Social Media Optimization Strategy for Local Fashion Brand Development

Tuti Widiastuti, Adrian Arditiar, Akbar Fauzan Rambe, Eartha Annafi Rasjiddin

Abstract


The development of communication, technology, and the economy in Indonesia encourages the development of promotional activities itself, the birth of various platforms to carry out promotional activities makes competition in business more stringent. Manufacturers are trying to attract the hearts of consumers. Based on this phenomenon, marketing media is needed to be able to reach a wider target market. One of the marketing media that is currently being used is through social media. The purpose of this study is to measure the effect of Instagram ads and celebrity endorsements have on buying interest in local brands. The research uses a quantitative approach with a survey method. Data was collected by distributing questionnaires to respondents.

Keywords: Social media optimization, instagram ads, celebrity endorsements, buying interest, local fashion brands

 

ABSTRAK

Perkembangan komunikasi, teknologi, dan ekonomi di Indonesia mendorong perkembangan kegiatan promosi itu sendiri, lahirnya berbagai platform untuk menjalankan kegiatan promosi membuat persaingan dalam berbisnis menjadi lebih ketat. Para produsen berusaha untuk menarik hati konsumennya. Berdasarkan fenomena tersebut, diperlukan media untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Salah satu media pemasaran yang saat ini digunakan adalah melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh instagram ads dan endorsement selebgram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden.

Kata Kunci: Optimasi media sosial, instagram ads, endorsment selebgram, minat beli, brand fashion lokal.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. D., Pangestuti, E., and Devita, L. D. R. 2018. Endorsment Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal: Survey pada Peminnat Kosmetik LT Pro yang Dipengaruhi Oleh Video Vlog Ini Vindy di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnia Vol.60, No.1, pp. 155-162.

Assael, H. 2001. Consumer Behavior. New York: Thomson Learning.

Harly, G. S., and Octavia, D. 2014. Pengaruh Endorsment Fashion Blogger Terhadap Minat Beli Merek Lokal Pada Tahun 2013-2014 (Studi Kasus pada Fashion Blogger Evita Nuh). Vol. 14, No. 2, Agustus 2014, pp. 140-151.

Joseph, T. 2011. Apps-The Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: ElexMedia Komputindo.

Komang et al. 2017. Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-oleh Bali. Jurnal Analisis Pariwisata Vol.17, No.2.

Kotler, P.. 2003. Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., and Amstrong, G. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Indonesia Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., and Keller, K.L., 2009, Manajemen Pemasaran, edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Metta. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek: Program Crowdsourcing Foto Periode 18 Juli 2016-2 April 2017 di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol.22, No.1, pp. 13-28.

Paquette, H. (2013). Social Media as a Marketing Tool: A Literature Review. https://digitalcommons.uri.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1001&context=tmd_major_papers.

Penpattra, and Peerayuth. 2020. Dimension of Social Media Marketing Capabilities and Their Contribution to Business Performance of Firms in Thailand. Journal of Asia Business Studies Vol.14, No.4, pp. 441-461.

Rangkuti, F. 2010. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rochmania, L., and Prabowo, F. S. A. 2016. Pengaruh Celebrity Endorsement Pada Instagram Terhadap Minat Beli Produk Mode Lokal(Studi Pada Sharena Gunawan. Vol.3, No.2 Agustus 2016, pp. 1103-1112.

Schiffman, L. G., and Kanuk, L. L. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Shimp, T. A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Simona. 2017. Importance of Strategic Social Media Marketing. Journal of Marketing. Vol.5, No.1, pp. 28-35.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna- instagram-dari- indonesia.

https://www.dewaweb.com/blog/cara-membuat-instagram-ads- panduan-lengkap.

http://forum.kompas.com.

https://jurnalmanajemen.com/riset-pasar/.

https://www.kompasiana.com/annisamega/588321f3cc92731105931d89/perkembangan-trend-fashion-di-indonesia?page=all.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v6i1.5118

Article Metrics

Abstract - 1268 PDF - 916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Nyimak : Journal of Communication

Communication Science Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jl.Mayjen Sutoyo No.2 Kota Tangerang, West Java. Provinsi Banten 15111 Indonesia.

nyimak_journal@umt.ac.id

journalnyimak@gmail.com

Nyimak: Journal of Communication already indexed by:

google   One_search   dimention   Garuda base    crossref   Scilit1 index-copernicus 

Nyimak: Journal of Communication is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats