ANALISIS FAKTOR MINAT BACA SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV C SDN 1 RANGKASBITUNG TIMUR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca siswa Pada pembelajaran IPS kelas IV C SDN 1 Rangkasbitung Timur yang masih tergolong rendah, banyak anak yang belum menjadikan membaca sebagai sebagai suatu kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat minat baca siswa Kelas IV C SDN 1 Rangkasbitung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa kelas IV C di SDN 1 Rangkasbitung Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa faktor pendukung minat baca adalah kebutuhan terhadap bacaan, motivasi diri, tindakan untuk mencari bacaan keinginan untuk membaca, rasa senang terhadap bacaan, kesiapan membaca, cara mengajar guru, lingkungan sekolah, alat peraga, teknologi dan pola asuh orang tua. Faktor penghambatnya adalah rasa malas, kurangnya motivasi diri, kemampuan membaca, faktor ekonomi, materi IPS yang rumit, fasilitas sekolah, teknologi dan adanya ketertarikan untuk bermain yang lebih besar.
Kata Kunci: faktor minat baca, pembelajaran IPS, siswa kelas IV
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10491
Article Metrics
Abstract - 386 PDF - 216DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i2.10491.g4792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats