PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RIVIEW) DI KELAS IV-B SDN PANCORAN 07 PAGI TAHUN AJARAN 2023-2024

Hilmia Syadida, Robiatul Munajah

Abstract


Keterampilan membaca pemahaman sangatlah penting dalam keberhasilan pembelajaran bahasa indonesia.  Ketika membaca mampu ke tahap pemahaman maka seseorang dapat diartikan mampu membaca secara kritis. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengidentifikasi keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV-B SDN Pancoran 07 Pagi sebelum, saat dan sesudah dengan menggunakan metode SQ3R sebegai salah satu upaya meningkatkan keterampilan membaca. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model yang digunakan adalah Kemmis and Mc.Taggart. Penerapan metode SQ3R ini memperlihatkan bahwa adanya peningkatan  yang signifikan dari segi keberhasilan produk maupun proses pada keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan Hasil penelitian dapat dilihat dari nilai rata-rata tes pratindkan yaitu sebesar 52,86. nilai rata-rata uji pra tindakan siklus I menjadi 69,30 dan nilai rata-rata menjadi 81,48, persentase siswa yang mencapai nilai 75 pada pra tindakan berubah menjadi 3,57%, pada siklus I menjadi 39,29%, dan pada siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil di atas dapat dinyatakan bahwa pemahaman belajar siswa kelas IV-B SDN Pancoran 07 Pagi dengan teknik SQ3R sudah terpenuhi dan berhasil. Jadi dapat dikatakan penelitian ini berhasil

Full Text:

PDF PDF

References


Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidkan, 3(5), 2336–2344.

Dewi, D. K., Safruddin, Setiawan, H., & Makki, M. (2021). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas IV SDN 2 Rumak Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 1(2), 44–51.

Dihan, Wardah Hidayat, M., & Nugraha, U. (2022). Penerapan Metode Pq4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1), 88–100.

Maesaroh, S. (2021). Sq3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 469. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3137

Putri, I. N. R., Yulianto, A., & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3318

Rafiki, R., Abidin, Y., & Rakhmayanti, F. (2022). Keterampilan membaca pemahaman dalam materi ragam teks berbasis HOTS dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pedagogik Indonesia, 1(1), 27–37.

Rovita, Z., & Khoirul Unam, N. (2023). Penerapan Strategi SQ3R Pada Keterampilan Membac Pemahaman Peserta Didik Kelas IV UPT SD NegeriI 304 GRESIK. VI(1), 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.10538

Article Metrics

Abstract - 111 PDF - 36 PDF - 42

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.10538.g5407

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.10538.g5408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats