Strategi Humas Partai Gerindra dalam Membangun Citra Partai pada Pemilu 2014
Abstract
Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Dalam penelitian ini mereka yang menjadi subjek penelitian merupakan informan (tokoh kunci). Subjek dari penelitian ini dibagi menjadi dua komponen pokok, yang terdiri dari publik internal dan publik ekternal yaitu dari Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Kader Partai, Pengamat dan Wartawan. Objek penelitian ini adalah perilaku, kegiatan dan pendapat Tim Humas Partai Gerindra. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipatif, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Partai Gerindra telah melaksanakan strategi melalui berbagai program kehumasan serta menjalin hubungan media yang baik dengan kalangan wartawan sehingga sosialisasi berjalan dengan baik. Begitu juga dengan evaluasi yang dilakukan terkait dengan strategi partai. Keberhasilan Partai Gerindra dalam mempertahankan citra partai pada PEMILU 2014 sebagai hasil dari berjalannya strategi Humas dan komunikasi dan berbagi jenis program yang tepat sesuai dengan karakteristik masyarakat pemilih atau konstituennya. Kata
Kunci: Strategi Humas, Partai Gerindra, Pemilu 2014
The approach of this research is qualitative and descriptive. In this study those who become the subject of research is an informant (key figure). The subject of this study is divided into two main components, consisting of internal public and external public that is from the Board of the Central Executive Board of Gerindra Party, Party Cadres, Observers and Journalists. The object of this research is the behavior, activities and opinions of Gerindra Party Public Relation Team. In this study used data collection techniques with interviews, participatory observation, and triangulation of data. The results of this study indicate that the Public Relations Gerindra has implemented strategies through various public relations programs and establish good media relations with the reporters so that socialization goes well. So also with the evaluation that is done related to the strategy of the party. The success of Gerindra Party in maintaining the party’s image in Election 2014 as a result of the running of PR strategy and communication and sharing the right type of program according to the characteristics of the voting community or its constituents.
Keywords: PR Strategy, Gerindra Party, Election 2014
Full Text:
PDFReferences
Alfian. Komunikasi Politik dan Sistem Politik Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993.
Arikunto, Suharsimi. Suatu Pendekatan Praktek Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996
Arrianie, Lely. Komunikasi Politik, Politisi, dan Pencitraan di Panggung Politik. Bandung: Widya Padjajaran, 2010.
Asshiddiqie, Jimly. Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia. Jakarta: Konstitusi Pers. 2009.
Blau, Peter M. dan Marshall W. Meyer. Birokrasi dalam Masyarakat Modern. Jakarta: UI Press, 2000.
Botan, Carl dan Vincent Hazelton, Jr. Public Relations Theory. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc, 1989.
Budiarjo, Miriam. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Cutlip, M. H. Center dan M. Broom. Effective Public Relations. New Jersey: Prentice Hall -International Edition, 2000.
Dahlan, Alwi. Perspektif dan Teori Komunikasi. Jakarta : PPs Ilmu Komunikasi FISIP UI, 2005.
Firmanzah. Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007.
Harrop, Martin. Political Marketing: Parliamentary Affairs, 1990.
Harun, Rochajat dan Sumarno. Komunikasi Politik Suatu Pengantar. Bandung: Mandar Maju, 2006.
Hikmat, M. Komunikasi Politik: Teori dan Praktik (Dalam Pilkada Langsung). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media, 2010.
Holtz, S. Public Relations on the Net Second Edition. New York: Amacom, 2002.
Neuman, W, Lawrence. Social Research Methods – Qualitative and Quantitative Approaches, 5th edition. Boston: A and B, Pearson Education, Inc, 2003.
Newsoom, Doug, Alan Scott & Judy Vanslyke Turk. This is PR: The Realities of Public Relations. California: Wadsworth Publishing Company, 1993.
Nimmo, Dan. Komunikasi Politik Komunikator, Pesan, dan Media (Edisi Terjemahan oleh Tjun Surjaman). Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2004.
Patton, Michael Q. Qualitative Research & Evaluation Methods. London: Sage Publication, 2002.
Rachmadi, F. PR Dalam Teori dan Praktek Aplikasinya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996.
Ruslan, Rosady. Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007.
Ruslan, Rosady. Manajemen Humas dan Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa, 2002.
Salang, Sabastian. Potret Partai Politik di Indonesia, Asesmen Terhadap Kelembagaan, Kiprah, dan Sistem Kepartaian. Jakarta: Forum Politisi-Friedrich Naumann Stiftung, 2007.
Silverman, David. Interpreting Qualitative Data : Methods for Analyzing Talk, Text and Interaction. London: Sage Publications, 1994
Soehartono, Irawan. Metode Penelitian Sosial: Suatu Teknik Penelitian Ilmu Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.
Soeryopratomo. Sang Kandidat: Analisis Psikologi Politik Lima Kandidat Presiden dan Wakil Presiden RI Pemilu 2004. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2004.
Stromback, J & Kiousis, S. Political Public Relations: Principle and Applications. New York: Routledge, 2011.
Swantoro, F.S. Meneropong Sistem Kepartaian Indonesia 2020 Meneropong. Jakarta: Soegeng Sarjadi Syndicate, 2004.
Theaker, A. The Public Relations Handbook Second Edition. Oxfordshire: Routledge, 2004.
Umar, Husein. Metode Riset Komunikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Verba, Sidney; Kay Lehman Schlozman dan Henry E. Brady. Voice and Equality. Cambridge: HarvardUniversity Press, 2005.
Vredebbergt, J. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia, 1978.
Walizer, Michael H. dan Paul L. Wienir. Metode dan Analisis Penelitian: Mencari Hubungan (Terjemahan: Arief Sadiman). Jakarta: Erlangga, 1993.
Walker, Robert. Applied Qualitative Research. England: Gower Publishing Company Limited, Gower House, 1985.
Artikel
Suwarna, Budi. “Kecap” Politik di Sekitar Kita. Jakarta: Koran Kompas. Minggu, 20 Juli 2008.
Yossihara, Anita, Ilham Khoiri, A Tomy Trinugroho, M Hernowo, dan Tri Agung Kristanto. Parpol Tanpa Ideologi: Menaruh Harapan pada Partai Politik. Jakarta: Koran Kompas. Selasa, 25 Oktober 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v1i1.276
Article Metrics
Abstract - 3032 PDF - 5635Refbacks
- There are currently no refbacks.
Nyimak : Journal of Communication
Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.
nyimak_journal@umt.ac.id
journalnyimak@gmail.com
Nyimak: Journal of Communication already indexed by:
Nyimak: Journal of Communication is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.