CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) CLUB

Eka Hendra Priyatna, Ratih Aulia Kamilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Citra Merek (X1) dan Kesadaran Merek (X2) Keputusan Pembelian (Y) pada produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Club. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian survei. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Data di peroleh dari penyebaran kuesioner. Pengolahan data primer menggunakan ms. Excel dan Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 26 sebagai evaluasinya. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif,uji kualitas data, uji asumsi klasik,analisis regresi linear,uji korelasi,uji koefisiensi determinasi dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X1) dan Kesadaran Merek (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) ditunjukan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 131,991 > 3,09 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Abubakar. H. R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 105-114.

Aprilianti, A. A., & Priansa, D. J. (2018). Pengaruh E-marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Jasa Pt Fres Indonesia Wisata. eProceedings of Applied Science, 4(3).

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Arikunto. S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bashira, B. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matic. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 34-42.

Bellani, P., Lusiah, L., & Saputra, A. (2022). Pengaruh Layanan Pelanggan, Kemudahan Pembayaran, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. co. id. PURIBERSAMA: Jurnal Publikasi Riset Bersama Dosen dan Mahasiswa, 1(1).

Brestilliani, L., & Suhermin, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(2).

Budi, A., Priyatna, E. H., & Taufik, R. F. A. N. (2022). Pengaruh Pelayanan Sistem Online Dan Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bus Budiman. Dynamic Management Journal, 6(1), 42-54.

Budianto, A., & Yosepha, S. Y. (2019). Pengaruh Citra Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Teh Hijau Dalam Kemasan Siap Minum “Nu Green Tea” Ub Barokah. Jurnal Ilmiah M-Progress, 9(2).

Danuri., & Maisaroh. S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Echdar. S. (2019). Metode Penelitian Manajemen Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang. Jurnal Mirai Management, 7(1), 250-256.

Fatahillah, S. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eiger Adventure Di Kota Makassar. 10, 58-66.

Firmansyah, M. A. (2019). Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Hamdani dkk. 2022. Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Manajemen. FEB UMT. Tangerang

Hartati, S. (2020). Pengaruh Persepsi Risiko, Review Konsumen, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Shopee (Studi Kasus Konsumen Komplek Tni-Ad I Cakung, Jakarta Timur).

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.

Immawati, S. A., & Budi, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB YANG DIPRODUKSI PT. HIJAB ALILA. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 117-136.

Immawati, S. A., & Budi, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB YANG DIPRODUKSI PT. HIJAB ALILA. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 117-136.

Indah, D. R., Afalia, I., & Maulida, Z. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion vaseline (studi kasus pada mahasiswa universitas samudra). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 83-94.

Indofood, (2022). https://www.indofood.com. Diakses pada 05 Januari 2023.

Jayadih, T., Rahmana, A. S., Mustaqim., & Maddinsyah, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Pucuk Harum Di Lottemart Pasar Rebo Jakarta Timur. Humanities, Management and Science, 1(2), 1019-27.

Khoirudin, I. R., & Giyartiningrum, E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Diy. Journal Competency of Business, 5(1), 1-9.

Kotler. P., & Armstrong. G. 2020. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 73-91.

Muchtarom, M. A., Widarko, A., & Slamet, A. R. (2022). Pengaruh Brand Image dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA 2018). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(07).

Perwithasari, R., & Kurniawan, M. (2022). Analisis Sosial Media Instagram Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Bilik Tropical Sepatan. Dynamic Management Journal, 6(2), 160-174.

Putrananda, I. E., & Agustin, S. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Persepsi Kualitas, dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(11).

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25-29.

Rafikasari, E. F., & Fauzy, N. E. N. (2020). Pengaruh Harga, Kemasan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Produk “Le Minerale”. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 266-284.

Rauf, A. (2023). Keputusan Pembelian: E-Promotion Dan Kualitas Layanan. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1-11.

Rauf, A., Kusdianto, K., & Gustiani, L. P. (2021). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk tas merk reloas victory (studi pada pengguna instagram di kota tangerang). Dynamic Management Journal, 5(1), 88-101.

Rinawati, G. A., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare Di Kota Denpasar. EMAS, 2(1).

Saputra, F. E., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2018). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Konsumen Tokopedia Di Kabupaten Bantul). Journal Competency Of Business, 2(1), 40-52.

Sartikawati, I. D., Ali, A., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan,Keunggulan Produk, Gaya Hidup, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Le-Minerale (Studi Kasus pada Malaya Mart dan Ranggon Mart Di Bangkinang Kota. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(4)

Setyawati, K. E., & Farradia, Y. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 3(4).

Sinambela. L. P (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Teoritik dan Praktik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sudaryana. B., & Agusiady. R. H. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,Cv.

Sumarga, H. E., & Lestari, S. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Advan Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang. Dynamic Management Journal, 3(2).

Sumarga, H. E., Febrianto, H. G., & Fitriana, A. I. (2022, July). Keputusan pembelian produk umkm kuliner di kota Tangerang: digital marketing dan influencer. In Forum Ekonomi (Vol. 24, No. 3, pp. 537-546).

Sumarga, H. E., Febrianto, H. G., & Maulana, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Di Djadjan Koffie. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 84-97.

Supangkat, A. S., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sariayu Martha Tilaar di Kota Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 140-149.

Surachman, S. A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Merek Edisi 1. Malang: Bayunedia Publishing.

