ANALISIS SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDAI KOPI BILIK TROPICAL SEPATAN

Resy Perwithasari, Muhamad Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sosial Media Instagram dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Bilik Tropical Sepatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 100 responden konsumen Kedai Kopi Bilik Tropical Sepatan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simulta variabel Sosial Media Instagram (X1) dan  Word of Mouth (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y)

Full Text:

PDF

References


Agustini. (2013). Pengelolaan dan unsur-unsur Manajemen, Citra Pustaka, Jakarta

Alma (2017). Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Alma, Buchari (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung Alfabeta.

Amirullah (2015). Pengantar Manajemen, Jakarta: Mitra Wacana Media

Andrew F. Sikula (2018:). Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga Bandung

Arifin J (2018). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta:PT.Elex Media.

Aris Jatrtmika Diyatma (2017).Pengaruh promosi melalui social media Instagram terhadap keputusan pembelian produk saka bistro dan bar. E-Proceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017 | page 175

Assauri (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta Pers

Atmoko (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta Media kita

Bagas Aji Pamungkas dan Siti Zuhroh (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mounth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi, vol.X No. 02:145-160

Bagas Aji Pamungkas dan Siti Zuhroh (2016). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mounth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi, vol.X No. 02:145-160

Bahri (2015). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Semamos. Yogyakarta: DEEPEBLISH

Dyah Setyaningsih, Eka (2017).Pengaruh Kualitas Pelayanan dan word of mouth melalui Minat terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan E-Banking pada Bank BNI. Jurnal Ekonomi Bisnis 22, no.1: 14-25

Enterprise, Jubilee, (2012). Instagram umtuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Fandy, Tjiptono dan Greforius Chandra. (2016).Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta:ANDI

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko (2019). Manajemen Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE. Yogyakarta.

Hasan (2016). The Impact of Pricing on Consumer Behavior in Saudi Arabia: Al-Hassa Case Study. European Journal of Business management, Vol.8 No.12

Hasibuan, Malayu.SP (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Askara

Indika, Deru dan Jovita, Cindy (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan. Vol.01.No.01

Juliansyah Noor (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Kotler dan Keller (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Kotler, P dan Amstrong (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat Jakarta.

La Moriansyah (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Anteccedents dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No3, Desember 2015:187-196.

Mc carthy, Breda(2016).Costumer Behavior and PR, First Edition, ISBN:978-87-403:1232-4

Muhammad Fiyan Afifi dan Dewi Urip Wahyuni (2019). Pengaruh Store atmosphere dan word of mounth terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. E-ISSN:2461-0593

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.3694

Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gava Media

Priyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Siduarjo: Zifatama Publishing.

Rhialdi Pratama Putra dan Widya Sastika (2020). Pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap minat beli pada Café.in Bandung. e-Proceeding of Aplied Science : Vol.6, No.2 Agustus 2020 | page 1411.

Silaen (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, in media Bandung.

Sri Hartini dan Hartelina (2021). Keputusan pembelian Kedai Telaga Kopi dilihat dari Store Atmosphere dan word of mounth. Journal of Economic, Management, Accounting and Tecnology (JEMATech) Vol.5, No.1

Sugiyono (2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta, CV

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v6i2.6905

Article Metrics

Abstract - 940 PDF - 772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention



Office:
Editor of Dynamic Management Journal (DMJ) UMT, Building F, 3rd Floor, Department Management Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Dynamic management journal is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International