti / Jurnal Manajemen Dewantara 1 (1), 21-34.

suyanto, t. a. (2019).Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Fintech dengan Menggunakan Pada UMKM dengan Menggunakan Teknologi Acceptance Mode(TAM). Jurnal Akutansi & Manajemen Akmeika vol. 16 No 1 Tahun 2019, 175-186.

yousua, a. a. (2017). Pengaruh Persepsi Kumudahan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan. jurnal IJCCS, 1-17.

Rosyid, R. (2021). PERTUMBUHAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP PERKEMBANGAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI INDONESIA. Dynamic Management Journal, 5(1), 53-64.

Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2022). THE IMPLEMENTATION OF A MANAGEMENT AUDITON HR RECRUITMENT TO ASSESS THE EFFECTIVENESS OF EMPLOYEE PERFORMANCE. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 14(2), 243-251.

Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2023). Determinant of company value: evidence manufacturing Company Indonesia. Calitatea, 24(192), 183-189.

Ariyana, A., Enawar, E., Ramdhani, I. S., & Sulaeman, A. (2020). The application of discovery learning models in learning to write descriptive texts. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 401-412.

Astakoni, I. M. P., Sariani, N. L. P., Yulistiyono, A., Sutaguna, I. N. T., & Utami, N. M. S. (2022). Spiritual Leadership, Workplace Spirituality and Organizational Commitment; Individual Spirituality as Moderating Variable. ITALIENISCH, 12(2), 620-631.

Goestjahjanti, S. F., Novitasari, D., Hutagalung, D., Asbari, M., & Supono, J. (2020). Impact of talent management, authentic leadership and employee engagement on job satisfaction: Evidence from south east asian industries. Journal of Critical Reviews, 7(19), 67-88.

Gunawan, G. G., Wening, N., Supono, J., Rahayu, P., & Purwanto, A. (2021). Successful Managers and Successful Entrepreneurs as Head of Successful Families in Building a Harmonious Family. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 57(9), 4904-4913.

Hidayat, I., Ismail, T., Taqi, M., & Yulianto, A. S. (2022). Investigating In Disclosure Of Carbon Emissions: Influencing The Elements Using Panel Data. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 12(3), 721-732.

Immawati, S. A., & Rauf, A. (2020, March). Building satisfaction and loyalty of student users ojek online through the use of it and quality of service in tangerang city. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 7, p. 072004). IOP Publishing.

Joko Supono, Ngadino Surip, Ahmad Hidayat Sutawidjaya, Lenny Christina Nawangsari. (2020). Model of Commitment for Sustainability Indonesian SME’s Performance: A Literature Review. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 8772-8784. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18715

Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.

Ong, F., Purwanto, A., Supono, J., Hasna, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Does Quality Management System ISO 9001: 2015 Influence Company Performance? Anwers from Indonesian Tourism Industries. Test Engineering & Management, 83, 24808-24817.

Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.

Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.

Purwanto, A. (2020). Effect of compensation and organization commitment on tournover intention with work satisfaction as intervening variable in indonesian industries. Sys Rev Pharm, 11(9), 287-298.

Purwanto, A. (2020). The Relationship of Transformational Leadership, Organizational Justice and Organizational Commitment: a Mediation Effect of Job Satisfaction. Journal of Critical Reviews.

Riyadi, S. (2021). Effect of E-Marketing and E-CRM on E-Loyalty: An Empirical Study on Indonesian Manufactures. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 5290-5297.

Setyaningrum, R. P., Kholid, M. N., & Susilo, P. (2023). Sustainable SMEs Performance and Green Competitive Advantage: The Role of Green Creativity, Business Independence and Green IT Empowerment. Sustainability, 15(15), 12096.

Subargus, A., Wening, N., Supono, J., & Purwanto, A. (2021). Coping Mechanism of Employee with Anxiety Levels in the COVID-19 Pandemic in Yogyakarta. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation.

Suharti, E., & Ardiansyah, T. E. (2020). Fintech Implementation On The Financial Performance Of Rural Credit Banks. Jurnal Akuntansi, 24(2), 234-249.

Sukirwan, S., Muhtadi, D., Saleh, H., & Warsito, W. (2020). PROFILE OF STUDENTS'JUSTIFICATIONS OF MATHEMATICAL ARGUMENTATION. Infinity Journal, 9(2), 197-212.

Surip, N., Sutawijaya, A. H., Nawangsari, L. C., & Supono, J. (2021). Effect of Organizational Commitmenton the Sustainability Firm Performance of Indonesian SMEs. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(2), 6978-6991.

Wamiliana, W., Usman, M., Warsito, W., Warsono, W., & Daoud, J. I. (2020). USING MODIFICATION OF PRIM’S ALGORITHM AND GNU OCTAVE AND TO SOLVE THE MULTIPERIODS INSTALLATION PROBLEM. IIUM Engineering Journal, 21(1), 100-112.

Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis of Social Media Marketing and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 11, 274-284.

Zatira, D., & Suharti, E. (2022). Determinant Of Corporate Social Responsibility And Its Implication Of Financial Performance. Jurnal Akuntansi, 26(2), 342-357.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/digibis.v2i1.7632

Article Metrics

Abstract - 535 PDF - 291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Redaksi Digital Business Journal (BISDIG), Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: DigibisUMT@gmail.com

Digital Business Journal (DIGIBIS) is licensed under CC BY 4.0