Sutiyono, R., & Hadibrata, B. (2020). The Effect Of Prices, Brand Images, And After Sales Service Reinforced Bar Steel Products On Consumer Purchasing Decisions Of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 1(6), 947-967.

Theodara, S., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Merek Minuman Le Minerale Terhadap Minat Beli Konsumen Anak Muda Di Wilayah Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 26(2), 110-131.

Top Brand Index Brand Club, (2022).https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2022&type=brand&tbi_find=club. Diakses pada 05 Januari 2023.

Wardhana, A. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. Jawa Barat: Media Sains Indonesia.

Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis of Social Media Marketing and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 11, 274-284.

Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2022). THE IMPLEMENTATION OF A MANAGEMENT AUDITON HR RECRUITMENT TO ASSESS THE EFFECTIVENESS OF EMPLOYEE PERFORMANCE. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 14(2), 243-251.

Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2023). Determinant of company value: evidence manufacturing Company Indonesia. Calitatea, 24(192), 183-189.

Ariyana, A., Enawar, E., Ramdhani, I. S., & Sulaeman, A. (2020). The application of discovery learning models in learning to write descriptive texts. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 401-412.

Astakoni, I. M. P., Sariani, N. L. P., Yulistiyono, A., Sutaguna, I. N. T., & Utami, N. M. S. (2022). Spiritual Leadership, Workplace Spirituality and Organizational Commitment; Individual Spirituality as Moderating Variable. ITALIENISCH, 12(2), 620-631.

Goestjahjanti, S. F., Novitasari, D., Hutagalung, D., Asbari, M., & Supono, J. (2020). Impact of talent management, authentic leadership and employee engagement on job satisfaction: Evidence from south east asian industries. Journal of Critical Reviews, 7(19), 67-88.

Gunawan, G. G., Wening, N., Supono, J., Rahayu, P., & Purwanto, A. (2021). Successful Managers and Successful Entrepreneurs as Head of Successful Families in Building a Harmonious Family. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 57(9), 4904-4913.

Hidayat, I., Ismail, T., Taqi, M., & Yulianto, A. S. (2022). Investigating In Disclosure Of Carbon Emissions: Influencing The Elements Using Panel Data. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 12(3), 721-732.

Immawati, S. A., & Rauf, A. (2020, March). Building satisfaction and loyalty of student users ojek online through the use of it and quality of service in tangerang city. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 7, p. 072004). IOP Publishing.

Joko Supono, Ngadino Surip, Ahmad Hidayat Sutawidjaya, Lenny Christina Nawangsari. (2020). Model of Commitment for Sustainability Indonesian SME’s Performance: A Literature Review. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 8772-8784. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18715

Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.

Ong, F., Purwanto, A., Supono, J., Hasna, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Does Quality Management System ISO 9001: 2015 Influence Company Performance? Anwers from Indonesian Tourism Industries. Test Engineering & Management, 83, 24808-24817.

Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.

Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.

Purwanto, A. (2020). Effect of compensation and organization commitment on tournover intention with work satisfaction as intervening variable in indonesian industries. Sys Rev Pharm, 11(9), 287-298.

Purwanto, A. (2020). The Relationship of Transformational Leadership, Organizational Justice and Organizational Commitment: a Mediation Effect of Job Satisfaction. Journal of Critical Reviews.

Riyadi, S. (2021). Effect of E-Marketing and E-CRM on E-Loyalty: An Empirical Study on Indonesian Manufactures. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 5290-5297.

Setyaningrum, R. P., Kholid, M. N., & Susilo, P. (2023). Sustainable SMEs Performance and Green Competitive Advantage: The Role of Green Creativity, Business Independence and Green IT Empowerment. Sustainability, 15(15), 12096.

Subargus, A., Wening, N., Supono, J., & Purwanto, A. (2021). Coping Mechanism of Employee with Anxiety Levels in the COVID-19 Pandemic in Yogyakarta. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation.

Suharti, E., & Ardiansyah, T. E. (2020). Fintech Implementation On The Financial Performance Of Rural Credit Banks. Jurnal Akuntansi, 24(2), 234-249.

Sukirwan, S., Muhtadi, D., Saleh, H., & Warsito, W. (2020). PROFILE OF STUDENTS'JUSTIFICATIONS OF MATHEMATICAL ARGUMENTATION. Infinity Journal, 9(2), 197-212.

Surip, N., Sutawijaya, A. H., Nawangsari, L. C., & Supono, J. (2021). Effect of Organizational Commitmenton the Sustainability Firm Performance of Indonesian SMEs. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(2), 6978-6991.

Wamiliana, W., Usman, M., Warsito, W., Warsono, W., & Daoud, J. I. (2020). USING MODIFICATION OF PRIM’S ALGORITHM AND GNU OCTAVE AND TO SOLVE THE MULTIPERIODS INSTALLATION PROBLEM. IIUM Engineering Journal, 21(1), 100-112.

Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis of Social Media Marketing and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 11, 274-284.

Zatira, D., & Suharti, E. (2022). Determinant Of Corporate Social Responsibility And Its Implication Of Financial Performance. Jurnal Akuntansi, 26(2), 342-357.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/digibis.v2i1.9322

Article Metrics

Abstract - 1924 PDF - 1181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Redaksi Digital Business Journal (BISDIG), Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: DigibisUMT@gmail.com

Digital Business Journal (DIGIBIS) is licensed under CC BY 4.0