IMPLEMENTASI METODE AUDIO-LINGUAL TERHADAP KEMAMPUAN PRONOUNCIATION BAHASA INGGRIS KELAS IV SDN PANDEANLAMPER 04

Rifda Ananing Sekarjene, Mira Azizah, Susi Handayaningsih

Abstract


Pengajaran bahasa Inggris yang efektif membutuhkan kemampuan pelafalan yang baik. Penguasaan pelafalan atau pronounciation yang benar merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa inggris bagi siswa sekolah dasar.  Kendala dalam aspek pelafalan kata (pronunciation) menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris yang menekankan pada kemampuan pronunciation pada siswa dengan menggunakan metode Audio-Lingual pada Kelas 4 SDN Pandeanlamper 04. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan mengenai implementasi metode Audio-Lingual dalam praktik pembelajaran bahasa Inggris terhadap kemampuan pronunciation siswa. Data nilai yang ditunjukkan pada hasil praktik siswa dalam kemampuan pronounciation  meliputi vowel dengan rata-rata nilai sebesar 75,9 dan fluency sebesar 75,3. Serta berdasarkan data observasi dan angket, siswa merasa terbantu dan antusias pada pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan metode Audio-Lingual terhadap kemampuan pronounciation mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Audio-Lingual terhadap kemampuan pronunciation siswa kelas 4 SDN Pandeanlamper 04 menunjukkan hasil yang positif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.12106

Article Metrics

Abstract - 133 PDF - 64

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.12106.g5844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats