ANALISIS PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS 4 SDN BINONG II KABUPATEN TANGERANG

Ana Mariana Purnamasari, Ina Magdalena, Asih Rosnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif pada siswa kelas 4 SDN Binong II Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mengkaji dan menganalisis data secara objektif sesuai dengan data yang di temukan di lapangan. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian di deskripsikan dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian ini ditemukan 49 tulisan siswa yang telah dianalisis. Terhadap penulisan huruf kapital siswa pada paragraf deskriptif, sebanyak 403 kesalahan sedangkan perletakkan tanda baca pada paragraf deskriptif yang telah ditulis siswa sebanyak 72 kesalahan.
Kata kunci: Huruf kapital, tanda baca, paragraf deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., Arsjad, M.G., & Ridwan, S.H. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arifin, E. Z, Tasai, S. A. (2 009). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Raga Varian Kontemporer. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Duwi Rahmadi (2017). Smart Book Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Solo: Genta Smart Publisher.

Ghony, M.D., Almanshur, F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Ishak, S. (2014). Cara Menulis Mudah. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang Dari Persiapan hingga Presentasi, dari Karangan Ilmiah hingga Sastra. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kukuh, F.T., Edy, S., & Sri, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Model Example Non Example pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 2.

Kuntarto, N.M. (2008). Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyadi, Edi. (2015). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Romi. (2014). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Dalam Cerpen Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palmatak Tahun Pelajaran 2012/2013.e-journal,4.

Rubi, Y. (2013). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Masani Bintan, E-Journal, 2.

Saleh, Z.H.M. (2013). Terampil Menulis di Sekolah Dasar Model Pengembangan Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiarto, E. (2013). EYD untuk Pelajar dan Mahasiswa. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Turniawan, U. H. (2018). Buku Panduan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). Bandung: UD. Lingkar Media.

Zainurrahman. (2011). Menulis dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plugiarisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2564

Article Metrics

Abstract - 10818 PDF - 33540

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2564.g1680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats