Peran Internet dalam Meningkatkan Jumlah Pekerja Lepas di Indonesia

Arif Siaha Widodo

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ikut mendorong perkembangan dalam berbagai bidang, tak terkceuali pada sektor perdagangan dan jasa. Hal ini dapat terlihat dari bermunculannya berbagai ecommerce dan marketplace di Indonesia selama satu dekade terakhir ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran serta kontribusi internet dalam bidang jasa. Penelitian difokuskan kepada pekerja lepas (freelancer) yang tergabung dalam Projects.co.id, marketplace yang mempertemukan pihak pencari jasa dengan para freelancer. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Projects.co.id merupakan medium bagi freelancer di seluruh Indonesia untuk berkomunikasi dengan pemberi kerja; (2) Projects.co.id ikut mengubah persepsi freelancer terkait persepsi mereka sebagai pekerja lepas; (3) Pesatnya perkembangan internet mengubah bagaimana freelancer dan pemberi kerja dalam bertemu dan bertransaksi (cross border transaction) yang sudah tidak lagi terkendala jarak geografis.

Kata Kunci: Internet, marketplace, pekerja lepas

 

Abstract

The rapid development of information and communication technology has contributed to the development in various fields, including the trade and services sector. This can be seen from the emergence of ecommerce and marketplaces in Indonesia over past decade. The study focused on freelancers in Projects.co.id, a marketplace that brings together service seekers with freelancers. Using case study method, the data collection techniques use observation, interviews and literature studies. The results showed that (1) Projects.co.id is a medium for freelancers throughout Indonesia to be able to communicate with employers; (2) The presence of Projects.co.id has change the perception of freelancers regarding their perceptions as freelancers; (3) Rapid development of the internet has also changed how freelancers and employers meet and transact (cross border transactions) which no longer constrained by geographical distance.

 

Keywords: Internet, marketplace, freelancer


Full Text:

PDF

References


Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat dan Problem di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388–395.

Anggrian, W. M., & Sumarlin, A. W. (2016). Pengaruh Komitmen Tenaga Kerja Lepas terhadap Motivasinya dalam Perusahaan Keluarga di Sektor Informal. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(2), 139–153.

Batubara, A. K. (2014). Media Ecology Theory. Jurnal Iqra’, 8(2), 133–146.

Burke, A. (2011). The Entrepreneurship Enabling Role of Freelancers: Theory with Evidence from the Construction Industry. International Review of Entrepreneurship, 9(3), 1–28.

Firmansyah, A. (2017). Kajian Kendala Implementasi E-Commerce di Indonesia. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 8(2), 127–136.

Haryati. (2012). Ekologi Media di Era Konvergensi. Observasi, 10(2), 147–167.

Julisar, & Miranda, E. (2013). Pemakaian E-Commerce untuk Usaha Kecil dan Menengah guna Meningkatkan Daya Saing. ComTech, 4(2), 638–645.

Kazi, A. G., Yusoff, R., Khan, A., & Kazi, S. (2014). The Freelancer: A Conceptual Review. Sains Humanika, 2(3), 1–7.

Kuhn, K. M. (2016). The Rise of the “Gig Economy” and Implications for Understanding Work and Workers. Industrial and Organizational Psychology, 9(1), 157–162.

Lee, Z. W. Y., Chan, T. K. H., Balaji, M. S., & Chong, A. Y.-L. (2018). Why people participate in the sharing economy: An empirical investigation of Uber. Internet Research, 28(3), 829–850. https://doi.org/10.1108/IntR-01-2017-0037

Marler, J. H., Barringer, M. W., & Milkovich, G. T. (2002). Boundaryless and traditional contingent employees: Worlds apart. Journal of Organizational Behavior, 23(4), 425–453.

McLuhan, M. (1994). Understanding Media: The Exstension of Man. Massachusets: MIT Press.

Mustofa. (2018). Pekerja Lepas (Freelancer) dalam Dunia Bisnis. Jurnal Mozaik, 10(1), 19–25.

Nawaz, Z., Zhang, J., Mansoor, R., & Ilmudeen, A. (2019). Gig workers in sharing economy: Conceptualizing Freelancer Value Proposition (FVP) in e-lancing platforms. Advances in Management & Applied Economics, 9, 51–75.

Nuryanti. (2013). Peran E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi, 1(4), 1–15.

Rashid, B. (2016, January 26). The Rise of The Freelancer Economy. Retrieved from https://www.forbes.com/sites/ brianrashid/ 2016/01/26/the-rise-of-the-freelancer-economy/#3d9f07793bdf

Roberts, A., & Zietsma, C. (2018). Working for an App: Organizational Boundaries, Roles, and Meaning of Work in the “On-demand” Economy. In Research in the Sociology of Organizations: Vol. 57. Towards Permeable Boundaries of Organizations? (pp. 195–225). Emerald Publishing Limited.

Setiawan, A. B. (2017). Kebijakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Mendorong Pembentukan Model Bisnis Masa Depan. Jurnal Pekommas, 2(2), 193–204.

Silitonga, D. (2018, June 29). Pengaruh Gig Ekonomi, Freelance, Dan Kerja Kantoran di Masa Depan. Retrieved from https://journal.moselo.com/pengaruh-gig-ekonomi-freelance-dan-kerja-kantoran-di-masa-depan-55ccdbd0ef40

Sribulancer catat Tenaga Pekerja Lepas di Indonesia Meningkat 16% dari Tahun Lalu. (2019, June 19). Retrieved from https://lensautama.com/2019/06/sribulancer-catat-tenaga-pekerja-lepas-di-indonesia-meningkat-16-dari-tahun-lalu/

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. (2003).

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja. (2000).

Utami, S. S. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, (1), 61–67.

West, R., & Turner, L. H. (2007). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. Boston: McGraw Hill.

Yuliana, O. Y. (2000). Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 2, 36–52.

Yulianto, Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet sebagai Media Transaksi E-Commerce dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 25–29.

Yusoff, R. B., Kazi, A. G., Arisar, M. M. K., Jamil, F., & Hishan, S. S. (2016). Role of Integrity in the Success of Freelancing and Entrepreneurship: A Conceptual Review. 6(S4), 250–254.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v3i2.1811

Article Metrics

Abstract - 5975 PDF - 4309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats