PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SERANG
Abstract
Abstrak
Peranan orang tua dalam motivasi pendidikan anaknya sangatlah penting, orang tua diharapkan berperan aktif dalam memberikan dukungan terhadap setiap proses pendidikan anaknya, apapun latar belakang sosial dan ekonominya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi ekonomi sebuah keluarga yang memadai akan memudahkan mereka dalam memenuhi segala kebutuhan sekolah anaknya. Di sisi lain, kondisi ekonomi sebuah keluarga yang buruk akan membuat mereka kesulitan memenuhi kebutuhan sekolah anaknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dan VI SD N 2 Serang. Dari hasil penelitian yang kami lakukan menunjukkan bahwa tingkat ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dan VI di SD N 2 Serang. Pemerintah juga mengambil peran penting dalam mengatasi permasalahan perekonomian di bidang pendidikan dengan memberikan berbagai bantuan pendidikan sehingga dapat membantu siswa yang memiliki semangat belajar dan tekad yang kuat untuk mencapai impiannya.
Kata Kunci: Pendidikan, Orang Tua, Ekonomi, Motivasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.10417
Article Metrics
Abstract - 154 PDF - 89DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.10417.g5380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats