PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN JURUMUDI 3 KECAMATAN BENDA KOTA TANGERANG

Ade Choirunisa, Dilla Fadhillah, Hamdah Siti Hamsanah Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan membaca intensif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Jurumudi 3 Kecamatan Benda Kota Tangerang, kelas IV semester II tahun ajaran 2018-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Adapun sampel penelitian ini meliputi 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 54. Uji normalitas hasil tes menggunakan chi kuadrat. Pada kelompok eksperimen 𝑥²hitung = 1.332 pada α = 0.05 dan 𝑥²𝑡abel = 11.070. Pada kelompok kontrol 𝑥²hitung = 9.838 pada α = 0.05 dan 𝑥²𝑡abel = 11.070. Pada kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Diperoleh Fhitung = 1.146 dan Ftabel = 1.929 pada α = 0.05. Sehingga 1.146 < 1.929 = Ftabel maka disimpulkan bahwa kedua varians populasi adalah sama atau homogen. Uji analisis dan menggunakan uji-t yang diperoleh thitung sebesar 5.147 dan ttabel 2.006 pada taraf signifikan α = 0.05 sehingga thitung > ttabel (5.147 > 2.006) maka dapat disimpulkan Hₗ diterima ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca intensif yang mendapat pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvesional. Dari data yang sudah didapat seperti yang dicantumkan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan membaca intensif pada siswa kelas IV SDN Jurumudi 3 Kecamatan Benda Kota Tangerang.


Kata Kunci: Metode Inkuiri. Membaca Intensif Kelas IV


Full Text:

PDF

References


Aidin, Yunus & Sriasturi. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Bandung: Rizki Press. Anitah, Sri. (2017). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka. Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Hamdayana, Jumanta. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia. Harras Kholid, dkk (2018). Membaca 1. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka. Juleha. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Mulyati, Yeti. (2015). Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka. Nara, Hartati, dan Siregar, Evaline. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia. Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta. Riadi, Edi. (2014). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang : Pustaka Mandiri. Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group. Sani, Abdullah, Ridwan. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara. Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok : AR-Ruzz Media. Subana dan Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka setia. Sugiyono, Dr. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta, cv Tarigan, Guntur. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : CV Angkasa. Taufina, Dr. (2016). Mozaik Keterampilan Bahasa di Sekolah Dasar. Bandung : Cv Angkasa. Wahhid, Iskandar. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset. Yamin, Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2569

Article Metrics

Abstract - 754 PDF - 637

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2569.g1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats