PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO SMART GEOMETRYBERBASIS EKSPEDISI BUDAYA BANTENPADA SISWA KELAS V A DI SDN COGREG 1 TANGERANG BANTEN

Ghea Agatri Mawarni, Sukirwan Sukirwan, Indhira Asih V. Y

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak tersedianya media pembelajaran di kelas V A SDN Cogreg 1 ya ng menunjang materi bangun ruang kubus dan balok, sehingga siswa tidak mengerti isi m a teri, m embuat siswa jenuh dan masih banyak siswa yang mendapat nilai rendah. Maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan. Subjek penelitian terdiri da ri 12 orang siswa . Alur penelitian yang digunakan sebanyak 6 tahap dengan menggunakan alur modifikasi R&D Sugiyono ( 2014:298) yakni Need Assessment, pengumpulan data, desain, validitas atau uji ahli, revisi dan uji coba produk. Hasil uji ahli materi mendapatkan nilai 83,84 % dengan kategori “Sangat layak”, uji ahli media mendapatkan nilai 89,05 % dengan kategori “Sangat layak” kemudian respon siswa mengenai penggunaan media ini mendapatkan nila i 95,55% dengan kategori “Sangat baik”. Peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya lebih banyak memuat materi matematika dan dikembangkan menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK yang a da seperti berbasis software. Kata kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Kubus dan Balok

ABSTRACT This research is motivated by the unavailability of instructional media in class V A SDN Cogreg 1 which supports building materials for cubes and blocks, so students do not understand the contents of the material, make students bored and there are still many students who get low grades. Therefore, the research aims to determine the feasibility of the developed media. The research subjects consisted of 12 students. The research flow used as many as 6 stages using Sugiyono's R&D modification (2014: 298) namely Need Assessment, data collection, design, validity or expert testing, product revision and trial. Material expert test results get a value of 83.84% with the category "Very feasible", the test of media experts get a value of 89.05% with the category "Very feasible" then student responses regarding the use of this media get a value of 95.55% with the category "Very good ". The researcher suggests that for further research to load more mathematical material and be developed in accordance with the development of existing science and technology such as software-based. Keywords: Development of Learning Media, Cubes and Beams


Full Text:

PDF

References


Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

dengan Permainan Ludo. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 52-59.

Aisyah, N. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Alliyah, N. (2018). Buku Panduan Penggunaan Media Pembelajaran LUSEMPAT (Ludo

Segitiga Empat). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Angriani, A. D., Nursalam, N., Fuadah, N., & Baharuddin, B. (2018). Pengembangan

Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211-223.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP

kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal

Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Ilahi, D. N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DORI (LUDO

GEOMETRI) MELALUI PERMAINAN EKSPEDISI INDONESIA PADA KELAS IV

SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di

paud habibul ummi ii. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250-

Lestari, H., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja

Siswa Eksploratif Berkonteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Matematika di

Sekolah Dasar. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika

dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 48-59.

Lestari, S. I., Budiyono, B., & Slamet, I. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran

Problem Based Learning (Pbl), Discovery Learning (Dl), Dan Problem Possing (Pp)

Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok SMP Negeri

Kabupaten Demak. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(8).

Lupita, M. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Matematika dengan Materi

Pecahan Pada Kelas IV SD. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Nur, A. S., & Rahman, A. (2013). Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Sarana

Mengembangkan Penalaran Formal Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal

Sainsmat, II(I), 84–92.

Pohan, A. B., & Jaelani, N. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Pelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Inkuiri Untuk Siswa

Tingkat Dasar. Khatulistiwa, VI(1), 1–10.

Rahimah, N. (2017). Keterampilan dasar geometri siswa kelas V dalam menyelesaikan soal

bangun datar berdasarkan kemampuan matematika di MI Al Istiqomah

Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-63.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R

& D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika (Untuk Guru, Calon Guru,

Orangtua, dan Para Pecinta Matematika). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Syaodih, N. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan

Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2929

Article Metrics

Abstract - 1104 PDF - 1892

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2929.g1793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats